NURISNURIS

Journal of Action Research in EducationJournal of Action Research in Education

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pelajaran matematika pada Kelas 1 SDN Tanjung Jati 2 selama tahun ajaran 2023/2024 melalui penggunaan media pembelajaran. Subjek penelitian adalah 12 siswa dari Kelas 1 SDN Tanjung Jati 2. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Siklus 1, keterlibatan siswa mencapai 70%, sedangkan pada Siklus 2 meningkat menjadi 85%. Peningkatan keterlibatan tersebut tercermin dalam beberapa indikator, termasuk perhatian siswa terhadap penjelasan materi, kesediaan untuk bertanya, partisipasi dalam mendengarkan penjelasan materi, dan kesiapan untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Temuan ini mengindikasikan bahwa media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian berhasil meningkatkan keterlibatan siswa dalam pelajaran matematika pada Kelas 1 SDN Tanjung Jati 2.

Penerapan media pembelajaran terbukti efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa kelas I SDN Tanjung Jati 2 pada mata pelajaran Matematika.Keaktifan siswa mengalami peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II setelah menerapkan media pembelajaran.Dengan demikian, media pembelajaran dapat dijadikan sebagai alternatif variasi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan. Pertama, penelitian selanjutnya dapat menginvestigasi efektivitas media pembelajaran yang berbeda, seperti permainan digital atau simulasi interaktif, untuk melihat apakah ada perbedaan signifikan dalam meningkatkan keterlibatan siswa. Kedua, penelitian dapat dilakukan dengan melibatkan siswa dari kelas yang lebih tinggi untuk mengeksplorasi bagaimana media pembelajaran yang disesuaikan dapat mendukung pemahaman konsep matematika yang lebih kompleks. Terakhir, penting untuk meneliti bagaimana guru dapat dilatih untuk merancang dan mengintegrasikan media pembelajaran secara efektif ke dalam rencana pembelajaran mereka, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan interaktif bagi siswa.

  1. Enhancing Grade 1 Student Engagement in Mathematics through Learning Media at SDN Tanjung Jati 2 | Journal... doi.org/10.52620/jare.v2i3.69Enhancing Grade 1 Student Engagement in Mathematics through Learning Media at SDN Tanjung Jati 2 Journal doi 10 52620 jare v2i3 69
  1. #keterlibatan siswa#keterlibatan siswa
  2. #siswa matematika#siswa matematika
Read online
File size248.44 KB
Pages13
Short Linkhttps://juris.id/p-1oL
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test