GUMPUBLISHERGUMPUBLISHER
Eduversity : Journal of Future Interdisciplinary EducationEduversity : Journal of Future Interdisciplinary EducationKepemimpinan dalam konteks madrasah swasta di Indonesia masih merupakan wilayah kajian yang kurang tereksplorasi, khususnya dalam kaitannya dengan pengembangan profesional guru. Artikel ini bertujuan untuk mengisi kekosongan tersebut dengan menyajikan temuan studi yang berfokus pada bagaimana kepemimpinan madrasah memengaruhi bentuk, arah, dan efektivitas pengembangan profesional guru. Pendekatan kepemimpinan distributif digunakan sebagai kerangka teoritik untuk memahami dinamika kolaboratif antara kepala madrasah, guru senior, dan tenaga kependidikan lainnya. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring, wawancara semi-terstruktur dengan para kepala madrasah, serta diskusi kelompok terfokus dengan guru-guru dari beberapa madrasah swasta. Studi ini secara khusus menyoroti satu madrasah swasta yang beroperasi dalam keterbatasan sumber daya namun menunjukkan tingkat kolaborasi yang tinggi. Konteks ini melahirkan praktik komunitas belajar profesional atau Community of Practice (CoP) yang berkembang secara organik. Artikel ini mendiskusikan kontribusi positif CoP terhadap peningkatan kompetensi guru dan merekomendasikan penguatan kepemimpinan kolaboratif sebagai strategi kunci dalam pengembangan profesional di madrasah swasta.
Distribusi kepemimpinan yang dipadukan dengan penguatan Communities of Practice dapat menjadi model efektif dalam meningkatkan pengembangan profesional guru madrasah swasta di Indonesia.Strategi ini memungkinkan peningkatan kapasitas individu serta membentuk ekosistem pembelajaran kolektif yang adaptif dan relevan.Model ini penting untuk menjawab tantangan pendidikan Islam kontemporer dalam konteks keterbatasan sumber daya.
Pertama, perlu diteliti bagaimana penerapan model kepemimpinan hibrida yang menggabungkan aspek individual dan kolektif dapat meningkatkan efektivitas pengembangan profesional guru di madrasah swasta dengan sumber daya sangat terbatas. Kedua, penting untuk mengeksplorasi bagaimana struktur insentif non-finansial, seperti pengakuan profesional atau peluang menjadi mentor, dapat mendorong partisipasi lebih merata dalam komunitas belajar guru di lingkungan madrasah swasta. Ketiga, perlu dikaji bagaimana integrasi nilai-nilai keislaman dalam proses pembelajaran kolektif membentuk identitas profesional guru dan memengaruhi keberlanjutan praktik komunitas belajar, sehingga dapat dirancang pendekatan pengembangan yang lebih kontekstual dan bermakna secara kultural. Ketiga saran ini saling terkait dan dapat mengisi celah dalam penguatan kapasitas madrasah swasta secara berkelanjutan, terutama dalam menjaga kualitas pengajaran dan kohesi komunitas pendidik di tengah keterbatasan struktural. Penelitian lanjutan sebaiknya dilakukan di berbagai wilayah dengan karakteristik sosial dan kelembagaan berbeda untuk melihat adaptasi model ini dalam skala lebih luas.
- Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru Madrasah Ibtidaiyah | ELEMENTARY : Journal of Primary Education .... doi.org/10.55210/elementary.v2i2.441Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru Madrasah Ibtidaiyah ELEMENTARY Journal of Primary EducationA doi 10 55210 elementary v2i2 441
- Strategi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kinerja Guru Matematika MTs Negeri Pinrang | JURNAL PENDIDIKAN... doi.org/10.37630/jpm.v12i4.791Strategi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kinerja Guru Matematika MTs Negeri Pinrang JURNAL PENDIDIKAN doi 10 37630 jpm v12i4 791
| File size | 359.83 KB |
| Pages | 12 |
| DMCA | Report |
Related /
ASSALAMASSALAM Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan fokus pada proses peningkatan kompetensi pedagogik dan teknologi guru melalui pelatihan,Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan fokus pada proses peningkatan kompetensi pedagogik dan teknologi guru melalui pelatihan,
UNUKALTIMUNUKALTIM Dengan demikian, tujuan pendidikan tercapai secara efektif, meningkatkan koordinasi antar tenaga pengajar, dan sinergi dalam pelaksanaan program pendidikan.Dengan demikian, tujuan pendidikan tercapai secara efektif, meningkatkan koordinasi antar tenaga pengajar, dan sinergi dalam pelaksanaan program pendidikan.
