SSEDSSED

Socratika: Journal of Progressive Education and Social InquirySocratika: Journal of Progressive Education and Social Inquiry

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Gerakan Dasar Ritmis siswa menggunakan metode Jigsaw di Kelas IV SDN 1 Pelimbangan. Penelitian ini merupakan Classroom Action Research yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar dan kepercayaan diri siswa dalam melakukan gerakan dasar ritmis.

Metode Jigsaw berhasil meningkatkan hasil belajar gerak dasar ritmis siswa di Kelas IV SDN 1 Pelimbangan, dari siklus I dengan persentase ketuntasan 75,5% menjadi 87,5% pada siklus II.

Penelitian dapat dikembangkan dengan menerapkan metode Jigsaw pada materi gerakan ritmis yang berbeda pada tingkat kelas yang lainnya. Selanjutnya, intevention dapat dilakukan dengan memberikan motivasi tambahan untuk siswa yang kurang minat dan sering tidak mengikuti proses pembelajaran. Penelitian juga bisa dilakukan untuk mengkaji dampak jangka panjang metode Jigsaw terhadap hasil belajar dan minat siswa terhadap pendidikan jasmani.

  1. #hasil belajar biologi#hasil belajar biologi
  2. #classroom action research#classroom action research
File size231.67 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test