BERUGAKBACABERUGAKBACA

BEGIBUNG: Jurnal Penelitian MultidisiplinBEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin

Perkembangan sistem informasi di bidang teknologi informasi telah mengawali inovasi di berbagai bidang, salah satunya di bidang pendidikan. Fenomena Covid-19 mendorong lembaga pendidikan melakukan inovasi dalam kegiatan pembelajaran daring dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, yaitu penggunaan platform media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran kepada peserta Pertukaran Mahasiswa Mandiri 2 Universitas Padjadjaran (Unpad) mengenai inovasi sistem e-learning melalui platform media sosial, mulai dari pengenalan, implementasi serta evaluasi dan monitoring. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dipadukan dengan penelitian eksploratif dengan menggunakan metode analisis deskriptif berdasarkan kerja lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi e-learning meningkatkan proses belajar mengajar peserta pertukaran pelajar ini 2. Hal ini didukung dengan inovasi e-learning yang diterapkan oleh institusi Universitas Padjadjaran berbasis Massive Open Online Courses (MOOC) atau Unpad sebagai platform MOOC yang juga memadukannya dengan pemanfaatan media sosial lain seperti YouTube, Google Drive, WhatsApp dan Line.

Perubahan proses pembelajaran luring menjadi daring yang terjadi secara mendadak memunculkan berbagai respons dan kendala dalam dunia pendidikan di Indonesia.Penggunaan platform MOOC Unpad meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dalam pembelajaran daring melalui kemudahan akses materi, efisiensi biaya dan waktu, serta akses tanpa batas.Inovasi ini menunjukkan pentingnya kesiapan infrastruktur, peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan pemanfaatan media sosial secara bijak untuk mendukung keberlangsungan pembelajaran daring yang efektif.

Pertama, perlu penelitian lebih lanjut yang mengkaji dampak jangka panjang penggunaan platform MOOC Unpad terhadap prestasi akademik dan keterampilan digital mahasiswa peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2, agar dapat diketahui apakah peningkatan motivasi belajar berdampak signifikan pada hasil belajar secara menyeluruh. Kedua, penting untuk mengeksplorasi model integrasi antara pembelajaran hybrid (daring dan tatap muka) dengan platform MOOC Unpad dalam konteks berbagai disiplin ilmu, sehingga dapat dirancang strategi pembelajaran yang lebih adaptif dan inklusif bagi kebutuhan mahasiswa dari latar belakang akademik yang berbeda. Ketiga, diperlukan studi mendalam tentang kendala teknis dan non-teknis yang dihadapi mahasiswa saat menggunakan platform ini, termasuk ketersediaan akses internet, literasi teknologi, dan dukungan dosen, untuk merancang sistem pendukung yang lebih responsif dan berkelanjutan dalam ekosistem pembelajaran daring di perguruan tinggi.

  1. INOVASI SISTEM PEMBELAJARAN DARING BERBASIS MASSIVE OPEN ONLINE COURSE (MOOC) UNIVERSITAS PADJADJARAN... berugakbaca.org/index.php/begibung/article/view/86INOVASI SISTEM PEMBELAJARAN DARING BERBASIS MASSIVE OPEN ONLINE COURSE MOOC UNIVERSITAS PADJADJARAN berugakbaca index php begibung article view 86
  1. #inovasi sistem#inovasi sistem
Read online
File size385.9 KB
Pages8
Short Linkhttps://juris.id/p-1mq
DMCAReport

Related /

ads-block-test