UNUCIREBONUNUCIREBON
COUNSELIVE: Life Counseling JournalCOUNSELIVE: Life Counseling JournalPenelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya motivasi belajar siswa di daerah pedesaan, khususnya di SMP Negeri 1 Greged, yang masih didominasi oleh penerapan metode pembelajaran konvensional berbasis ceramah. Berdasarkan observasi awal, teridentifikasi bahwa pendekatan teacher-centered yang monoton tidak memperhatikan keberagaman gaya belajar siswa, sehingga berpotensi menghambat perkembangan motivasi belajar, khususnya bagi siswa dengan kecenderungan gaya belajar visual dan auditori. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan gaya belajar visual dan auditori terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus, yang dilaksanakan melalui teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi pembelajaran multimodal berhasil mentransformasi lingkungan belajar menjadi lebih partisipatif dan dinamis. Temuan mengungkapkan peningkatan signifikan dalam empat aspek utama, yaitu: keaktifan siswa dalam diskusi kelompok, peningkatan retensi informasi melalui mekanisme dual coding, berkembangnya keberanian berekspresi, serta terciptanya psychological safety dalam proses pembelajaran. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pemahaman terhadap keragaman gaya belajar dan penerapan pendekatan multimodal merupakan komponen kunci dalam menciptakan pembelajaran yang efektif dan inklusif, khususnya di daerah pedesaan. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya integrasi pendekatan berbasis gaya belajar dalam praktik pedagogis untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.
Penerapan pendekatan multimodal dengan gaya belajar visual dan auditori efektif meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Greged.Pendekatan ini berhasil meningkatkan keaktifan, retensi informasi, keberanian berekspresi, dan menciptakan lingkungan belajar yang aman secara psikologis.Hal ini menekankan pentingnya pemahaman guru terhadap keragaman gaya belajar dan integrasi pendekatan multimodal, serta menjadi dasar bagi penelitian lanjutan mengenai dampak jangka panjang dan perbandingan modalitas belajar.
Meskipun penelitian ini telah berhasil menunjukkan efektivitas pendekatan multimodal dalam meningkatkan motivasi belajar, masih banyak aspek yang memerlukan eksplorasi lebih lanjut untuk memperkaya implementasi pedagogis di masa depan. Sebuah arah penelitian yang menarik adalah dengan menyelidiki secara mendalam bagaimana penerapan pembelajaran multimodal secara berkelanjutan tidak hanya memengaruhi motivasi dan prestasi akademik siswa, tetapi juga secara spesifik berkontribusi pada pengembangan keterampilan abad ke-21 yang krusial, seperti kemampuan berpikir kritis, kreativitas, serta kolaborasi di antara siswa di lingkungan pedesaan. Penelitian ini dapat mengkaji metode pengukuran inovatif untuk menilai peningkatan soft skills ini dalam konteks sumber daya terbatas. Selain itu, mengingat peran sentral guru dalam proses pembelajaran, studi di masa mendatang dapat berfokus pada analisis kualitatif terhadap persepsi dan tantangan yang dihadapi oleh para guru di daerah pedesaan saat berupaya mengintegrasikan strategi pembelajaran multimodal secara konsisten dalam praktik mengajar mereka. Pemahaman terhadap hambatan yang mungkin muncul, mulai dari ketersediaan materi hingga dukungan pelatihan, akan sangat vital untuk merancang program pengembangan profesional yang efektif dan relevan. Terakhir, dengan mempertimbangkan latar belakang sosial ekonomi siswa yang disebutkan sebelumnya, akan sangat bermanfaat untuk mengeksplorasi potensi keterlibatan orang tua dan dukungan komunitas dalam memperkuat implementasi pendekatan multimodal di luar jam sekolah. Pertanyaan kunci yang bisa diajukan adalah bagaimana inisiatif berbasis komunitas atau program pendampingan keluarga dapat dirancang untuk menciptakan ekosistem belajar yang holistik, di mana motivasi dan pemahaman siswa terus diperkaya melalui stimulus visual dan auditori dalam konteks rumah atau lingkungan sekitar, sehingga pembelajaran menjadi pengalaman yang lebih terpadu dan bermakna. Pendekatan ini akan memberikan perspektif baru tentang bagaimana faktor eksternal sekolah dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan hasil belajar secara optimal.
| File size | 288.11 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | Report |
Related /
ASSALAMASSALAM Implementasi PBL mendorong partisipasi aktif, kolaborasi, serta refleksi, sehingga siswa dapat menerapkan nilai-nilai Islam dalam menganalisis dilema moral.Implementasi PBL mendorong partisipasi aktif, kolaborasi, serta refleksi, sehingga siswa dapat menerapkan nilai-nilai Islam dalam menganalisis dilema moral.
