ABULYATAMAABULYATAMA
Jurnal Dedikasi PendidikanJurnal Dedikasi PendidikanBerdasarkan hasil observasi dilapangan terhadap pembelajaran fisika, ditemukan permasalahan bahwa saat proses belajar mengajar berlangsung masih belum student center dengan kata lain masih konvensional. Proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru tersebut merupakan aktifitas menyimpan informasi dalam pikiran siswa yang pasif dan dianggap kosong, siswa hanya menerima informasi verbal dari buku dan guru. Padahal pembelajaran fisika didasarkan pada prinsip-prinsip ilmiah baik proses, produk mau pun sikap ilmiah yang harus berorientasi pada inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian adalah mengetahui : 1) Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model inkuiri terbimbing, 2) Aktifitas guru dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan model inkuiri terbimbing, 3) Aktifitas siswa dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan model inkuiri terbimbing, 4) Respon siswa terhadap model pembelajaran dalam proses belajar mengajar kelas XI IPA 1 MAN Darussalam tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 24 siswa. Data penelitian diperoleh dari tes, observasi dan angket, yakni menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif dengan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa: 1)hasil tes keterampilan berpikir kritis diperoleh nilai (56,45) pada siklus I, (63,96) pada siklus II dan (72,70) pada siklus III. 2) aktifitas guru yang dominan muncul yaitu aspek merencanakan dan melaksanakan penyelidikan sederhana dan mengkomunikasikan hasil penyelidikan (14,6%). 3) Aktifitas siswa yang dominan muncul adalah aspek merumuskan masalah dan mengkomunikasikan hasil penyelidikan (14,6%). 4) Tanggapan siswa merasa terbantu dengan adanya model pembelajaran inkuiri terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing mencapai persentase tertinggi 94,21%.
Penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada konsep elastisitas di kelas XI MAN Darussalam Kabupaten Aceh Besar terbukti meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa secara signifikan, dengan rata-rata nilai yang meningkat dari 56,45 pada siklus I menjadi 72,70 pada siklus III.Aktivitas guru yang paling menonjol selama pembelajaran adalah melaksanakan penyelidikan sederhana dan mengomunikasikan hasil penelitian (14,6%), sedangkan siswa paling aktif merumuskan masalah dan menyajikan hasil penelitian dengan persentase yang sama.Respon siswa terhadap penerapan model inkuiri terbimbing sangat positif, sehingga model ini direkomendasikan untuk digunakan pada pembelajaran konsep fisika selanjutnya.
Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi fisika lain di jenjang SMA, seperti gelombang, listrik, atau optik, untuk menilai konsistensi peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa di berbagai topik dan karakteristik materi. Selain itu, perlu dilakukan studi komparatif yang membandingkan efektivitas inkuiri terbimbing dengan model pembelajaran lain, misalnya problem based learning atau model diskusi berbasis proyek, sehingga diperoleh bukti empiris yang lebih kuat tentang keunggulan relatif setiap pendekatan terhadap respon dan capaian berpikir kritis siswa. Kemudian, penelitian lanjutan juga sebaiknya memasukkan pengukuran jangka panjang dengan melakukan follow up beberapa bulan setelah intervensi, guna menguji daya tahan atau retensi keterampilan berpikir kritis yang diperoleh melalui inkuiri terbimbing. Terakhir, studi dapat mengkaji faktor pendukung dan penghambat implementasi inkuiri terbimbing, seperti kondisi kelas, kesiapan guru, dan dukungan teknologi pembelajaran, agar rekomendasi penerapan dapat lebih praktis dan kontekstual dalam berbagai lingkungan sekolah. Selain itu, kajian selanjutnya dapat melibatkan variabel motivasi dan sikap ilmiah siswa, untuk melihat hubungan antara proses inkuiri terbimbing dengan aspek afektif dalam pembelajaran fisika.
