EDUPEDEDUPED
Progressive of Cognitive and AbilityProgressive of Cognitive and AbilityTujuan penelitian ini adalah mengembangkan pembelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan alat permainan edukatif untuk meningkatkan kematangan emosi peserta didik VIII MTs Asy Syakur Kec. Ngasem Kab. Bojonegoro. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kelas (classroom reaserch) yang menggunakan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart. Instrumen pengumpulan data terdiri dari silabus kepengawasan, rencana pembelajaran, form LKS, dan tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode belajar menggunakan model pembelajaran permainan edukatif pada materi pelajaran bahasa Indonesia memiliki dampak positif dalam meningkatkan Kinerja Guru yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, dan penerapan metode pembelajaran permainan edukatif pada materi pelajaran bahasa Indonesia mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Pembelajaran dengan metode belajar menggunakan model pembelajaran permainan edukatif pada materi pelajaran bahasa Indonesia memiliki dampak positif dalam meningkatkan Kinerja Guru yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus.Penerapan metode pembelajaran permainan edukatif pada materi pelajaran bahasa Indonesia mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Penelitian selanjutnya dapat mengkaji efektivitas penggunaan permainan edukatif pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi, seperti SMA atau SMK, untuk melihat apakah model pembelajaran ini tetap memberikan dampak positif terhadap motivasi dan pemahaman siswa. Selain itu, perlu dilakukan penelitian komparatif untuk membandingkan efektivitas pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan permainan edukatif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti karakteristik siswa dan ketersediaan sumber daya. Pengembangan lebih lanjut dapat difokuskan pada perancangan permainan edukatif yang lebih inovatif dan sesuai dengan kebutuhan siswa, serta pelatihan guru dalam mengimplementasikan metode pembelajaran berbasis permainan secara efektif dan kreatif.
| File size | 313.54 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UTMUTM Pentingnya penjelasan eksplisit tentang nilai-nilai multikultural tidak bisa diremehkan, karena jika nilai-nilai tersebut dikemas secara lebih eksplisitPentingnya penjelasan eksplisit tentang nilai-nilai multikultural tidak bisa diremehkan, karena jika nilai-nilai tersebut dikemas secara lebih eksplisit
UTMUTM Namun, terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan sumber daya dan perlunya pelatihan guru secara berkelanjutan. Artikel ini merekomendasikan pembentukanNamun, terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan sumber daya dan perlunya pelatihan guru secara berkelanjutan. Artikel ini merekomendasikan pembentukan
UNDIKSHAUNDIKSHA Data kualitatif diperoleh dari data analisis kebutuhan, masukan dan saran validasi produk dari validator media, ahli materi, ahli bahasa serta masukanData kualitatif diperoleh dari data analisis kebutuhan, masukan dan saran validasi produk dari validator media, ahli materi, ahli bahasa serta masukan
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil analisis menunjukkan perlunya model pembelajaran berbasis web yang interaktif untuk memfasilitasi akses siswa tunarungu terhadap materi bahasa InggrisHasil analisis menunjukkan perlunya model pembelajaran berbasis web yang interaktif untuk memfasilitasi akses siswa tunarungu terhadap materi bahasa Inggris
Useful /
UTMUTM Dalam era globalisasi, pendidikan tidak hanya berfungsi sebagai transfer ilmu, tetapi juga sebagai wadah untuk membangun karakter siswa. Dengan memanfaatkanDalam era globalisasi, pendidikan tidak hanya berfungsi sebagai transfer ilmu, tetapi juga sebagai wadah untuk membangun karakter siswa. Dengan memanfaatkan
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio CR, DER, TATO, ROA, dan ROE sebelum dan sesudah akuisisi. Hal iniHasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio CR, DER, TATO, ROA, dan ROE sebelum dan sesudah akuisisi. Hal ini
UNDIKSHAUNDIKSHA Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes uraian sebanyak 10 soal kemudian diukur menggunakan uji t dua sisi sampel bebas. Hasil penelitian menunjukkanTeknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes uraian sebanyak 10 soal kemudian diukur menggunakan uji t dua sisi sampel bebas. Hasil penelitian menunjukkan
UNPAMUNPAM Metode yang digunakan adalah metode kraft dengan variasi konsentrasi larutan NaOH 2, 4, dan 6%. Hasil menunjukkan bahwa kertas dari kulit pisang denganMetode yang digunakan adalah metode kraft dengan variasi konsentrasi larutan NaOH 2, 4, dan 6%. Hasil menunjukkan bahwa kertas dari kulit pisang dengan