NURISNURIS
Journal of Action Research in EducationJournal of Action Research in EducationPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pelajaran matematika pada Kelas 1 SDN Tanjung Jati 2 selama tahun ajaran 2023/2024 melalui penggunaan media pembelajaran. Subjek penelitian adalah 12 siswa dari Kelas 1 SDN Tanjung Jati 2. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Siklus 1, keterlibatan siswa mencapai 70%, sedangkan pada Siklus 2 meningkat menjadi 85%. Peningkatan keterlibatan tersebut tercermin dalam beberapa indikator, termasuk perhatian siswa terhadap penjelasan materi, kesediaan untuk bertanya, partisipasi dalam mendengarkan penjelasan materi, dan kesiapan untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Temuan ini mengindikasikan bahwa media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian berhasil meningkatkan keterlibatan siswa dalam pelajaran matematika pada Kelas 1 SDN Tanjung Jati 2.
Penerapan media pembelajaran terbukti efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa kelas I SDN Tanjung Jati 2 pada mata pelajaran Matematika.Keaktifan siswa mengalami peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II setelah menerapkan media pembelajaran.Dengan demikian, media pembelajaran dapat dijadikan sebagai alternatif variasi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan. Pertama, penelitian selanjutnya dapat menginvestigasi efektivitas media pembelajaran yang berbeda, seperti permainan digital atau simulasi interaktif, untuk melihat apakah ada perbedaan signifikan dalam meningkatkan keterlibatan siswa. Kedua, penelitian dapat dilakukan dengan melibatkan siswa dari kelas yang lebih tinggi untuk mengeksplorasi bagaimana media pembelajaran yang disesuaikan dapat mendukung pemahaman konsep matematika yang lebih kompleks. Terakhir, penting untuk meneliti bagaimana guru dapat dilatih untuk merancang dan mengintegrasikan media pembelajaran secara efektif ke dalam rencana pembelajaran mereka, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan interaktif bagi siswa.
| File size | 248.44 KB |
| Pages | 13 |
| Short Link | https://juris.id/p-1oL |
| Lookup Links | Google ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu |
| DMCA | Report |
Related /
SAINTEKMUSAINTEKMU Aplikasi e-learning merupakan aplikasi pembelajaran yang digunakan untuk proses kegiatan bimbingan belajar bagi guru dan siswa. E-learning ini dibuat karenaAplikasi e-learning merupakan aplikasi pembelajaran yang digunakan untuk proses kegiatan bimbingan belajar bagi guru dan siswa. E-learning ini dibuat karena
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Hasil analisis data kuesioner penilaian bahan ajar oleh ahli materi menunjukkan aspek kelayakan konten sebesar 90%, aspek kelayakan presentasi 78%, aspekHasil analisis data kuesioner penilaian bahan ajar oleh ahli materi menunjukkan aspek kelayakan konten sebesar 90%, aspek kelayakan presentasi 78%, aspek
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Kesimpulannya, program pembelajaran secara umum telah diterapkan dengan baik, namun diperlukan peningkatan dalam integrasi alat digital, penguatan relevansiKesimpulannya, program pembelajaran secara umum telah diterapkan dengan baik, namun diperlukan peningkatan dalam integrasi alat digital, penguatan relevansi
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Temuan utama menunjukkan peningkatan signifikan dalam adopsi AR untuk meningkatkan kompetensi praktis siswa kejuruan, terutama di bidang teknik mekanik,Temuan utama menunjukkan peningkatan signifikan dalam adopsi AR untuk meningkatkan kompetensi praktis siswa kejuruan, terutama di bidang teknik mekanik,
UNYUNY Hasil menunjukkan korelasi positif, menunjukkan perlunya penelitian lebih lanjut tentang integrasi teknologi dalam proses pendidikan dan dampaknya terhadapHasil menunjukkan korelasi positif, menunjukkan perlunya penelitian lebih lanjut tentang integrasi teknologi dalam proses pendidikan dan dampaknya terhadap
UNDIKSHAUNDIKSHA Guru sebagai pelaku utama pembelajaran seringkali tidak menggunakan media pembelajaran untuk menunjang hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untukGuru sebagai pelaku utama pembelajaran seringkali tidak menggunakan media pembelajaran untuk menunjang hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
UNYUNY Rata-rata skor hasil validasi menunjukkan bahwa semua perangkat pembelajaran layak digunakan dalam uji coba terbatas. Penggunaan perangkat (silabus danRata-rata skor hasil validasi menunjukkan bahwa semua perangkat pembelajaran layak digunakan dalam uji coba terbatas. Penggunaan perangkat (silabus dan
UGMUGM Namun, terdapat keterbatasan dalam ketersediaan infrastruktur teknologi di daerah pedesaan yang memengaruhi penerapan model ini secara merata. Model pembelajaranNamun, terdapat keterbatasan dalam ketersediaan infrastruktur teknologi di daerah pedesaan yang memengaruhi penerapan model ini secara merata. Model pembelajaran
Useful /
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Tingkat kesadaran emosional akan rasa malu menentukan evaluasi diri dan penyesalan atas tindakan pelanggaran, sementara rasa bersalah mencerminkan analisisTingkat kesadaran emosional akan rasa malu menentukan evaluasi diri dan penyesalan atas tindakan pelanggaran, sementara rasa bersalah mencerminkan analisis
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Hampir dapat dipastikan bahwa kajian tentang metode hukuman fisik masih terbatas pada teori dan pengetahuan tanpa penerapan nyata dalam kehidupan. PenelitianHampir dapat dipastikan bahwa kajian tentang metode hukuman fisik masih terbatas pada teori dan pengetahuan tanpa penerapan nyata dalam kehidupan. Penelitian
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Ketiga, pengembangan kurikulum pada Program Studi PAI menitikberatkan aspek Pendidikan Agama Islam dengan sumber utama Al‑Quran dan Al‑Hadith. KerangkaKetiga, pengembangan kurikulum pada Program Studi PAI menitikberatkan aspek Pendidikan Agama Islam dengan sumber utama Al‑Quran dan Al‑Hadith. Kerangka
RIAURIAU Daya dukung waduk memungkinkan pengembangan hingga 19.515 petak untuk budidaya ikan, dengan asumsi kualitas air terjaga dan patuh pada tata ruang yangDaya dukung waduk memungkinkan pengembangan hingga 19.515 petak untuk budidaya ikan, dengan asumsi kualitas air terjaga dan patuh pada tata ruang yang