BELITUNG RAYABELITUNG RAYA
Just a moment...Just a moment...Latar Belakang: Resusitasi Jantung Paru (RJP) adalah pertolongan pertama darurat pada henti jantung. Pelaksanaan RJP dipengaruhi oleh pengetahuan dan efikasi diri. Mahasiswa magang dapat menjadi responden pertama pada henti jantung di rumah sakit dan diharapkan memiliki pengetahuan serta efikasi diri yang tinggi dalam melakukan RJP. Namun, belum ada data mengenai efikasi diri mahasiswa magang dalam melakukan RJP. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengetahuan dan efikasi diri mahasiswa magang dalam melakukan RJP. Metode: Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan cross-sectional pada 76 mahasiswa magang yang dipilih dengan simple random sampling. Kuesioner pengetahuan dan instrumen Skala Efikasi Diri Resusitasi digunakan, dengan skor validitas 0,56-0,84 (α=0,91). Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa 49 responden (64,5%) memiliki pengetahuan yang sedang dan 73 responden (96,1%) memiliki efikasi diri yang tinggi. Domain terendah dalam pengetahuan adalah pengetahuan konseptual, sedangkan dalam efikasi diri adalah pelaporan, debriefing, dan pencatatan. Kesimpulan: Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan informasi mengenai pengetahuan konseptual serta meningkatkan pelatihan pada domain efikasi diri: pelaporan; debriefing dan pencatatan.
Penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa magang memiliki pengetahuan RJP yang sedang dan efikasi diri yang tinggi.Pengetahuan konseptual merupakan area yang perlu ditingkatkan, sementara efikasi diri perlu diperkuat pada domain pelaporan, debriefing, dan pencatatan.Peningkatan informasi dan pelatihan yang lebih komprehensif pada aspek-aspek tersebut sangat penting untuk mempersiapkan mahasiswa magang menghadapi situasi henti jantung di lingkungan klinis.
Berdasarkan hasil penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, perlu dilakukan studi intervensi untuk menguji efektivitas berbagai metode pembelajaran dalam meningkatkan pengetahuan konseptual RJP pada mahasiswa magang. Metode pembelajaran yang inovatif, seperti simulasi berbasis kasus atau pembelajaran kolaboratif, dapat dieksplorasi. Kedua, penelitian lebih lanjut dapat difokuskan pada identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efikasi diri mahasiswa magang dalam melakukan RJP, termasuk pengalaman klinis, dukungan dari mentor, dan lingkungan kerja. Ketiga, penting untuk meneliti dampak pelatihan RJP yang berkelanjutan dan terstruktur terhadap retensi pengetahuan dan peningkatan keterampilan praktis mahasiswa magang. Penelitian ini dapat menggunakan desain longitudinal untuk melacak perubahan pengetahuan dan efikasi diri dari waktu ke waktu. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat memberikan informasi yang berharga bagi pengembangan kurikulum keperawatan dan program pelatihan RJP yang lebih efektif, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan dan keselamatan pasien.
