UNISMUHUNISMUH
Jurnal Pendidikan FisikaJurnal Pendidikan FisikaPenelitian ini merupakan penelitian ex-post facto bersifat analisis korelasional dengan tujuan untuk mendeskripsikan tingkat gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik dan hasil belajar fisika yang dicapai peserta didik kelas X MIA di SMA Negeri 2 Takalar serta hubungan antara kedua variabel tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA SMA Negeri 2 Takalar, dengan sampel penentuan jumlah sampel penelitian berdasarkan teknik random sampling dan perhitungan sampel minimum menggunakan nomogram Harry King sebanyak 50 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang meliputi uji normalitas, uji linearitas dan uji korelasi product moment. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat gaya belajar peserta didik didominasi oleh gaya belajar visual, kemudian auditorial dan kinestetik, tingkat hasil belajar fisika peserta didik berada pada kategori rendah, dan terdapat hubungan positif yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas X MIA di SMA Negeri 2 Takalar.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian yang telah dijelaskan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas X MIA di SMA Negeri 2 Takalar.
Penelitian selanjutnya dapat meneliti secara lebih mendetail pengaruh masing‑masing dimensi gaya belajar (visual, auditorial, kinestetik) terhadap pencapaian hasil belajar pada sub‑topik fisika tertentu, sehingga dapat diketahui mana dimensi yang paling efektif untuk materi spesifik. Selanjutnya, diperlukan studi yang menguji penerapan strategi pembelajaran multimodal yang disesuaikan dengan gaya belajar dominan siswa, untuk melihat apakah pendekatan tersebut dapat meningkatkan prestasi belajar fisika secara signifikan dibandingkan metode konvensional. Terakhir, penting juga mengeksplorasi peran variabel perantara atau moderator seperti motivasi belajar, pengetahuan awal, dan faktor sosio‑ekonomi dalam memperkuat atau melemahkan hubungan antara gaya belajar dan hasil belajar fisika, sehingga dapat memberikan gambaran komprehensif tentang faktor‑faktor yang memengaruhi efektivitas pembelajaran fisika.
| File size | 386.21 KB |
| Pages | 10 |
| Short Link | https://juris.id/p-1lf |
| DMCA | Report |
Related /
JOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWAJOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWA Rasa malu menjadi faktor yang paling dominan dalam memicu kecemasan berbicara pada siswa. Upaya perlu dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswaRasa malu menjadi faktor yang paling dominan dalam memicu kecemasan berbicara pada siswa. Upaya perlu dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa
LAAROIBALAAROIBA Dari hasil dan pembahasan yang didapatkan oleh peneliti dari hasil analisis data masing-masing informan yaitu penerimaan mahasiswa Surabaya terhadap kontenDari hasil dan pembahasan yang didapatkan oleh peneliti dari hasil analisis data masing-masing informan yaitu penerimaan mahasiswa Surabaya terhadap konten
LAAROIBALAAROIBA Analisis data dilakukan menggunakan uji hipotesis untuk mengidentifikasi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat, yakni loyalitas pelanggan.Analisis data dilakukan menggunakan uji hipotesis untuk mengidentifikasi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat, yakni loyalitas pelanggan.
LAAROIBALAAROIBA Variabel variasi produk (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Susu Cair Dalam Kemasan Kotak 250 ml Indomilk di AlfamartVariabel variasi produk (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Susu Cair Dalam Kemasan Kotak 250 ml Indomilk di Alfamart
EJOURNALUNIGOROEJOURNALUNIGORO Selain itu, metode ini juga digunakan untuk membuat perkiraan biaya dan waktu total yang diperlukan untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan proyek. HasilSelain itu, metode ini juga digunakan untuk membuat perkiraan biaya dan waktu total yang diperlukan untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan proyek. Hasil
EJOURNALUNIGOROEJOURNALUNIGORO Berdasarkan hasil perhitungan, nilai produktivitas excavator PC195LC-8 didapat sebesar 576 m3/hari dengan waktu 18 hari kerja (8jam/hari) dan total biayaBerdasarkan hasil perhitungan, nilai produktivitas excavator PC195LC-8 didapat sebesar 576 m3/hari dengan waktu 18 hari kerja (8jam/hari) dan total biaya
DINASTIPUBDINASTIPUB Tujuan penelitian ini adalah memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada publik, khususnya investor dan kreditor, mengenai implikasi faktor keuangan danTujuan penelitian ini adalah memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada publik, khususnya investor dan kreditor, mengenai implikasi faktor keuangan dan
LAPANLAPAN Saat ini kombinasi antara data AIS dan data SAR dari satelit semakin menjadi pilihan untuk memantau kejahatan kelautan secara kontinu khususnya untuk wilayahSaat ini kombinasi antara data AIS dan data SAR dari satelit semakin menjadi pilihan untuk memantau kejahatan kelautan secara kontinu khususnya untuk wilayah
Useful /
LAAROIBALAAROIBA Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Pada variabel bebas yaitu kualitas pelayanan dan harga, sedangkan kepuasan pelanggan sebagaiInstrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Pada variabel bebas yaitu kualitas pelayanan dan harga, sedangkan kepuasan pelanggan sebagai
LAAROIBALAAROIBA Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh authentic leadership, komitmen efektif, dan job resourcefullness terhadap kreativitas serta kinerja pegawai BankPenelitian ini bertujuan menguji pengaruh authentic leadership, komitmen efektif, dan job resourcefullness terhadap kreativitas serta kinerja pegawai Bank
UNISMUHUNISMUH Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah multimedia pembelajaran fisika interaktif. Adapun tahapan yang dilalui dalam penelitian ini adalahProduk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah multimedia pembelajaran fisika interaktif. Adapun tahapan yang dilalui dalam penelitian ini adalah
UNISMUHUNISMUH Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah penggunaan metode Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan pemahaman konsepAbstrak – Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah penggunaan metode Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan pemahaman konsep