SAINTEKMUSAINTEKMU

Jurnal VisualikaJurnal Visualika

Sekolah Dasar Islam Terpadu As Salam Lampung adalah salah satu sekolah yang rutin setiap hari melakukan aktivitas Tabungan Siswa. Dalam sistem saat ini pencatatan tabungan siswa masih di catat menggunakan buku. Setiap akan menabung siswa akan meletakkan uang di dalam buku tabungan untuk kemudian dicatat di buku tabungan siswa dan di catat di buku catatan ibu guru. Siswa dapat mengetahui saldo melalui buku tabungan siswa. Dalam sistem ini sangat mudah terjadi selisih sehingga dibutuhkan aplikasi tabungan siswa berbasis website. Tujuan dari penelitian ini merancang dan mengimplementasikan sistem informasi tabungan siswa berbasis website pada SD Islam Terpadu As Salam Natar untuk memudakan manajemen pengelolaan data pada tabungan siswa. Metodologi pengembangan sistem yang digunakan adalah Metode SDLC (System Develop Life Cycle) dengan proses waterfall sampai tahap pemeliharaan (maintenance). Metode waterfall adalah pengembangan yang digunakan dalam sistem ini menggunakan tahapan Analisis Kebutuhan, Desain, Implementasi, Pengujian Sistem dan Pemeliharaan. Adapun bahasa pemrograman yang digunakan PHP dan MySQL sebagai basis data. Dengan menggunakan software XAMPP, sistem dapat dijalankan dan dapat diakses melalui internet.

Sistem informasi tabungan siswa berbasis website telah diimplementasikan pada bagian administrasi untuk memudahkan manajemen pengelolaan data kelas, data siswa, dan data transaksi, serta mempermudah pembuatan laporan yang lebih akurat dan fleksibel.Pengelolaan tabungan menjadi lebih efektif dan efisien, dengan perhitungan tabungan yang lebih akurat.Sistem ini mempermudah pengguna dalam proses pencatatan, penyimpanan, dan pengambilan data tabungan.

Penelitian selanjutnya dapat mengevaluasi kegunaan dan desain antarmuka pengguna (UI/UX) sistem tabungan berbasis website dengan pendekatan user‑centered design untuk meningkatkan kepuasan guru dan siswa; selanjutnya, dapat dikembangkan aplikasi mobile (Android) yang terintegrasi dengan sistem web guna memungkinkan bendahara memantau dan mengontrol transaksi secara real‑time melalui perangkat seluler, serta menilai dampak integrasi tersebut terhadap kecepatan dan akurasi pencatatan; terakhir, penelitian dapat menyelidiki efektivitas program pelatihan intensif bagi pengguna (guru, bendahara, dan siswa) dalam meningkatkan kompetensi penggunaan sistem serta menurunkan tingkat kesalahan data, dengan menggunakan metode kuasi‑eksperimental dan analisis statistik untuk mengukur perubahan kualitas data sebelum dan sesudah pelatihan.

File size854.67 KB
Pages14
DMCAReportReport

ads-block-test