UNTANUNTAN
Jurnal Kajian Pembelajaran dan KeilmuanJurnal Kajian Pembelajaran dan KeilmuanPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi dakwah Rasulullah di kelas XF SMK SMTI Pontianak. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing‑masing dengan tiga pertemuan berdurasi 45 menit. Setiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan analisis. Untuk memantau manajemen kelas serta observasi guru dan siswa, digunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi dakwah Rasulullah di kelas XF SMK SMTI Pontianak. Hal ini terlihat dari peningkatan rata‑rata nilai kelas dari 70 menjadi 72,82 serta persentase siswa yang lulus meningkat dari 56,52 % pada siklus pertama menjadi 82,61 % pada siklus kedua.
Penggunaan media video pada materi strategi dakwah Rasulullah periode Madinah meningkatkan hasil belajar siswa kelas XF SMK SMTI Pontianak, terbukti dari kenaikan rata‑rata nilai dari 70 menjadi 72,82 dan peningkatan persentase siswa tuntas dari 56,52 % menjadi 82,61 % antara siklus I dan II.Selain itu, respon siswa terhadap penggunaan video selama pembelajaran sangat positif, terlihat dari peningkatan keaktifan siswa pada observasi.Dengan demikian, video terbukti efektif sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan pencapaian akademik.
Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi pengaruh video interaktif yang dilengkapi kuis embedded dibandingkan video statis terhadap tingkat keaktifan dan hasil belajar pada materi dakwah Rasulullah, sehingga dapat mengetahui apakah interaktivitas meningkatkan pemahaman siswa. Selanjutnya, studi dapat menguji integrasi video dengan teknologi augmented reality (AR) untuk memperlihatkan konteks historis periode dakwah Rasulullah, dengan mengukur dampak visualisasi tiga dimensi terhadap retensi informasi dan kemampuan mengaplikasikan pengetahuan dalam situasi nyata. Selain itu, penelitian longitudinal dapat meneliti efek jangka panjang penggunaan video berbasis pembelajaran kolaboratif, dimana siswa setelah menonton video melakukan diskusi kelompok, guna menilai sejauh mana kombinasi tersebut memperkuat daya ingat dan transfer pengetahuan di lingkungan SMK. Semua kajian ini diharapkan dapat memperkaya strategi pembelajaran multimedia yang lebih efektif, inovatif, dan berkelanjutan bagi pendidikan keagamaan di tingkat menengah.
| File size | 427.27 KB |
| Pages | 5 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNSAPUNSAP Kompetisi ini diselenggarakan pada April 2014. Isi yang diperiksa meliputi Aritmetika, Geometri, dan Data serta Pengukuran. Hasil analisis terhadap jawabanKompetisi ini diselenggarakan pada April 2014. Isi yang diperiksa meliputi Aritmetika, Geometri, dan Data serta Pengukuran. Hasil analisis terhadap jawaban
ASSALAMASSALAM Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan karakter Islam tetap menjadi pilar utama dalam membentuk kesadaran moral dan tanggung jawab sosial pesertaPenelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan karakter Islam tetap menjadi pilar utama dalam membentuk kesadaran moral dan tanggung jawab sosial peserta
UNTANUNTAN Penelitian ini dilakukan 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkanPenelitian ini dilakukan 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan
UNTANUNTAN aspek analisis soal seperti tingkat kesukaran, daya pembeda, efektivitas pengecoh, validitas, dan reliabilitas masih belum mencapai kategori sangat baik.aspek analisis soal seperti tingkat kesukaran, daya pembeda, efektivitas pengecoh, validitas, dan reliabilitas masih belum mencapai kategori sangat baik.
Useful /
RIVERSTUDIESRIVERSTUDIES Penelitian ini mengungkapkan perlunya integrasi pengetahuan tradisional dalam pengelolaan perikanan modern untuk menjaga keberlanjutan ekosistem air tawar.Penelitian ini mengungkapkan perlunya integrasi pengetahuan tradisional dalam pengelolaan perikanan modern untuk menjaga keberlanjutan ekosistem air tawar.
RIVERSTUDIESRIVERSTUDIES Desain blok lengkap acak akan digunakan dalam studi ini, dengan kelompok perlakuan dan satu kelompok kontrol. Pengaturan eksperimen dilakukan dalam lingkunganDesain blok lengkap acak akan digunakan dalam studi ini, dengan kelompok perlakuan dan satu kelompok kontrol. Pengaturan eksperimen dilakukan dalam lingkungan
UNTANUNTAN Penelitian ini menunjukkan efektivitas supervisi kolaboratif dalam pengembangan profesional guru. Peningkatan kompetensi pedagogik ini berdampak positifPenelitian ini menunjukkan efektivitas supervisi kolaboratif dalam pengembangan profesional guru. Peningkatan kompetensi pedagogik ini berdampak positif
UNTANUNTAN Penulisan ini dilakukan di lingkungan Dinas Pendidikan SD Negeri 007 Teluk Sebong. Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan pada analisa kedisiplinan guruPenulisan ini dilakukan di lingkungan Dinas Pendidikan SD Negeri 007 Teluk Sebong. Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan pada analisa kedisiplinan guru