STAIQSTAIQ Hambatan yang terjadi termasuk minimnya pelatihan bagi pengajar baru, kurangnya pengalaman mengajar, dan kurangnya motivasi untuk berkolaborasi, namunHambatan yang terjadi termasuk minimnya pelatihan bagi pengajar baru, kurangnya pengalaman mengajar, dan kurangnya motivasi untuk berkolaborasi, namun
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Hasilnya, terdapat 15 nilai-nilai pendidikan moral agama yang dapat digunakan sebagai acuan dalam proses pembelajaran anak usia dini, di antaranya sopanHasilnya, terdapat 15 nilai-nilai pendidikan moral agama yang dapat digunakan sebagai acuan dalam proses pembelajaran anak usia dini, di antaranya sopan
ITKAITKA Kurangnya lulusan diniyah disebabkan oleh kurangnya tenaga pendidik, kurangnya pemahaman kurikulum dan kurangnya dukungan orang tua. Maka untuk mengatasiKurangnya lulusan diniyah disebabkan oleh kurangnya tenaga pendidik, kurangnya pemahaman kurikulum dan kurangnya dukungan orang tua. Maka untuk mengatasi
STAISKUTIMSTAISKUTIM Evaluasi pelaksanaan supervisi akademik menggunakan Discrepancy Evaluation Model pada SMP Negeri 2 Sangatta Utara menunjukkan bahwa seluruh tahapan—desain,Evaluasi pelaksanaan supervisi akademik menggunakan Discrepancy Evaluation Model pada SMP Negeri 2 Sangatta Utara menunjukkan bahwa seluruh tahapan—desain,
STMIKJAYAKARTASTMIKJAYAKARTA Tahap awal pada penelitian ini adalah pencarian ide pembuatan sistem informasi penilaian ini serta mengumpulkan data – data yang akan di olah dan dibutuhkanTahap awal pada penelitian ini adalah pencarian ide pembuatan sistem informasi penilaian ini serta mengumpulkan data – data yang akan di olah dan dibutuhkan
IAIN SUIAIN SU Metode yang digunakan adalah metode tematik (maudhûi), yaitu menghimpun ayat-ayat Al-Quran yang berbicara tentang profesionalitas guru. Selanjutnya, untukMetode yang digunakan adalah metode tematik (maudhûi), yaitu menghimpun ayat-ayat Al-Quran yang berbicara tentang profesionalitas guru. Selanjutnya, untuk
Useful /
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode kuasi eksperimen. Penelitian dijalankan di TK Kartika 1-7 Padang dengan melakukan diJenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode kuasi eksperimen. Penelitian dijalankan di TK Kartika 1-7 Padang dengan melakukan di
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Dengan keberadaan gadget seluruhnya senantiasa sangat cepat mengambil informasi, namun banyak sekali yang dapat mempengaruhi seluruh anak. Langkah sekaliDengan keberadaan gadget seluruhnya senantiasa sangat cepat mengambil informasi, namun banyak sekali yang dapat mempengaruhi seluruh anak. Langkah sekali
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini muncul akibat tidak efektifnya pembelajaran matematika yang tidak dimulai dengan pemahaman awal siswa; menurut NCTM, pembelajaran akan efektifPenelitian ini muncul akibat tidak efektifnya pembelajaran matematika yang tidak dimulai dengan pemahaman awal siswa; menurut NCTM, pembelajaran akan efektif
IAIN SUIAIN SU Dalam perspektif Islam, manusia diharapkan mampu membina relasi yang harmonis bukan saja dengan Allah sebagai pencipta, dengan manusia lainnya, tetapiDalam perspektif Islam, manusia diharapkan mampu membina relasi yang harmonis bukan saja dengan Allah sebagai pencipta, dengan manusia lainnya, tetapi