UNISLAUNISLA

E-LINK JOURNALE-LINK JOURNAL

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menentukan apakah strategi tersebut secara signifikan meningkatkan keterampilan pemahaman bacaan siswa. Desain penelitian ini menggunakan desain riset untuk siswa kelas VIII SMP Bayt Tamyiz Tukdana-Indramayu pada tahun akademik 2024/2025. Populasi penelitian terdiri dari kelas VIII SMP Bayt Tamyiz, yang berjumlah 25 siswa dalam satu kelas, dan penelitian ini hanya dilakukan di satu kelas. Untuk memperoleh data penelitian, peneliti menggunakan tes sebagai instrumen, yang mencakup pretest dan posttest, masing-masing terdiri dari 10 pertanyaan pilihan ganda. Proses pembelajaran dilakukan dalam tiga pertemuan, yang menghasilkan rata-rata posttest, sehingga peneliti melakukan paired sample T-test untuk menganalisis data, yang menunjukkan skor rata-rata posttest sebesar 79,83, sementara skor rata-rata pretest sebesar 50,86. Dengan skor signifikansi 0,000 (kurang dari 0,005), hipotesis nol (H0) ditolak, dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Oleh karena itu, terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan Metode Strategi Bertanya pada bacaan. Strategi bertanya tidak hanya meningkatkan pemahaman tetapi juga meningkatkan kemampuan siswa untuk membuat kesimpulan dari teks. Kesimpulannya, strategi bertanya terbukti sebagai metode yang efektif untuk mengajar membaca, mempromosikan pemahaman dan keterlibatan yang lebih baik di antara siswa sekolah menengah pertama.

Berdasarkan analisis data, metode Strategi Bertanya terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman bacaan siswa kelas VIII SMP Bayt Tamyiz pada tahun akademik 2024/2025.Hasil pretest menunjukkan skor rata-rata pemahaman bacaan yang sedang, sedangkan posttest menunjukkan peningkatan signifikan dengan skor rata-rata yang lebih tinggi, sehingga hipotesis nol ditolak dan metode ini dinilai sebagai strategi yang bermanfaat untuk pembelajaran membaca.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi apakah penggabungan strategi bertanya dengan metode berbasis teknologi, seperti aplikasi digital untuk latihan bacaan interaktif, dapat lebih meningkatkan pemahaman teks prosa siswa SMP di daerah rural seperti Indramayu, sehingga menghasilkan data empiris lebih luas tentang dampaknya pada keterlibatan siswa. Selain itu, diperlukan studi longitudinal yang menyelidiki efek jangka panjang strategi bertanya terhadap motivasi intrinsik siswa dalam membaca teks akademik secara mandiri, dengan menggunakan sampel multi-kelas untuk memastikan generalisasi hasil dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris di sekolah menengah. Penelitian baru juga bisa fokus pada adaptasi strategi bertanya untuk siswa dengan tingkat kecakapan pra-test yang sangat rendah, dengan pertanyaan penelitian seperti Bagaimana modifikasi strategi bertanya dapat mengakomodasi variasi kosa kata siswa dalam pemahaman bacaan deskriptif?, untuk mengembangkan pendekatan yang lebih inklusif dan efektif bagi populasi siswa yang beragam di lingkungan pendidikan Islam berbasis sekolah dan pesantren.

  1. #siswa kela ii#siswa kela ii
  2. #siswa sekolah menengah#siswa sekolah menengah
Read online
File size218.47 KB
Pages14
DMCAReport

Related /

ads-block-test