UNISLAUNISLA
E-LINK JOURNALE-LINK JOURNALTujuan utama penelitian ini adalah untuk menentukan apakah strategi tersebut secara signifikan meningkatkan keterampilan pemahaman bacaan siswa. Desain penelitian ini menggunakan desain riset untuk siswa kelas VIII SMP Bayt Tamyiz Tukdana-Indramayu pada tahun akademik 2024/2025. Populasi penelitian terdiri dari kelas VIII SMP Bayt Tamyiz, yang berjumlah 25 siswa dalam satu kelas, dan penelitian ini hanya dilakukan di satu kelas. Untuk memperoleh data penelitian, peneliti menggunakan tes sebagai instrumen, yang mencakup pretest dan posttest, masing-masing terdiri dari 10 pertanyaan pilihan ganda. Proses pembelajaran dilakukan dalam tiga pertemuan, yang menghasilkan rata-rata posttest, sehingga peneliti melakukan paired sample T-test untuk menganalisis data, yang menunjukkan skor rata-rata posttest sebesar 79,83, sementara skor rata-rata pretest sebesar 50,86. Dengan skor signifikansi 0,000 (kurang dari 0,005), hipotesis nol (H0) ditolak, dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Oleh karena itu, terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan Metode Strategi Bertanya pada bacaan. Strategi bertanya tidak hanya meningkatkan pemahaman tetapi juga meningkatkan kemampuan siswa untuk membuat kesimpulan dari teks. Kesimpulannya, strategi bertanya terbukti sebagai metode yang efektif untuk mengajar membaca, mempromosikan pemahaman dan keterlibatan yang lebih baik di antara siswa sekolah menengah pertama.
Berdasarkan analisis data, metode Strategi Bertanya terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman bacaan siswa kelas VIII SMP Bayt Tamyiz pada tahun akademik 2024/2025.Hasil pretest menunjukkan skor rata-rata pemahaman bacaan yang sedang, sedangkan posttest menunjukkan peningkatan signifikan dengan skor rata-rata yang lebih tinggi, sehingga hipotesis nol ditolak dan metode ini dinilai sebagai strategi yang bermanfaat untuk pembelajaran membaca.
Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi apakah penggabungan strategi bertanya dengan metode berbasis teknologi, seperti aplikasi digital untuk latihan bacaan interaktif, dapat lebih meningkatkan pemahaman teks prosa siswa SMP di daerah rural seperti Indramayu, sehingga menghasilkan data empiris lebih luas tentang dampaknya pada keterlibatan siswa. Selain itu, diperlukan studi longitudinal yang menyelidiki efek jangka panjang strategi bertanya terhadap motivasi intrinsik siswa dalam membaca teks akademik secara mandiri, dengan menggunakan sampel multi-kelas untuk memastikan generalisasi hasil dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris di sekolah menengah. Penelitian baru juga bisa fokus pada adaptasi strategi bertanya untuk siswa dengan tingkat kecakapan pra-test yang sangat rendah, dengan pertanyaan penelitian seperti Bagaimana modifikasi strategi bertanya dapat mengakomodasi variasi kosa kata siswa dalam pemahaman bacaan deskriptif?, untuk mengembangkan pendekatan yang lebih inklusif dan efektif bagi populasi siswa yang beragam di lingkungan pendidikan Islam berbasis sekolah dan pesantren.
| File size | 218.47 KB |
| Pages | 14 |
| DMCA | Report |
Related /
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Ingin mengetahui seberapa besar minat siswa belajar dengan menggunakan media pembelajaran. Penelitian Tindakan dilaksanakan melalui tiga siklus denganIngin mengetahui seberapa besar minat siswa belajar dengan menggunakan media pembelajaran. Penelitian Tindakan dilaksanakan melalui tiga siklus dengan
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Telah terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dengan penerapan Metode Role Playing dalam pembelajaran Seni Budaya di Kelas VII-5 SMP Negeri 1 PatumbakTelah terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dengan penerapan Metode Role Playing dalam pembelajaran Seni Budaya di Kelas VII-5 SMP Negeri 1 Patumbak
POLNAMPOLNAM Dari penelitian ini dapat dilihat pengaruh yang signifikan yaitu 88 % mahasiswa sangat aktif dalam perkualiahan dan sangat antusias pada saat memainkanDari penelitian ini dapat dilihat pengaruh yang signifikan yaitu 88 % mahasiswa sangat aktif dalam perkualiahan dan sangat antusias pada saat memainkan
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Pertanyaan-pertanyaan tersebut membahas tiga poin utama: tujuan pengajaran bahasa Inggris di sekolah dasar, penggabungan konten lokal ke dalam materi bahasaPertanyaan-pertanyaan tersebut membahas tiga poin utama: tujuan pengajaran bahasa Inggris di sekolah dasar, penggabungan konten lokal ke dalam materi bahasa
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kompetensi siswa, yang menunjukkan kemampuan program ini untuk menjembatani kesenjangan keterampilanHasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kompetensi siswa, yang menunjukkan kemampuan program ini untuk menjembatani kesenjangan keterampilan
ARIPIARIPI Siswa laki-laki menunjukkan performa lebih tinggi dengan persentase 81,38% dibandingkan siswa perempuan sebesar 77,14%. Hasil ini konsisten dengan temuanSiswa laki-laki menunjukkan performa lebih tinggi dengan persentase 81,38% dibandingkan siswa perempuan sebesar 77,14%. Hasil ini konsisten dengan temuan
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei. Subjek penelitian yaitu siswa SMP dengan besar sampel 377 dari populasi sebesar 6. 658. Sampel dalamPenelitian ini menggunakan desain penelitian survei. Subjek penelitian yaitu siswa SMP dengan besar sampel 377 dari populasi sebesar 6. 658. Sampel dalam
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki aktivitas dan hasil belajar IPA terpaduPenelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki aktivitas dan hasil belajar IPA terpadu
Useful /
UMKUMK Sebaliknya, rasio profitabilitas yang lebih tinggi mengurangi risiko krisis keuangan. Temuan ini dapat membantu regulator dan pembuat kebijakan dalam merumuskanSebaliknya, rasio profitabilitas yang lebih tinggi mengurangi risiko krisis keuangan. Temuan ini dapat membantu regulator dan pembuat kebijakan dalam merumuskan
UMKUMK Penelitian di Indonesia masih terbatas dalam menjelajahi peran pengalaman multisensori terhadap manfaat kesehatan mental wisatawan. Dua teori utama digunakan,Penelitian di Indonesia masih terbatas dalam menjelajahi peran pengalaman multisensori terhadap manfaat kesehatan mental wisatawan. Dua teori utama digunakan,
UNDIKSHAUNDIKSHA Metode yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan pendekatan laporan keuangan berupa rasio keuangan yaitu Current Ratio (CR), Debt to Equity RatioMetode yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan pendekatan laporan keuangan berupa rasio keuangan yaitu Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio
UNUSAUNUSA Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Peningkatan kemampuanHasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Peningkatan kemampuan