MAHADEWAMAHADEWA
Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik tentang materi bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma peserta didik kelas X TPA SMKN 1 Cikarang Selatan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X TPA SMKN 1 Cikarang Selatan semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 35 peserta didik. Objek penelitian ini adalah prestasi belajar peserta didik yang diperoleh dengan tes prestasi belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis statistik deskriptif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan diawali dengan tindakan prasiklus. Setiap siklusnya dilakukan kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan tindakan tersebut diperoleh hasil penelitian menunjukan bahwa pada Pra Siklus nilai rata-rata 69,14. Pada Siklus I nilai rata-rata 76,57 dan pada siklus II menjadi 81,57. Ketuntasan belajar dengan nilai KKM sebesar 76, pada Pra Siklus ketuntasan klasikal 37,14%, pada Siklus I ketuntasan klasikal menjadi 60% dan Siklus II menjadi 80%. Respon peserta didik terhadap penggunaan LKPD yang awalnya dari layak menjadi sangat layak serta pembelajaran juga masuk kategori baik. berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik tentang materi bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma peserta didik kelas X TPA SMK N 1 Cikarang Selatan.
Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) secara signifikan meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas X Teknik Pemesinan A SMKN 1 Cikarang Selatan, terbukti dari kenaikan tingkat ketuntasan klasikal dari 37,14 % pada pra‑siklus menjadi 60,00 % pada siklus I dan 80,00 % pada siklus II.Selain itu, kualitas pemanfaatan LKPD juga meningkat, dari kategori “layak pada pra‑siklus menjadi “sangat layak pada siklus I dan II.Kegiatan pembelajaran mengalami perbaikan, beralih dari “cukup pada siklus I menjadi “baik pada siklus II.
Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi sejauh mana Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berpengaruh terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran selain matematika, misalnya pada ilmu pengetahuan alam, untuk menilai apakah efektivitasnya bersifat umum atau spesifik. Selanjutnya, diperlukan studi komparatif antara penggunaan LKPD berbentuk cetak dan versi digital yang diakses melalui perangkat elektronik, guna menilai perbedaan dampak terhadap motivasi, keterlibatan, dan hasil belajar siswa. Penelitian juga dapat melakukan pendekatan longitudinal dengan melibatkan beberapa cohort siswa selama tiga tahun akademik, sehingga dapat mengamati keberlanjutan peningkatan prestasi serta retensi konsep setelah penerapan LKPD. Selain itu, analisis faktor-faktor moderator seperti tingkat kecerdasan emosional atau gaya belajar siswa dapat memberikan wawasan tentang kondisi yang memperkuat atau melemahkan efektivitas LKPD. Penelitian berikutnya sebaiknya memperluas sampel ke beberapa sekolah menengah kejuruan di wilayah yang berbeda, untuk meningkatkan generalisasi temuan. Metode penelitian tindakan kelas dapat dipadukan dengan desain eksperimental semu untuk mengurangi bias internal. Evaluasi kualitas materi LKPD melalui rubrik validitas konten dapat memastikan kesesuaian dengan standar kurikulum. Akhirnya, penelitian dapat mengkaji dampak pelatihan guru dalam merancang dan mengimplementasikan LKPD terhadap kualitas pembelajaran. Dengan demikian, rangkaian studi tersebut diharapkan dapat memperkaya literatur dan praktik pendidikan mengenai media pembelajaran berbasis LKPD.
- Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa | Astuti | Formatif:... doi.org/10.30998/formatif.v2i2.91Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Astuti Formatif doi 10 30998 formatif v2i2 91
- PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI... doi.org/10.24853/fbc.4.2.155-160PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI doi 10 24853 fbc 4 2 155 160
- SENSITIVITAS MENDETEKSI BIAS BUTIR METODE UJI BEDA TARAF SUKAR, KHI-KUADRAT LORD DAN DISTRIBUSI SAMPLING... journal.unj.ac.id/unj/index.php/jep/article/view/6814SENSITIVITAS MENDETEKSI BIAS BUTIR METODE UJI BEDA TARAF SUKAR KHI KUADRAT LORD DAN DISTRIBUSI SAMPLING journal unj ac unj index php jep article view 6814
| File size | 101.39 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UIDUID Penerapan sanksi administrasi dalam Perda Kota Bekasi Nomor 2 Tahun 2012 dianggap efektif berdasarkan data kuesioner (68,33% responden) dan teori SoerjonoPenerapan sanksi administrasi dalam Perda Kota Bekasi Nomor 2 Tahun 2012 dianggap efektif berdasarkan data kuesioner (68,33% responden) dan teori Soerjono
UIDUID Jenis bahan hukum terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan Al-quran Hadist. Teknik pengumpulan bahan hukum yang digunakan adalah studiJenis bahan hukum terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan Al-quran Hadist. Teknik pengumpulan bahan hukum yang digunakan adalah studi
UINKHASUINKHAS Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik harus merancang perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, dan evaluasi yang mencakup tiga jenis asesmen: diagnostik,Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik harus merancang perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, dan evaluasi yang mencakup tiga jenis asesmen: diagnostik,
MAHADEWAMAHADEWA Hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah adanya penerapan model pembelajaran QTR. Pada siklus I nilai rata-rataHasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah adanya penerapan model pembelajaran QTR. Pada siklus I nilai rata-rata
Useful /
UINKHASUINKHAS Perilaku ini sering terjadi pada siswa yang sudah masuk kelas empat. Jadi, peran guru dalam pembentukan karakter kedisiplinan ini sangat penting. GuruPerilaku ini sering terjadi pada siswa yang sudah masuk kelas empat. Jadi, peran guru dalam pembentukan karakter kedisiplinan ini sangat penting. Guru
MAHADEWAMAHADEWA Data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi, sedangkan data hasil belajar diperoleh dari tes akhir siklus. Hasil menunjukkan aktivitasData aktivitas belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi, sedangkan data hasil belajar diperoleh dari tes akhir siklus. Hasil menunjukkan aktivitas
IAIN CURUPIAIN CURUP Namun jika ta‟wil tersebut hanya didasarkan kepada dorongan hawa nafsu dan tidak terpenuhi syarat-syarat yang ditentukan, akibatnya pengalihan maknaNamun jika ta‟wil tersebut hanya didasarkan kepada dorongan hawa nafsu dan tidak terpenuhi syarat-syarat yang ditentukan, akibatnya pengalihan makna
IAIN CURUPIAIN CURUP Hal ini terlihat dari banyaknya ayat al-Quran dan hadis yang menjelaskan tentang kepemimpinan. Disamping itu secara politis hukum Islam tidak akan dapatHal ini terlihat dari banyaknya ayat al-Quran dan hadis yang menjelaskan tentang kepemimpinan. Disamping itu secara politis hukum Islam tidak akan dapat