| File size | 893.75 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | Report |
Related /
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Program PkM di MA Mambaul Ulum Paiton berhasil meningkatkan keterampilan siswa kelas XII dalam menggunakan Microsoft Word. Pelatihan berbasis praktik danProgram PkM di MA Mambaul Ulum Paiton berhasil meningkatkan keterampilan siswa kelas XII dalam menggunakan Microsoft Word. Pelatihan berbasis praktik dan
MAHESA CENTERMAHESA CENTER Pengenalan budaya ini dilakukan agar setiap anak memiliki rasa toleransi, saling menghargai, dan saling menghormati perbedaan budaya yang ada. Hasil analisisPengenalan budaya ini dilakukan agar setiap anak memiliki rasa toleransi, saling menghargai, dan saling menghormati perbedaan budaya yang ada. Hasil analisis
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Perkembangan seni anak setelah pelaksanaan metode bermain, siklus I nilai rata-ratanya sebesar 69, siklus II sebesar 85 dengan. Dapat disimpulkan bahwaPerkembangan seni anak setelah pelaksanaan metode bermain, siklus I nilai rata-ratanya sebesar 69, siklus II sebesar 85 dengan. Dapat disimpulkan bahwa
POLNESPOLNES Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan kuisioner kemudian dianalisis menggunakan uji asumsi klasik, regresi sederhana, dan uji t. Hasil penelitianData dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan kuisioner kemudian dianalisis menggunakan uji asumsi klasik, regresi sederhana, dan uji t. Hasil penelitian
AISYAHUNIVERSITYAISYAHUNIVERSITY Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan korelasional, melibatkan 30 siswa sebagai sampel. Hasil kuesioner danMetode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan korelasional, melibatkan 30 siswa sebagai sampel. Hasil kuesioner dan
UNIMALUNIMAL Ketentuan hukum adat laot tentang bagi hasil masih relevan dan diterapkan, mengatur hubungan antara nelayan dan pemilik modal serta sistem bagi hasil antarKetentuan hukum adat laot tentang bagi hasil masih relevan dan diterapkan, mengatur hubungan antara nelayan dan pemilik modal serta sistem bagi hasil antar
UDSUDS Tersedak dapat mengakibatkan kematian karena kurangnya pengetahuan tentang penanganan tersedak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasiTersedak dapat mengakibatkan kematian karena kurangnya pengetahuan tentang penanganan tersedak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi
KOMPETIFKOMPETIF Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,628 menunjukkan bahwa 62,8 % variasi return saham dapat dijelaskan oleh ketiga variabel tersebut, sedangkanNilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,628 menunjukkan bahwa 62,8 % variasi return saham dapat dijelaskan oleh ketiga variabel tersebut, sedangkan
Useful /
ABULYATAMAABULYATAMA Salah satu materi yang diajarkan dalam ilmu Kimia adalah reaksi Reduksi dan Oksidasi (redoks). Untuk memudahkan pemahaman tentang konsep reaksi redoksSalah satu materi yang diajarkan dalam ilmu Kimia adalah reaksi Reduksi dan Oksidasi (redoks). Untuk memudahkan pemahaman tentang konsep reaksi redoks
ABULYATAMAABULYATAMA Hal ini membawa konsekuensi kepada guru untuk meningkatkan peranan dan kompetensinya. Kepala sekolah melaksanakan supervisi akademik tersebut adalah untukHal ini membawa konsekuensi kepada guru untuk meningkatkan peranan dan kompetensinya. Kepala sekolah melaksanakan supervisi akademik tersebut adalah untuk
ABULYATAMAABULYATAMA Membuat guru mengajar peserta didik dapat dilaksanakan dengan baik, kualitas proses pembelajaran tercipta yang berindikasi kepada standar kelulusan diperolehMembuat guru mengajar peserta didik dapat dilaksanakan dengan baik, kualitas proses pembelajaran tercipta yang berindikasi kepada standar kelulusan diperoleh
MAHESA CENTERMAHESA CENTER Penelitian ini menegaskan bahwa Edmodo sebagai media pembelajaran berbasis teknologi informasi mampu mendukung pembelajaran Seni Budaya dengan cara yangPenelitian ini menegaskan bahwa Edmodo sebagai media pembelajaran berbasis teknologi informasi mampu mendukung pembelajaran Seni Budaya dengan cara yang