SAINTEKMUSAINTEKMU
Jurnal VisualikaJurnal VisualikaPendidikan di Indonesia mempunyai beberapa jenjang yang harus ditempuh setiap anak, dimana setiap jenjang menjadi langkah penting agar anak dapat mengembangkan kemampuan pengetahuan dan kreatifitas serta keterampilan dasar untuk hidup bermasyarakat. Kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap anak adalah kemampuan untuk membaca, menulis, dan menghitung atau lebih dikenal dengan calistung. Kemampuan dasar calistung ini yang akan mempengaruhi jenjang pendidikan berikutnya sehingga anak-anak menjadi lebih siap pada tiap jenjang pendidikan.. . Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan sarana media pembelajaran calistung melalui pembuatan aplikasi berbasis Android serta mengkaji beberapa teori observasi dilapangan serta melakukan wawancara terkait aplikasi yang akan di buat. Metodologi pengembangan aplikasi yang penulis gunakan adalah metode SDLC (Software Development Life Cycle) dengan model waterfall dengan proses pembuatan aplikasi menggunakan software Android Studio.. . Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu dalam kegiatan belajar dan mengajar guru, orang tua dan murid dalam proses pembelajaran. Sehingga anak dengan minat yang berbeda-beda dapat dengan mudah mempelajari calistung melalui aplikasi ini dengan belajar sambil bermain.
Pengembangan aplikasi menggunakan Android Studio dengan antarmuka ramah anak serta pengujian dan pemeliharaan konsisten memastikan aplikasi tetap relevan dan bermanfaat bagi pengguna.Kolaborasi dan diskusi antar siswa melalui aplikasi menciptakan lingkungan belajar yang dinamis, menyenangkan, beragam, dan interaktif.
Penelitian selanjutnya dapat menyelidiki bagaimana integrasi teknologi Augmented Reality (AR) ke dalam aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Calistung memengaruhi pencapaian kompetensi membaca, menulis, dan menghitung pada anak usia 4‑6 tahun, dengan membandingkan hasil belajar antara kelompok yang menggunakan AR dan kelompok kontrol yang hanya memakai aplikasi standar. Selain itu, diperlukan studi eksperimental untuk menilai efektivitas program pelatihan guru dan orang tua dalam mengoptimalkan penggunaan aplikasi ini di lingkungan Bimbingan Belajar Rainbow Kids, sehingga dapat diketahui peningkatan motivasi serta kemampuan mengelola kegiatan belajar‑bermain interaktif. Selanjutnya, penelitian longitudinal dengan periode enam bulan dapat mengamati tingkat keterlibatan pengguna, retensi materi, dan kepuasan setelah dilakukan pembaruan konten secara berkala serta penambahan materi baru seperti pengenalan bentuk, warna, cuaca, dan bahasa Inggris. Analisis data kualitatif dan kuantitatif dari ketiga studi tersebut akan memberikan gambaran komprehensif mengenai faktor-faktor yang memperkuat atau menghambat keberlanjutan aplikasi sebagai media pembelajaran yang inovatif. Hasilnya diharapkan dapat menjadi landasan kebijakan pengembangan kurikulum digital yang inklusif dan berorientasi pada pembelajaran berbasis permainan.
| File size | 703.69 KB |
| Pages | 15 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
SAINTEKMUSAINTEKMU Sekolah Dasar Islam Terpadu As Salam Lampung adalah salah satu sekolah yang rutin setiap hari melakukan aktivitas Tabungan Siswa. Dalam sistem saat iniSekolah Dasar Islam Terpadu As Salam Lampung adalah salah satu sekolah yang rutin setiap hari melakukan aktivitas Tabungan Siswa. Dalam sistem saat ini
SAINTEKMUSAINTEKMU Dengan demikian, sistem ini dapat menjadi solusi efektif bagi lembaga pendidikan dalam menghadapi tantangan pengelolaan data nilai di era digital. PenelitianDengan demikian, sistem ini dapat menjadi solusi efektif bagi lembaga pendidikan dalam menghadapi tantangan pengelolaan data nilai di era digital. Penelitian
SAINTEKMUSAINTEKMU Sistem ini memiliki pengelolaan penjadwalan khatib atau penceramah yang dapat diakses melalui website. Sistem ini menyajikan informasi terkait Masjid JamiSistem ini memiliki pengelolaan penjadwalan khatib atau penceramah yang dapat diakses melalui website. Sistem ini menyajikan informasi terkait Masjid Jami
SAINTEKMUSAINTEKMU Sistem ini juga mencakup Dasbor Pemantauan Santri, yang memungkinkan pengelola taman kanak-kanak Islam untuk memantau dan mengelola kesalahan dengan lebihSistem ini juga mencakup Dasbor Pemantauan Santri, yang memungkinkan pengelola taman kanak-kanak Islam untuk memantau dan mengelola kesalahan dengan lebih
Useful /
UNUSAUNUSA Temuan ini menunjukkan bahwa suplementasi vitamin D dapat meningkatkan karakteristik biologi dan memodulasi ekspresi faktor immunomodulatori utama padaTemuan ini menunjukkan bahwa suplementasi vitamin D dapat meningkatkan karakteristik biologi dan memodulasi ekspresi faktor immunomodulatori utama pada
SAINTEKMUSAINTEKMU Penelitian ini mengusulkan sistem perolehan suara berbasis Android untuk memantau jumlah pemilih calon legislatif dalam pemilihan calon anggota dewan diPenelitian ini mengusulkan sistem perolehan suara berbasis Android untuk memantau jumlah pemilih calon legislatif dalam pemilihan calon anggota dewan di
SAINTEKMUSAINTEKMU Dengan adanya sistem ini, guru, siswa, dan orang tua dapat mengakses informasi nilai secara real-time, yang mempercepat proses penyajian laporan dan meminimalisirDengan adanya sistem ini, guru, siswa, dan orang tua dapat mengakses informasi nilai secara real-time, yang mempercepat proses penyajian laporan dan meminimalisir
UMMUMM Temuan menunjukkan bahwa pembelaan pembebasan diberikan kepada anak di bawah usia 12 tahun yang melakukan tindak pidana bukan karena perbuatan mereka dimaafkan,Temuan menunjukkan bahwa pembelaan pembebasan diberikan kepada anak di bawah usia 12 tahun yang melakukan tindak pidana bukan karena perbuatan mereka dimaafkan,