UNISMUHUNISMUH

Jurnal Pendidikan FisikaJurnal Pendidikan Fisika

Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto bersifat analisis korelasional dengan tujuan untuk mendeskripsikan tingkat gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik dan hasil belajar fisika yang dicapai peserta didik kelas X MIA di SMA Negeri 2 Takalar serta hubungan antara kedua variabel tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA SMA Negeri 2 Takalar, dengan sampel penentuan jumlah sampel penelitian berdasarkan teknik random sampling dan perhitungan sampel minimum menggunakan nomogram Harry King sebanyak 50 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang meliputi uji normalitas, uji linearitas dan uji korelasi product moment. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat gaya belajar peserta didik didominasi oleh gaya belajar visual, kemudian auditorial dan kinestetik, tingkat hasil belajar fisika peserta didik berada pada kategori rendah, dan terdapat hubungan positif yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas X MIA di SMA Negeri 2 Takalar.

Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian yang telah dijelaskan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas X MIA di SMA Negeri 2 Takalar.

Penelitian selanjutnya dapat meneliti secara lebih mendetail pengaruh masing‑masing dimensi gaya belajar (visual, auditorial, kinestetik) terhadap pencapaian hasil belajar pada sub‑topik fisika tertentu, sehingga dapat diketahui mana dimensi yang paling efektif untuk materi spesifik. Selanjutnya, diperlukan studi yang menguji penerapan strategi pembelajaran multimodal yang disesuaikan dengan gaya belajar dominan siswa, untuk melihat apakah pendekatan tersebut dapat meningkatkan prestasi belajar fisika secara signifikan dibandingkan metode konvensional. Terakhir, penting juga mengeksplorasi peran variabel perantara atau moderator seperti motivasi belajar, pengetahuan awal, dan faktor sosio‑ekonomi dalam memperkuat atau melemahkan hubungan antara gaya belajar dan hasil belajar fisika, sehingga dapat memberikan gambaran komprehensif tentang faktor‑faktor yang memengaruhi efektivitas pembelajaran fisika.

  1. #hasil analisis data#hasil analisis data
Read online
File size386.21 KB
Pages10
Short Linkhttps://juris.id/p-1lf
DMCAReport

Related /

ads-block-test