UPUP

CARE: Journal Pengabdian Multi DisiplinCARE: Journal Pengabdian Multi Disiplin

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu bentuk Tri dharma PerguruanTinggi. PKM ini di usulkan untuk melakukan kegiatan yang bersifat sosialisasi dan edukasi di SDIT Buah Hati Padang. PKM ini di buat dengan tujuan untuk melatih peserta layanan dalam memanfaatkan pengaruh pentingnya dukungan teman sebaya dalam motivasi belajar. Selain itu juga bertujuan untuk membantu siswa agar dapat bersemangat dalam belajar disekolah. Oleh karena itu siswa diberikan penyuluhan tentang materi pengaruh dukungan teman sebaya dalam motivasi belajar, dan penting bagi siswa untuk mengaplikasikan kegiatan motivasi belajar tersebut untuk saling menyemangati di kelas. hal ini yang sangat urgen diharapkan dari teman sebaya adalah mereka dapat saling membantu dan saling mempengaruhi serta mendahsyatkan diri masing-masing untuk memiliki motivasi yang kuat dalam belajar. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan motivasi belajar adalah pergaulan teman sebaya. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka dan mengamati perubahan dari sebelum di berikan bimbingan dengan setelah diberikan penyuluhan tentang pengaruh dukungan teman sebaya dalam motivasi belajar.

Teman sebaya memberikan dukungan, dorongan positif, dan perbandingan sosial yang sehat, sehingga mendorong siswa untuk berprestasi lebih baik.Selain itu, penyuluhan menekankan pentingnya pemilihan teman sebaya yang positif serta nilai-nilai baik untuk memperkuat motivasi belajar.

Penelitian selanjutnya dapat menguji pengaruh intervensi dukungan teman sebaya terhadap motivasi belajar dengan desain kuantitatif pre‑post pada sampel yang lebih luas, meliputi beberapa sekolah dasar untuk memperoleh data yang dapat digeneralisasi. Selanjutnya, diperlukan studi yang meneliti bagaimana platform pembelajaran digital berbasis peer‑learning dapat memperkuat motivasi belajar siswa, khususnya dengan membandingkan efektivitas metode daring versus tatap muka. Selain itu, penting untuk menilai dampak jangka panjang program mentoring teman sebaya yang berkelanjutan terhadap prestasi akademik serta perkembangan sosial‑emosional anak, melalui survei longitudinal selama satu hingga dua tahun. Pendekatan campuran antara data kuantitatif dan wawancara mendalam dapat menggali persepsi siswa dan guru mengenai kualitas hubungan teman sebaya serta faktor-faktor yang memediasi peningkatan motivasi.

  1. #teman motivasi#teman motivasi
Read online
File size239.85 KB
Pages5
DMCAReport

Related /

ads-block-test