ETDCIETDCI
Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan MatematikaKognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan MatematikaPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis Google Sites yang terintegrasi dengan pendekatan kontekstual bernilai-nilai Islam untuk siswa SMP di Riau, Indonesia. Media ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui konteks kehidupan sehari-hari yang relevan dengan nilai-nilai religius, seperti kejujuran, kerja sama, dan tanggung jawab. Pengembangan media mengikuti model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan guru matematika. Hasil validasi menunjukkan bahwa media memenuhi kriteria layak dengan skor rata-rata 85,7%. Uji coba terbatas pada 30 siswa menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar matematika, dengan rata-rata nilai post-test meningkat dari 62,4 menjadi 81,6. Selain itu, respon siswa terhadap media sangat positif, terutama dalam hal keterlibatan dan motivasi belajar. Media ini diharapkan dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dengan memadukan nilai-nilai keislaman dalam konteks pendidikan formal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis Google Sites yang terintegrasi dengan pendekatan kontekstual bernilai-nilai Islam untuk siswa SMP di Riau, Indonesia.Media ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui konteks kehidupan sehari-hari yang relevan dengan nilai-nilai religius, seperti kejujuran, kerja sama, dan tanggung jawab.Pengembangan media mengikuti model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).Validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan guru matematika.Hasil validasi menunjukkan bahwa media memenuhi kriteria layak dengan skor rata-rata 85,7%.Uji coba terbatas pada 30 siswa menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar matematika, dengan rata-rata nilai post-test meningkat dari 62,4 menjadi 81,6.Selain itu, respon siswa terhadap media sangat positif, terutama dalam hal keterlibatan dan motivasi belajar.Media ini diharapkan dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dengan memadukan nilai-nilai keislaman dalam konteks pendidikan formal.Media pembelajaran matematika berbasis Google Sites yang terintegrasi dengan pendekatan kontekstual bernilai-nilai Islam terbukti efektif meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa SMP di Riau.Penelitian selanjutnya dapat menguji efektivitas media ini pada siswa dari daerah lain di Indonesia yang memiliki konteks budaya dan agama berbeda, apakah nilai-nilai Islam yang diintegrasikan tetap relevan atau perlu disesuaikan.Selain itu, perlu dikembangkan versi interaktif berbasis aplikasi mobile agar media ini lebih mudah diakses oleh siswa yang memiliki keterbatasan akses internet atau perangkat komputer, sehingga dapat menjangkau lebih banyak siswa di daerah terpencil.Terakhir, peneliti dapat mengeksplorasi dampak jangka panjang dari penggunaan media ini terhadap karakter siswa, misalnya apakah penerapan nilai-nilai islami dalam pembelajaran matematika secara konsisten dapat meningkatkan perilaku sosial dan etika siswa dalam kehidupan sehari-hari, yang bisa diukur melalui observasi dan wawancara longitudinal selama satu tahun pelajaran.Pendekatan ini menawarkan model pembelajaran yang holistik, menggabungkan aspek akademik dan spiritual, sehingga layak diadopsi secara lebih luas di sekolah-sekolah berbasis nilai agama.Relevant Learning Media to Improve Mathematics Learning Outcomes Algebraic Topics and Pythagorean Theorems.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis Google Sites yang terintegrasi dengan pendekatan kontekstual bernilai-nilai Islam untuk siswa SMP di Riau, Indonesia.Media ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui konteks kehidupan sehari-hari yang relevan dengan nilai-nilai religius, seperti kejujuran, kerja sama, dan tanggung jawab.Pengembangan media mengikuti model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).Validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan guru matematika.Hasil validasi menunjukkan bahwa media memenuhi kriteria layak dengan skor rata-rata 85,7%.Uji coba terbatas pada 30 siswa menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar matematika, dengan rata-rata nilai post-test meningkat dari 62,4 menjadi 81,6.Selain itu, respon siswa terhadap media sangat positif, terutama dalam hal keterlibatan dan motivasi belajar.Media ini diharapkan dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dengan memadukan nilai-nilai keislaman dalam konteks pendidikan formal.
Penelitian selanjutnya dapat menguji efektivitas media ini pada siswa dari daerah lain di Indonesia yang memiliki konteks budaya dan agama berbeda, apakah nilai-nilai Islam yang diintegrasikan tetap relevan atau perlu disesuaikan. Selain itu, perlu dikembangkan versi interaktif berbasis aplikasi mobile agar media ini lebih mudah diakses oleh siswa yang memiliki keterbatasan akses internet atau perangkat komputer, sehingga dapat menjangkau lebih banyak siswa di daerah terpencil. Terakhir, peneliti dapat mengeksplorasi dampak jangka panjang dari penggunaan media ini terhadap karakter siswa, misalnya apakah penerapan nilai-nilai islami dalam pembelajaran matematika secara konsisten dapat meningkatkan perilaku sosial dan etika siswa dalam kehidupan sehari-hari, yang bisa diukur melalui observasi dan wawancara longitudinal selama satu tahun pelajaran.
- PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF DENGAN ARTICULATE STORYLINE BERDASARKAN UJI RATER MENGGUNAKAN MODEL PPE... doi.org/10.24127/ajpm.v13i2.8871PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF DENGAN ARTICULATE STORYLINE BERDASARKAN UJI RATER MENGGUNAKAN MODEL PPE doi 10 24127 ajpm v13i2 8871
- PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS EDMODO PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS | Farman | AKSIOMA: Jurnal... ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/3114PENGEMBANGAN MEDIA E LEARNING BERBASIS EDMODO PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS Farman AKSIOMA Jurnal ojs fkip ummetro ac index php matematika article view 3114
- Pengembangan Media Kartu Domino pada Pembelajaran Matematika Operasi Perkalian Siswa Sekolah Dasar |... jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1224Pengembangan Media Kartu Domino pada Pembelajaran Matematika Operasi Perkalian Siswa Sekolah Dasar jbasic index php basicedu article view 1224
- Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri | Cybernetics: Journal... doi.org/10.51178/cjerss.v2i3.256Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cybernetics Journal doi 10 51178 cjerss v2i3 256
- Tren Media Pembelajaran Matematika dalam Jurnal Pendidikan Matematika di Seluruh Indonesia | Jurnal Cendekia... doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1776Tren Media Pembelajaran Matematika dalam Jurnal Pendidikan Matematika di Seluruh Indonesia Jurnal Cendekia doi 10 31004 cendekia v6i3 1776
| File size | 199.93 KB |
| Pages | 5 |
| DMCA | Report |
Related /
E SIBERE SIBER Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran interaktif memiliki pengaruhPenelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran interaktif memiliki pengaruh
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. HasilPenelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil
E SIBERE SIBER Hasil dari artikel ini menunjukkan bahwa: 1) Media pembelajaran berperan dalam meningkatkan minat belajar siswa; 2) Inovasi guru juga berpengaruh terhadapHasil dari artikel ini menunjukkan bahwa: 1) Media pembelajaran berperan dalam meningkatkan minat belajar siswa; 2) Inovasi guru juga berpengaruh terhadap
E SIBERE SIBER Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi deskriptif (ulasan literatur) untuk mengeksplorasi dan menganalisis hubungan antaraMetode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi deskriptif (ulasan literatur) untuk mengeksplorasi dan menganalisis hubungan antara
UMBUMB Keberlanjutan pelabuhan sangat penting karena mendorong pertumbuhan ekonomi. Namun, perubahan iklim dan dampaknya telah mengganggu aktivitas pelabuhan.Keberlanjutan pelabuhan sangat penting karena mendorong pertumbuhan ekonomi. Namun, perubahan iklim dan dampaknya telah mengganggu aktivitas pelabuhan.
UMBUMB Campuran TEG/air memiliki koefisien perpindahan panas yang lebih tinggi dibandingkan EG/air, meskipun keduanya meningkat seiring kenaikan angka Reynolds.Campuran TEG/air memiliki koefisien perpindahan panas yang lebih tinggi dibandingkan EG/air, meskipun keduanya meningkat seiring kenaikan angka Reynolds.
RESEARCHSYNERGYPRESSRESEARCHSYNERGYPRESS Berdasarkan hasil penelitian dan diskusi yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa terhadap hakikat sains di wilayah pedesaan, perkotaan,Berdasarkan hasil penelitian dan diskusi yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa terhadap hakikat sains di wilayah pedesaan, perkotaan,
RESEARCHSYNERGYPRESSRESEARCHSYNERGYPRESS Kuesioner berisi pernyataan tentang pelaksanaan pembelajaran menggunakan enam indikator, yang dirangkum menjadi 34 pernyataan menggunakan skala Likert.Kuesioner berisi pernyataan tentang pelaksanaan pembelajaran menggunakan enam indikator, yang dirangkum menjadi 34 pernyataan menggunakan skala Likert.
Useful /
UNHASUNHAS DPA dapat membantu mengembalikan aset negara dari pelaku korupsi dan membuat proses peradilan lebih efektif, efisien, dan kurang memakan waktu. ImplementasiDPA dapat membantu mengembalikan aset negara dari pelaku korupsi dan membuat proses peradilan lebih efektif, efisien, dan kurang memakan waktu. Implementasi
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Selain itu, siswa menunjukkan antusiasme tinggi dalam mengikuti kegiatan, baik dalam sesi edukasi maupun praktik langsung. Program ini membuktikan bahwaSelain itu, siswa menunjukkan antusiasme tinggi dalam mengikuti kegiatan, baik dalam sesi edukasi maupun praktik langsung. Program ini membuktikan bahwa
IAINPTKIAINPTK Akan tetapi dalam kenyataannya, di sebagian masyarakat—dalam konteks ini Komunitas Muslim Sintang—kerap melakukan pernikahan kembali di hadapan pegawaiAkan tetapi dalam kenyataannya, di sebagian masyarakat—dalam konteks ini Komunitas Muslim Sintang—kerap melakukan pernikahan kembali di hadapan pegawai
IAINPTKIAINPTK Artikel ini menggunakan pendekatan historis dan menganalisis data primer dan sekunder dengan teori hukum prismatik Fred W. Riggs. Para penulis menemukanArtikel ini menggunakan pendekatan historis dan menganalisis data primer dan sekunder dengan teori hukum prismatik Fred W. Riggs. Para penulis menemukan