UNTANUNTAN
Jurnal Kajian Pembelajaran dan KeilmuanJurnal Kajian Pembelajaran dan KeilmuanPendidikan Agama Islam adalah salah satu mata pelajaran yang sangat penting. Namun di SD Negeri 25 Sungai Kakap, khususnya di Kelas IV hasil belajar siswa masih belum mencapai KKM. Hal ini disebabkan oleh faktor kurangnya variasi dalam pembelajaran. Berdasarkan hal ini, maka dilakukan Penelitian Tindakan Kelas untuk memperbaiki proses dan mutu pembelajaran dengan menggunakan media Posteroid. Media Posteroid adalah media poster yang dibuat dengan menggunakan aplikasi yang dapat diunduh dan dibuat melalui android. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 25 Sungai Kakap. Penelitian ini dilakukan 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Posteroid yaitu pada pra siklus nilai rata-rata sebesar 58,61, pada siklus I nilai rata-rata sebesar 61,11, siklus II nilai rata-rata sebesar 72,5 dengan persentase ketuntasan 50% dan pada siklus III nilai rata-rata sebesar 94,44 dengan persentase ketuntasan sebesar 100%.
Penggunaan media Posteroid meningkatkan hasil belajar siswa dan keterlibatan mereka dalam pembelajaran.Nilai rata-rata meningkat signifikan dari 55,61 sebelum penggunaan media menjadi 94,44 setelah siklus III, sehingga semua siswa mencapai ketuntasan 100%.Media Posteroid mempermudah pemahaman materi dan membuat proses belajar lebih menyenangkan bagi siswa SD.
Penelitian selanjutnya dapat meninjau efektivitas kombinasi media Posteroid dengan aplikasi mobile interaktif dalam mempelajari konsep malaikat di berbagai kelompok usia. Selain itu, studi longitudinal dapat mengevaluasi dampak integrasi Posteroid dengan kolaborasi teman sebaya terhadap motivasi dan pencapaian hasil belajar selama satu semester. Perlu juga dijajaki potensi menambah elemen multimedia seperti video dan kuis ke dalam Posteroid untuk menambah daya tarik dan memperkuat retensi informasi pada siswa sekolah dasar.
| File size | 241.02 KB |
| Pages | 7 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNSAPUNSAP Pendekatan metakognitif mendorong siswa untuk merefleksikan proses belajar mereka; refleksi individu atau interaksi dengan guru dan teman sekelas memberikanPendekatan metakognitif mendorong siswa untuk merefleksikan proses belajar mereka; refleksi individu atau interaksi dengan guru dan teman sekelas memberikan
UNTANUNTAN Untuk mengatasi masalah tersebut dilaksanakannya penelitian tindakan kelas sebagai upaya perbaikan pembelajaran dengan menerapkan metode kooperatif tipeUntuk mengatasi masalah tersebut dilaksanakannya penelitian tindakan kelas sebagai upaya perbaikan pembelajaran dengan menerapkan metode kooperatif tipe
UNTANUNTAN Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun instrumen tes, yang mencakup pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan dalamPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun instrumen tes, yang mencakup pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan dalam
UNTANUNTAN Faktor internal dan eksternal memengaruhi kedisiplinan, sehingga perlu pendekatan individu dan kelompok, pembinaan, serta pemberian motivasi untuk menciptakanFaktor internal dan eksternal memengaruhi kedisiplinan, sehingga perlu pendekatan individu dan kelompok, pembinaan, serta pemberian motivasi untuk menciptakan
Useful /
UNSAPUNSAP Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan siswa dalam menjawab butir soal pemecahan masalah KSMI 2014 di Sumedang. Subjek penelitian ini adalahPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan siswa dalam menjawab butir soal pemecahan masalah KSMI 2014 di Sumedang. Subjek penelitian ini adalah
RIVERSTUDIESRIVERSTUDIES Penggunaan potensial biochar sebagai solusi menawarkan peluang menarik untuk meningkatkan kesehatan sungai-sungai tersebut sambil memberikan manfaat lainPenggunaan potensial biochar sebagai solusi menawarkan peluang menarik untuk meningkatkan kesehatan sungai-sungai tersebut sambil memberikan manfaat lain
UNTANUNTAN Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Penelitian dilakukan di SD Negeri 10 Sungai Kakap dengan subjek penelitian yaitu paraMetode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Penelitian dilakukan di SD Negeri 10 Sungai Kakap dengan subjek penelitian yaitu para
UNIVMEDUNIVMED Pengelolaan DM tetap menjadi masalah prioritas utama bagi lebih dari 420 juta kasus DM, meskipun pencegahan juga penting. Upaya ini secara bertahap dapatPengelolaan DM tetap menjadi masalah prioritas utama bagi lebih dari 420 juta kasus DM, meskipun pencegahan juga penting. Upaya ini secara bertahap dapat