SSEDSSED
Socratika: Journal of Progressive Education and Social InquirySocratika: Journal of Progressive Education and Social InquiryPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Gerakan Dasar Ritmis siswa menggunakan metode Jigsaw di Kelas IV SDN 1 Pelimbangan. Penelitian ini merupakan Classroom Action Research yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar dan kepercayaan diri siswa dalam melakukan gerakan dasar ritmis.
Metode Jigsaw berhasil meningkatkan hasil belajar gerak dasar ritmis siswa di Kelas IV SDN 1 Pelimbangan, dari siklus I dengan persentase ketuntasan 75,5% menjadi 87,5% pada siklus II.
Penelitian dapat dikembangkan dengan menerapkan metode Jigsaw pada materi gerakan ritmis yang berbeda pada tingkat kelas yang lainnya. Selanjutnya, intevention dapat dilakukan dengan memberikan motivasi tambahan untuk siswa yang kurang minat dan sering tidak mengikuti proses pembelajaran. Penelitian juga bisa dilakukan untuk mengkaji dampak jangka panjang metode Jigsaw terhadap hasil belajar dan minat siswa terhadap pendidikan jasmani.
| File size | 231.67 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa Kelas V semesterBerdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa Kelas V semester
AKSARAGLOBALAKSARAGLOBAL Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini diketahui nilai signifikansi (Sign. )Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini diketahui nilai signifikansi (Sign. )
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Hal ini menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep yang disajikan dalam materi ini. Guru harus mampu merancang kegiatan pembelajaran yang berorientasiHal ini menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep yang disajikan dalam materi ini. Guru harus mampu merancang kegiatan pembelajaran yang berorientasi
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Penelitian ini dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Tahapan yang dilakukan adalah: Perencanaan Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Evaluasi/ObservasiPenelitian ini dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Tahapan yang dilakukan adalah: Perencanaan Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Evaluasi/Observasi
Useful /
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Penelitian menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pola Lesson Study terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelasPenelitian menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pola Lesson Study terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas
UPN VeteranUPN Veteran Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan basis ekonomi, kelembagaan, pengembangan sumber daya manusia, dan pengembangan teknologi merupakan faktorHasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan basis ekonomi, kelembagaan, pengembangan sumber daya manusia, dan pengembangan teknologi merupakan faktor
UPN VeteranUPN Veteran 1) Mengembangkan Usaha Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo telah memberdayakan para pelaku UMKM batik tulis yang ada di Kampoeng Batik Jetis1) Mengembangkan Usaha Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo telah memberdayakan para pelaku UMKM batik tulis yang ada di Kampoeng Batik Jetis
IJAINIJAIN Optimasi partikel (PSO) adalah salah satu metode optimasi yang paling efektif untuk menemukan titik optimal global. Di sisi lain, arah penurunan adalahOptimasi partikel (PSO) adalah salah satu metode optimasi yang paling efektif untuk menemukan titik optimal global. Di sisi lain, arah penurunan adalah