UNISMUHUNISMUH
Jurnal Pendidikan FisikaJurnal Pendidikan FisikaAbstrak – Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah penggunaan metode Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika peserta didik kelas XI IA di SMA Negeri 2 Sinjai tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Sinjai tahun ajaran 2015/2016 kelas XI IA2 yang berjumlah 24 siswa. Pengambilan data di dilakukan dengan tes pemahaman konsep fisika pada akhir siklus. Dari data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang dicapai setelah dianalisis yaitu : (1) pada siklus I, skor rata-rata hasil belajar fisika peserta didik 59,94 dengan standar deviasi 10,76 (2) pada siklus II skor rata-rata hasil belajar adalah 74,22 dengan standar deviasi 8,90. Hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode creative problem solving (CPS) mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, demikian pula dengan peningkatan kemampuan konsep fisika pada penilaian afektif peserta didik pada siklus I berada pada kriteria cukup, dan kemudian meningkat pada siklus II menjadi kriteria baik. Berdasarkan analisis hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep fisika peserta didik kelas XI IA2 SMA Negeri 2 Sinjai dapat ditingkatkan melalui penggunaan metode creative problrm solving (CPS).
Penggunaan metode Creative Problem Solving (CPS) berhasil meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa kelas XI IA2 SMA Negeri 2 Sinjai dari siklus I ke siklus II dalam pembelajaran materi fluida statis.Aktivitas belajar siswa, termasuk aspek psikomotorik dan afektif, juga mengalami peningkatan yang signifikan.Secara keseluruhan, metode ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan ketuntasan minimal siswa.
Berdasarkan temuan penelitian ini yang menunjukkan efektivitas metode Creative Problem Solving (CPS) dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa di kelas XI IA2 SMA Negeri 2 Sinjai melalui dua siklus yang meningkatkan skor rata-rata dari 59,94 menjadi 74,22, serta peningkatan aktivitas belajar dan aspek afektif dari cukup menjadi baik, adalah penting untuk mengeksplorasi lebih lanjut melalui penelitian lanjutan. Pertama, dapat dilakukan penelitian yang membandingkan efektivitas metode CPS dengan metode pembelajaran fisika lainnya, seperti metode inquiry atau cooperative learning, di sekolah-sekolah berbeda untuk melihat apakah hasil serupa tercapai dalam konteks yang lebih luas. Kedua, penelitian lanjutan bisa mengkaji penerapan CPS pada materi fisika yang berbeda, misalnya gerak jatuh atau gelombang, untuk menentukan apakah metode ini serbaguna di berbagai topik fisika. Ketiga, penting juga untuk meneliti dampak jangka panjang CPS pada motivasi belajar siswa, seperti apakah peningkatan yang terjadi dalam siklus II dapat bertahan hingga beberapa bulan atau tahun berikutnya, serta bagaimana pengaruhnya terhadap prestasi siswa di luar kelas fisika. Dengan mengembangkan ide-ide ini, penelitian masa depan bisa memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang potensi CPS sebagai alat pengajaran fisika yang holistik, yang tidak hanya fokus pada peningkatan skor tes tapi juga membentuk keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa secara berkelanjutan.
| File size | 588.95 KB |
| Pages | 14 |
| Short Link | https://juris.id/p-1l8 |
| DMCA | Report |
Related /
ABULYATAMAABULYATAMA Analisis cost‑effectiveness menunjukkan adanya perbedaan signifikan pencapaian antara siswa kelas percepatan dan siswa reguler. Oleh karena itu, IndonesiaAnalisis cost‑effectiveness menunjukkan adanya perbedaan signifikan pencapaian antara siswa kelas percepatan dan siswa reguler. Oleh karena itu, Indonesia
ABULYATAMAABULYATAMA Sekolah kurang berdisiplin dan tidak menghiraukan kaedah-kaedah agama, sering tidak ada pelajaran pada waktu jam sekolah. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasikan.Sekolah kurang berdisiplin dan tidak menghiraukan kaedah-kaedah agama, sering tidak ada pelajaran pada waktu jam sekolah. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasikan.
ABULYATAMAABULYATAMA Namun para pembaca memandang terjemahan itu kurang jelas. Artinya terjemahan itu cukup sulit untuk dipahami maknanya. Hal ini disebabkan rendahnya kemampuanNamun para pembaca memandang terjemahan itu kurang jelas. Artinya terjemahan itu cukup sulit untuk dipahami maknanya. Hal ini disebabkan rendahnya kemampuan
ABULYATAMAABULYATAMA Kemudian, kertas ujian siswa dianalisis berdasarkan jenis-jenis kesalahan Kata Ganti Personalia. Hasil analisis menunjukkan bahwa persentase kesalahanKemudian, kertas ujian siswa dianalisis berdasarkan jenis-jenis kesalahan Kata Ganti Personalia. Hasil analisis menunjukkan bahwa persentase kesalahan
ABULYATAMAABULYATAMA Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen kualitatif untuk mengukur pengetahuan wirausahawan. Berdasarkan penelitian sebelumnya, disusun sejumlahPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen kualitatif untuk mengukur pengetahuan wirausahawan. Berdasarkan penelitian sebelumnya, disusun sejumlah
BERUGAKBACABERUGAKBACA Sampel ditentukan secara full sampling yakni keseluruhan populasi sebagai sampel penelitian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisisSampel ditentukan secara full sampling yakni keseluruhan populasi sebagai sampel penelitian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis
BERUGAKBACABERUGAKBACA Kontribusi Manajemen Dalam Upaya Peningkatan Mutu Kinerja Dosen Pada Bidang Pendidikan Dan Pengajaran Di Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fitk Iain SyekhKontribusi Manajemen Dalam Upaya Peningkatan Mutu Kinerja Dosen Pada Bidang Pendidikan Dan Pengajaran Di Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fitk Iain Syekh
BERUGAKBACABERUGAKBACA Perkembangan sistem informasi di bidang teknologi informasi telah mengawali inovasi di berbagai bidang, salah satunya di bidang pendidikan. Fenomena Covid-19Perkembangan sistem informasi di bidang teknologi informasi telah mengawali inovasi di berbagai bidang, salah satunya di bidang pendidikan. Fenomena Covid-19
Useful /
YBLIYBLI Meskipun strategi ini membawa manfaat yang signifikan, tantangan terkait privasi, autentisitas, dan etika harus dihadapi dengan kebijakan yang jelas danMeskipun strategi ini membawa manfaat yang signifikan, tantangan terkait privasi, autentisitas, dan etika harus dihadapi dengan kebijakan yang jelas dan
YBLIYBLI Produksi sediaan bisa menggunakan peralatan rumah tangga sehingga sangat memungkinkan untuk diproduksi di rumah. Hasil produk yang telah dibuat disukaiProduksi sediaan bisa menggunakan peralatan rumah tangga sehingga sangat memungkinkan untuk diproduksi di rumah. Hasil produk yang telah dibuat disukai
UNISMUHUNISMUH Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar fisika yang diukur menggunkan angket ARCS yang meliputi aspek perhatian (attention)Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar fisika yang diukur menggunkan angket ARCS yang meliputi aspek perhatian (attention)
UNISMUHUNISMUH Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data memperlihatkan bahwa: (1) pada siklusData yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data memperlihatkan bahwa: (1) pada siklus