ASSALAMASSALAM Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh program Sapa Pagi terhadap motivasi belajar siswa di sekolah dasar di Kabupaten Aceh Tengah. ProgramPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh program Sapa Pagi terhadap motivasi belajar siswa di sekolah dasar di Kabupaten Aceh Tengah. Program
LAP4BANGSALAP4BANGSA Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja pegawai di Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang Selatan.Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja pegawai di Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang Selatan.
STAIMUNSTAIMUN Penelitian ini meneliti faktor-faktor penting yang memengaruhi motivasi dan produktivitas guru di sekolah menengah atas negeri Akure-South, Ondo State.Penelitian ini meneliti faktor-faktor penting yang memengaruhi motivasi dan produktivitas guru di sekolah menengah atas negeri Akure-South, Ondo State.
UPNYKUPNYK Kepemimpinan dan lingkungan kerja yang mendukung berperan signifikan dalam meningkatkan kinerja pegawai melalui motivasi kerja. Pegawai unit manajemenKepemimpinan dan lingkungan kerja yang mendukung berperan signifikan dalam meningkatkan kinerja pegawai melalui motivasi kerja. Pegawai unit manajemen
UPN VeteranUPN Veteran Motivasi Pelayanan Publik berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Role Stress berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Berdasarkan hasil perhitungan penelitianMotivasi Pelayanan Publik berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Role Stress berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Berdasarkan hasil perhitungan penelitian
UPN VeteranUPN Veteran Pandemi COVID-19 merupakan ancaman global yang memerlukan respons dari setiap negara. Pemerintah Spanyol telah mengambil berbagai kebijakan untuk mengatasiPandemi COVID-19 merupakan ancaman global yang memerlukan respons dari setiap negara. Pemerintah Spanyol telah mengambil berbagai kebijakan untuk mengatasi
UNIDAUNIDA Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru dengan efikasi diri siswa kelas V SDN Sukamaju 03.Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru dengan efikasi diri siswa kelas V SDN Sukamaju 03.
Useful /
HUSADA KARYAJAYAHUSADA KARYAJAYA Tidak sedikit anak-anak yang bingung serta mengalami kecemasan saat pertama kali di berlakukan kegiatan belajar secara daring dari rumah untuk itulah kepedulianTidak sedikit anak-anak yang bingung serta mengalami kecemasan saat pertama kali di berlakukan kegiatan belajar secara daring dari rumah untuk itulah kepedulian
STAIMUNSTAIMUN Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran pemimpin inovatif dalam membentuk lingkungan pendidikan yang adaptif di era perubahan yang dinamis.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran pemimpin inovatif dalam membentuk lingkungan pendidikan yang adaptif di era perubahan yang dinamis.
STAIMADIUNSTAIMADIUN Pendidikan diyakini sebagai sarana utama pengembangan kualitas sumber daya manusia. Dalam konteks itulah revitalisasi kebijakan pendidikan terus menjadiPendidikan diyakini sebagai sarana utama pengembangan kualitas sumber daya manusia. Dalam konteks itulah revitalisasi kebijakan pendidikan terus menjadi
STAIMADIUNSTAIMADIUN Kesehatan: narkoba, minuman keras, merokok. Ekonomi: mencuri, menculik, begal dan lain-lain. (2) Agama (dalam konteks pemikiran Ibn Rushd) memiliki 3 sumberKesehatan: narkoba, minuman keras, merokok. Ekonomi: mencuri, menculik, begal dan lain-lain. (2) Agama (dalam konteks pemikiran Ibn Rushd) memiliki 3 sumber