INTELEKTUALINTELEKTUAL
0This study aimed to see Ahmad Dahlans concept of educational thought and Ahmad Dahlans concept of education in ordering Muhammadiyah student association (IPM) character. This study used a descriptive narrative qualitative research. The research was conducted at Muhammadiyah Kalibening Senior High School, Banjarnegara Regency. The research process was carried out using interview techniques, observation and documentation with data triangulation analysis techniques. The research analysis found that IPM activities lead to Ahmad Dahlans educational thinking which can form disciplinary attitudes, responsibility, and have broad insights. IPM activities in this school are included in the school curriculum. Students who join the IPM will try to be introspective and discipline themselves in worship and social interactions. The activities of the Muhammadiyah Student Association are implemented in the applicable school curriculum.
Ahmad Dahlans struggle to advance education has not ended.The next generation is still fighting for the ideals of warriors in education.Through education to be able to form the morality of students.The morals that are formed must be based on al-quran and al-hadiths.The behavior that is formed is expected not only to take place in schools but also in the life of the wider community.The Muhammadiyah Student Association, which is a dawah movement among Muhammadiyah students, aims to form students who are knowledgeable and have noble character.IPM has an ethos of progress and Islam.IPM is able to balance and accept advances in science and technology without giving up the Islamic guidelines of Alquran and Sunnah.
Berdasarkan penelitian ini, terdapat beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan. Pertama, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengeksplorasi bagaimana IPM dapat diintegrasikan dengan lebih efektif ke dalam kurikulum sekolah Muhammadiyah untuk meningkatkan karakter siswa secara holistik. Hal ini dapat mencakup pengembangan model pembelajaran inovatif yang menggabungkan nilai-nilai Muhammadiyah dengan kebutuhan perkembangan siswa di era digital. Kedua, penelitian kualitatif mendalam dapat dilakukan untuk memahami secara lebih mendalam pengalaman dan persepsi siswa, guru, dan orang tua terkait peran IPM dalam pembentukan karakter siswa. Pendekatan ini dapat memberikan wawasan berharga tentang faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas program IPM. Ketiga, studi komparatif dapat dilakukan untuk membandingkan efektivitas model IPM di berbagai sekolah Muhammadiyah dengan karakteristik yang berbeda, sehingga dapat diidentifikasi praktik-praktik terbaik yang dapat direplikasi dan disesuaikan dengan konteks lokal. Dengan menggabungkan ketiga saran ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan model pendidikan karakter yang relevan dan efektif di sekolah Muhammadiyah.
| File size | 306.5 KB |
| Pages | 7 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNISLAUNISLA Penelitian survey ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi siswa SMK terhadap penggunaan TBL dalam kelas berbicara. Data kuantitatif dikumpulkan melaluiPenelitian survey ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi siswa SMK terhadap penggunaan TBL dalam kelas berbicara. Data kuantitatif dikumpulkan melalui
UNIBUNIB Hasil menunjukkan bahwa keterampilan mendengar dan berbicara menjadi prioritas utama. Topik berbicara yang paling penting meliputi reservasi penerbangan,Hasil menunjukkan bahwa keterampilan mendengar dan berbicara menjadi prioritas utama. Topik berbicara yang paling penting meliputi reservasi penerbangan,
UNIBUNIB Penelitian ini menunjukkan bahwa novel-novel KKPK dan Teen-Lit dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan bahasaPenelitian ini menunjukkan bahwa novel-novel KKPK dan Teen-Lit dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan bahasa
UNIBUNIB Students actively participated while playing the game in groups, demonstrating improved learning outcomes. The study confirms that utilizing the MasterStudents actively participated while playing the game in groups, demonstrating improved learning outcomes. The study confirms that utilizing the Master
Useful /
IAIN MADURAIAIN MADURA Program ini dapat dilakukan melalui dua pendekatan disiplin, yaitu pendekatan disiplin Ilmu Ekonomi (Economics dominance) dan pendekatan disiplin IlmuProgram ini dapat dilakukan melalui dua pendekatan disiplin, yaitu pendekatan disiplin Ilmu Ekonomi (Economics dominance) dan pendekatan disiplin Ilmu
AHMADDAHLANAHMADDAHLAN 500 ekor ayam siap telur dengan model kandang baterai bertingkat. Produksi telur ayam cukup stabil, yaitu sekitar 80% dari jumlah ayam yang ada. Namun,500 ekor ayam siap telur dengan model kandang baterai bertingkat. Produksi telur ayam cukup stabil, yaitu sekitar 80% dari jumlah ayam yang ada. Namun,
INTELEKTUALINTELEKTUAL Wawancara dilakukan terhadap 60 kepala sekolah menengah dan survei berbasis kuesioner dilakukan terhadap 500 guru dari beberapa sekolah yang dipilih dariWawancara dilakukan terhadap 60 kepala sekolah menengah dan survei berbasis kuesioner dilakukan terhadap 500 guru dari beberapa sekolah yang dipilih dari
IJAINIJAIN Some research combines FMCDM methods to improve assessment, and some integrate FMCDM with GIS for land clearing. It is concluded that land clearing issuesSome research combines FMCDM methods to improve assessment, and some integrate FMCDM with GIS for land clearing. It is concluded that land clearing issues