| File size | 482.4 KB |
| Pages | 9 |
| Short Link | https://juris.id/p-1lD |
| DMCA | Report |
Related /
YBLIYBLI Selain itu pula, terjadi peningkatan pengetahuan peserta dan penguasaan akan materi penyuluhan, ditandai dengan 17 orang peserta yang memahami dari 20Selain itu pula, terjadi peningkatan pengetahuan peserta dan penguasaan akan materi penyuluhan, ditandai dengan 17 orang peserta yang memahami dari 20
YBLIYBLI Hasil pelaksanaan kegiatan ialah: terjadinya peningkatan pengetahuan peserta tentang satwa endemik serta peningkatan keterampilan dalam memanfaatkan GoogleHasil pelaksanaan kegiatan ialah: terjadinya peningkatan pengetahuan peserta tentang satwa endemik serta peningkatan keterampilan dalam memanfaatkan Google
YBLIYBLI Kegiatan PKM ini meningkatkan pengetahuan dan keterampilan lansia serta wanita kaum ibu GMIM Kharisma Koka dalam pembuatan balsem dan minyak aromatherapyKegiatan PKM ini meningkatkan pengetahuan dan keterampilan lansia serta wanita kaum ibu GMIM Kharisma Koka dalam pembuatan balsem dan minyak aromatherapy
YBLIYBLI Pada sesi terakhir dilakukan pengukuran pengetahuan menggunakan kuisoner. Hasil dari pengabdian Masyarakat ini, peserta sangat antusias dalam mengikutiPada sesi terakhir dilakukan pengukuran pengetahuan menggunakan kuisoner. Hasil dari pengabdian Masyarakat ini, peserta sangat antusias dalam mengikuti
UKSWUKSW 0, termasuk kepemimpinan, kolaborasi, adaptabilitas, dan pemecahan masalah. Aspek-aspek ini dikategorikan menjadi kompetensi tugas, manusia, dan diri.0, termasuk kepemimpinan, kolaborasi, adaptabilitas, dan pemecahan masalah. Aspek-aspek ini dikategorikan menjadi kompetensi tugas, manusia, dan diri.
UKSWUKSW Tekanan kelompok merupakan kondisi individu yang berada di dalam kelompok yang menganggap bahwa tindakan tidak etis adalah hal yang wajar untuk dilakukan.Tekanan kelompok merupakan kondisi individu yang berada di dalam kelompok yang menganggap bahwa tindakan tidak etis adalah hal yang wajar untuk dilakukan.
UIKAUIKA Salah satu program yang bisa mengembangkan keterampilan membaca dan menulis ini ialah kegiatan Edukasi Manfaat Literasi Membaca dan Menulis. Kegiatan literasiSalah satu program yang bisa mengembangkan keterampilan membaca dan menulis ini ialah kegiatan Edukasi Manfaat Literasi Membaca dan Menulis. Kegiatan literasi
BELITUNG RAYABELITUNG RAYA Hasil: Hasil menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada rata‑rata perkembangan perilaku setelah intervensi antara kelompok percobaan dan kontrol (pHasil: Hasil menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada rata‑rata perkembangan perilaku setelah intervensi antara kelompok percobaan dan kontrol (p
Useful /
ABULYATAMAABULYATAMA Hal ini menunjukkan bahwa siswa di SMAN 1 Mesjid Raya, Aceh Besar masih mengalami kesulitan dalam menggunakan berbagai jenis Kata Ganti Personalia, terutamaHal ini menunjukkan bahwa siswa di SMAN 1 Mesjid Raya, Aceh Besar masih mengalami kesulitan dalam menggunakan berbagai jenis Kata Ganti Personalia, terutama
ABULYATAMAABULYATAMA Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat dimensi pengetahuan wirausahawan, yaitu tingkat pendidikan dengan tiga butir pernyataan, pengetahuanHasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat dimensi pengetahuan wirausahawan, yaitu tingkat pendidikan dengan tiga butir pernyataan, pengetahuan
UDBUDB Jenis penyelidikan yang digunakan adalah penyelidikan kualitatif deskriptif, yang merupakan kaedah penyelidikan yang menggunakan penelitian deskriptifJenis penyelidikan yang digunakan adalah penyelidikan kualitatif deskriptif, yang merupakan kaedah penyelidikan yang menggunakan penelitian deskriptif
UDBUDB 128.256, nilai FTP sebesar1. 04% dan nilai STP sebesar 1. 01 dan kebutuhan SDMK bagian filing tahun 2020 dihitung menggunakan metode ABK Kes adalah 9 SDMK.128.256, nilai FTP sebesar1. 04% dan nilai STP sebesar 1. 01 dan kebutuhan SDMK bagian filing tahun 2020 dihitung menggunakan metode ABK Kes adalah 9 SDMK.