SAINTEKMUSAINTEKMU

Jurnal VisualikaJurnal Visualika

Pengelolaan data nilai siswa merupakan aspek penting dalam mendukung kualitas pendidikan. Namun, SMAN 55 Jakarta menghadapi berbagai kendala dalam sistem manual, seperti kesalahan input, keterlambatan penyusunan laporan, dan sulitnya akses informasi oleh siswa maupun orang tua. Permasalahan ini menuntut adanya sistem yang lebih modern dan efisien untuk mendukung pengelolaan data nilai siswa. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sistem informasi berbasis web yang mampu mengelola data nilai siswa secara cepat, efisien, dan akurat. Metodologi yang digunakan adalah Waterfall, yang melibatkan tahapan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Dengan sistem ini, sekolah dapat menghasilkan laporan otomatis dan memberikan akses informasi secara real-time kepada siswa dan orang tua, sehingga meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pengelolaan data. Hasil implementasi sistem menunjukkan peningkatan signifikan dalam efisiensi pengelolaan nilai siswa. Sistem informasi berbasis web ini memungkinkan integrasi data secara otomatis, meminimalkan kesalahan input, dan mempercepat penyusunan laporan. Dengan demikian, sistem ini dapat menjadi solusi efektif bagi lembaga pendidikan dalam menghadapi tantangan pengelolaan data nilai di era digital.

Pengelolaan data nilai siswa merupakan aspek penting dalam mendukung kualitas pendidikan.Namun, SMAN 55 Jakarta menghadapi berbagai kendala dalam sistem manual, seperti kesalahan input, keterlambatan penyusunan laporan, dan sulitnya akses informasi oleh siswa maupun orang tua.Permasalahan ini menuntut adanya sistem yang lebih modern dan efisien untuk mendukung pengelolaan data nilai siswa.Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sistem informasi berbasis web yang mampu mengelola data nilai siswa secara cepat, efisien, dan akurat.Metodologi yang digunakan adalah Waterfall, yang melibatkan tahapan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan.Dengan sistem ini, sekolah dapat menghasilkan laporan otomatis dan memberikan akses informasi secara real-time kepada siswa dan orang tua, sehingga meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pengelolaan data.Hasil implementasi sistem menunjukkan peningkatan signifikan dalam efisiensi pengelolaan nilai siswa.Sistem informasi berbasis web ini memungkinkan integrasi data secara otomatis, meminimalkan kesalahan input, dan mempercepat penyusunan laporan.Dengan demikian, sistem ini dapat menjadi solusi efektif bagi lembaga pendidikan dalam menghadapi tantangan pengelolaan data nilai di era digital.Sistem informasi berbasis web yang dikembangkan mampu mengorganisasi data siswa, guru, mata pelajaran, dan nilai secara efektif dan efisien, sehingga memenuhi tujuan penelitian untuk membangun sistem terintegrasi.Penelitian lanjutan dapat mengembangkan sistem ini dengan mengeksplorasi integrasi fitur analisis prediktif berbasis data nilai historis untuk memprediksi potensi kesulitan belajar siswa secara dini, sehingga guru dapat memberikan intervensi tepat waktu.Selain itu, studi baru dapat menguji penerapan sistem ini pada skala lebih luas, misalnya di beberapa sekolah menengah lain di Jakarta, untuk mengevaluasi keterbacaan, keandalan, dan kebutuhan pelatihan berbeda berdasarkan konteks pengguna yang lebih beragam.Terakhir, peneliti dapat mengembangkan versi mobile dari sistem ini dengan notifikasi otomatis kepada orang tua saat terjadi perubahan nilai atau kehadiran, serta mengintegrasikan ke dalam platform sekolah digital yang sudah ada, seperti aplikasi Dapodik, untuk menciptakan ekosistem manajemen pendidikan yang terpadu dan berkelanjutan.Pemberian akses real-time kepada siswa dan orang tua meningkatkan transparansi pendidikan dan mendukung partisipasi aktif dalam pemantauan perkembangan akademik.Pengelolaan data nilai siswa merupakan aspek penting dalam mendukung kualitas pendidikan.Namun, SMAN 55 Jakarta menghadapi berbagai kendala dalam sistem manual, seperti kesalahan input, keterlambatan penyusunan laporan, dan sulitnya akses informasi oleh siswa maupun orang tua.Permasalahan ini menuntut adanya sistem yang lebih modern dan efisien untuk mendukung pengelolaan data nilai siswa.Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sistem informasi berbasis web yang mampu mengelola data nilai siswa secara cepat, efisien, dan akurat.Metodologi yang digunakan adalah Waterfall, yang melibatkan tahapan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan.Dengan sistem ini, sekolah dapat menghasilkan laporan otomatis dan memberikan akses informasi secara real-time kepada siswa dan orang tua, sehingga meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pengelolaan data.Hasil implementasi sistem menunjukkan peningkatan signifikan dalam efisiensi pengelolaan nilai siswa.Sistem informasi berbasis web ini memungkinkan integrasi data secara otomatis, meminimalkan kesalahan input, dan mempercepat penyusunan laporan.Dengan demikian, sistem ini dapat menjadi solusi efektif bagi lembaga pendidikan dalam menghadapi tantangan pengelolaan data nilai di era digital.

Penelitian lanjutan dapat mengembangkan sistem ini dengan mengeksplorasi integrasi fitur analisis prediktif berbasis data nilai historis untuk memprediksi potensi kesulitan belajar siswa secara dini, sehingga guru dapat memberikan intervensi tepat waktu. Selain itu, studi baru dapat menguji penerapan sistem ini pada skala lebih luas, misalnya di beberapa sekolah menengah lain di Jakarta, untuk mengevaluasi keterbacaan, keandalan, dan kebutuhan pelatihan berbeda berdasarkan konteks pengguna yang lebih beragam. Terakhir, peneliti dapat mengembangkan versi mobile dari sistem ini dengan notifikasi otomatis kepada orang tua saat terjadi perubahan nilai atau kehadiran, serta mengintegrasikan ke dalam platform sekolah digital yang sudah ada, seperti aplikasi Dapodik, untuk menciptakan ekosistem manajemen pendidikan yang terpadu dan berkelanjutan.

File size940.98 KB
Pages13
DMCAReportReport

ads-block-test