UNTANUNTAN

Jurnal Kajian Pembelajaran dan KeilmuanJurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan

Tujuan penulisan ini untuk melihat hubungan antara kedisiplinan guru dengan kinerja guru dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik agar tujuan pendidikan dapat tercapai dengan baik. Penulisan ini dilakukan di lingkungan Dinas Pendidikan SD Negeri 007 Teluk Sebong. Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan pada analisa kedisiplinan guru dalam upaya meningkatkan kinerja guru, dapat disimpulkan: (a) Patuh dan taat pada ketentuan bersama; (b) Kemampuan mengendalikan diri; (c) Patuh terhadap tugas pokok guru; (d) Menciptakan suasana harmonis; (e) Menciptakan sikap kreatif dan inovasi; (f) Memiliki loyalitas terhadap profesinya sebagai guru.

Kedisiplinan guru yang baik meningkatkan kinerja melalui kepatuhan pada aturan, pengendalian diri, pelaksanaan tugas pokok, harmoni kerja, kreativitas, dan loyalitas profesi.Faktor internal dan eksternal memengaruhi kedisiplinan, sehingga perlu pendekatan individu dan kelompok, pembinaan, serta pemberian motivasi untuk menciptakan lingkungan kerja kondusif.

Pertama, penelitian lanjutan perlu mengkaji efektivitas pendekatan individu versus kelompok dalam meningkatkan kedisiplinan guru di sekolah dasar. Kedua, diperlukan studi tentang pengaruh pemberian penghargaan non-material terhadap motivasi dan kinerja guru dalam konteks budaya lokal. Ketiga, penelitian dapat mengeksplorasi peran pelatihan teknologi informasi dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi guru di era pendidikan digital.

File size233.63 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test