UNISMUHUNISMUH
Jurnal Pendidikan FisikaJurnal Pendidikan FisikaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pemahaman konsep peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra eksperimen dengan desain one-shot case study. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pakue. Pengambilan sampel penelitian ini diambil secara acak sehingga diperoleh XI IPA I. Instrumen yang digunakan adalah tes pemehaman konsep fisika. Penelitian ini menggunakan analisis deskriftif. Dalam penelitian ini, dianalisis kemampuan pemahaman konsep fisika peserta didik yaitu dengan mengelompokkan peserta didik dalam 5 kategori, selanjutnya dianalisis berdasarkan indikator pemahaman konsep. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa banyaknya siswa kelas XI IPA I SMA Negeri 1 Pakue 77 % yang menguasai pemahaman konsep tingkat translasi, 71% yang menguasai pemehaman konsep tingkat interpretasi dan 77% yang mengusai pemehaman konsep tingkap ekstrapolasi. Rata-rata kemapuan pemahaman konsep peserta didik berada pada kriteria baik, ada 20 peserta didik yang berada pada kriteria baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 75% peserta didik Kelas XI IPA I SMA Negeri 1 Pakue yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing mempunyai pemahaman konsep yang baik.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa.rata-rata kriteria pemahaman konsep peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pakue yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing berada pada kriteria baik.Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa kecenderungan rata-rata pemehaman konsep peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian, saran penelitian lanjutan yang dapat diajukan adalah pertama, perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk menginvestigasi pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik, dengan fokus pada kemampuan mengaplikasikan konsep fisika dalam konteks kehidupan sehari-hari. Kedua, penelitian dapat dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas strategi pembelajaran inkuiri terbimbing, seperti karakteristik siswa, fasilitas laboratorium, dan kompetensi guru. Ketiga, penelitian kuantitatif dapat dilakukan untuk menguji apakah terdapat perbedaan signifikan antara pemahaman konsep fisika siswa yang diajar dengan strategi inkuiri terbimbing dan strategi pembelajaran konvensional, dengan melibatkan kelompok kontrol dan eksperimen yang lebih besar.
| File size | 482.95 KB |
| Pages | 10 |
| Short Link | https://juris.id/p-1ld |
| DMCA | Report |
Related /
ABULYATAMAABULYATAMA Penelitian ini bertujuan mendeskpripsikan pemahaman konsep aljabar, menemukan miskonsepsi serta mengevaluasi proses perkuliahan yang telah berlangsungPenelitian ini bertujuan mendeskpripsikan pemahaman konsep aljabar, menemukan miskonsepsi serta mengevaluasi proses perkuliahan yang telah berlangsung
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Pemilihan kelas didasarkan pada hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yang kurang memuaskan, serta ketersediaan instalasi listrik untuk media infokus.Pemilihan kelas didasarkan pada hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yang kurang memuaskan, serta ketersediaan instalasi listrik untuk media infokus.
SMARTPUBLISHERSMARTPUBLISHER Kegiatan Market Day adalah salah satu bentuk pembelajaran berbasis pengalaman yang dirancang untuk menumbuhkan nilai-nilai kewirausahaan sejak dini. PenelitianKegiatan Market Day adalah salah satu bentuk pembelajaran berbasis pengalaman yang dirancang untuk menumbuhkan nilai-nilai kewirausahaan sejak dini. Penelitian
BELITUNG RAYABELITUNG RAYA Latar belakang: Manajemen Terpadu Penyakit Anak (IMCI) adalah pedoman terpadu dalam menangani bayi dan anak sakit di puskesmas. Namun, banyak mahasiswaLatar belakang: Manajemen Terpadu Penyakit Anak (IMCI) adalah pedoman terpadu dalam menangani bayi dan anak sakit di puskesmas. Namun, banyak mahasiswa
UNISMUHUNISMUH Berdasarkan analisis hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep fisika peserta didik kelas XI IA2 SMA Negeri 2 Sinjai dapatBerdasarkan analisis hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep fisika peserta didik kelas XI IA2 SMA Negeri 2 Sinjai dapat
UNISMUHUNISMUH Hasil penelitian pengintegrasian pendidikan karakter keagamaan pada mata pelajaran fisika melalui pembelajaran hakikat ilmu fisika dan keselamatan kerjaHasil penelitian pengintegrasian pendidikan karakter keagamaan pada mata pelajaran fisika melalui pembelajaran hakikat ilmu fisika dan keselamatan kerja
UNISMUHUNISMUH Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian yang telah dijelaskan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikanBerdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian yang telah dijelaskan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan
UNISMUHUNISMUH Penelitian menggunakan analisis deskriptif. Dalam penelitian ini, dianalisis kemampuan sikap ilmiah dengan mengelompokkan peserta didik dalam 4 kriteriaPenelitian menggunakan analisis deskriptif. Dalam penelitian ini, dianalisis kemampuan sikap ilmiah dengan mengelompokkan peserta didik dalam 4 kriteria
Useful /
ABULYATAMAABULYATAMA Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah penerapan pengajaran remedial dapat digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasanPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah penerapan pengajaran remedial dapat digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan
POLMAN BABELPOLMAN BABEL Percobaan dilakukan secara acak dengan replikasi sebanyak 2 kali untuk mengatasi faktor gangguan yang terjadi selama proses permesinan. Hasil penelitianPercobaan dilakukan secara acak dengan replikasi sebanyak 2 kali untuk mengatasi faktor gangguan yang terjadi selama proses permesinan. Hasil penelitian
POLMAN BABELPOLMAN BABEL Proses pengujian dilakukan dengan menggunakan alat uji yang mengacu pada SNI 181-2007. Hasil pengujian UJI penetrasi dengan ketebalan 4 mm tidak tertembusProses pengujian dilakukan dengan menggunakan alat uji yang mengacu pada SNI 181-2007. Hasil pengujian UJI penetrasi dengan ketebalan 4 mm tidak tertembus
STTSIMPSONSTTSIMPSON Pendidikan merupakan sebuah proses yang harus dilaksanakan untuk mencapai sebuah tujuan. Filsafat pendidikan menjadi akar dari pendidikan yang berfungsiPendidikan merupakan sebuah proses yang harus dilaksanakan untuk mencapai sebuah tujuan. Filsafat pendidikan menjadi akar dari pendidikan yang berfungsi