UMMIUMMI
Jurnal Perseda : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah DasarJurnal Perseda : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah DasarPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan rendahnya minat membaca siswa di perpustakaan SD Negeri 01 Kelekar. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini yaitu siswa di SD Negeri 01 Kelekar. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan cara mereduksi, display dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi minat baca siswa. Faktor eksternal meliputi faktor lingkungan keluarga yang kurang mendukung dan memberikan motivasi terhadap membaca siswa, lingkungan sekolah kurang kondusif seperti tidak menyediakan tempat membaca selain perpustakaan, faktor infrastruktur masyarakat yang kurang mendukung peningkatan minat membaca yang memberi contoh lebih memilih pergi ke tempat hiburan daripada pergi ke toko buku, faktor keberadaan dan kejangkauan bahan bacaan seperti buku pelajaran yang dicari siswa belum lengkap dan buku diperpustakaan belum beranekaragam. Sedangkan faktor internal meliputi kemampuan membaca siswa yakni terdapat siswa yang mengalami kesulitan membaca, masih banyak siswa yang belum memahami isi bacaan, siswa membaca buku atas perintah guru, siswa membaca buku tidak atas kebutuhannya seperti siswa lebih memilih membaca buku dongeng, cerita dan puisi ketimbang membaca buku pelajaran serta siswa menyelesaikan tugas melihat internet dari pada buku.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan penelitian yang didapat dari observasi, wawancara dan angket, peneliti menarik kesimpulan mengenai rendahnya minat membaca siswa kelas III di perpustakaan SD Negeri 1 Kelekar bahwa terdapat dua faktor yang menjadi penyebab rendahnya minat baca siswa yakni faktor eksternal meliputi faktor lingkungan keluarga yang kurang mendukung dan memberikan motivasi terhadap membaca siswa, faktor kurikulum dan pendidikan sekolah yang kurang kondusif seperti tidak menyediakan tempat membaca selain perpustakaan, faktor infrastruktur masyarakat yang kurang mendukung peningkatan minat membaca yang memberi contoh lebih memilih pergi ke tempat hiburan daripada pergi ke toko buku, faktor keberadaan dan kejangkauan bahan bacaan seperti buku pelajaran belum lengkap, koleksi buku yang dicari siswa juga belum lengkap dan buku diperpustakaan belum beranekaragam.Sedangkan faktor internal meliputi kemampuan membaca siswa yakni terdapat siswa yang mengalami kesulitan membaca, masih banyak siswa yang belum memahami isi bacaan, siswa membaca buku atas perintah guru, siswa membaca buku tidak atas kebutuhannya seperti siswa lebih memilih membaca buku dongeng, cerita dan puisi ketimbang membaca buku pelajaran serta siswa menyelesaikan tugas melihat internet dari pada buku.
Berdasarkan hasil pembahasna dan kesimpulan di atas, maka peneliti memberikan saran sebagai berikut: Pertama, orang tua siswa perlu lebih aktif dalam memberikan motivasi dan membimbing anak-anaknya untuk gemar membaca, serta menyediakan akses buku yang beragam di rumah. Kedua, pihak perpustakaan sekolah sebaiknya terus berupaya memperbanyak koleksi buku yang relevan dengan minat siswa dan memastikan fasilitas perpustakaan nyaman digunakan. Ketiga, sekolah dapat berinovasi dalam menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan mendorong siswa untuk aktif mencari informasi melalui buku, sehingga minat baca mereka dapat terus meningkat.
| File size | 228.37 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | Report |
Related /
ITB ADITB AD Melalui Perceived Service Quality, Servicescape berpengaruh langsung dan cukup besar terhadap minat kunjung ulang. Perceived Service Quality dapat memediasiMelalui Perceived Service Quality, Servicescape berpengaruh langsung dan cukup besar terhadap minat kunjung ulang. Perceived Service Quality dapat memediasi
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Upaya ini tidak hanya memenuhi kebutuhan pendidikan, akan tetapi juga memperkuat kualitas pendidikan secara keseluruhan yang berkontribusi pada pertumbuhanUpaya ini tidak hanya memenuhi kebutuhan pendidikan, akan tetapi juga memperkuat kualitas pendidikan secara keseluruhan yang berkontribusi pada pertumbuhan
ARIPIARIPI Dengan demikian, tingkat perkembangan Gross Motor Skill Activities siswa kelas I SDN 6 Demuk pada tahun ajaran 2023/2024 dapat dikategorikan tinggi. TingkatDengan demikian, tingkat perkembangan Gross Motor Skill Activities siswa kelas I SDN 6 Demuk pada tahun ajaran 2023/2024 dapat dikategorikan tinggi. Tingkat
UNDIKSHAUNDIKSHA Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang telah divalidasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh pembelajaranData dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang telah divalidasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh pembelajaran
UNDIKSHAUNDIKSHA Guru sebagai pelaku utama pembelajaran seringkali tidak menggunakan media pembelajaran untuk menunjang hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untukGuru sebagai pelaku utama pembelajaran seringkali tidak menggunakan media pembelajaran untuk menunjang hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
POLIMEDIAPOLIMEDIA Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan praktek penggunaan dan Bahasa Inggris oleh masing-masing peserta atau staf. Pertama berisi pemaparan materi olehKemudian, kegiatan dilanjutkan dengan praktek penggunaan dan Bahasa Inggris oleh masing-masing peserta atau staf. Pertama berisi pemaparan materi oleh
UNISLAUNISLA Berdasarkan analisis data, masalah utama siswa SMA Negeri 1 Sukodadi dalam berbicara bahasa Inggris meliputi kurangnya pemahaman tentang komponen berbicara,Berdasarkan analisis data, masalah utama siswa SMA Negeri 1 Sukodadi dalam berbicara bahasa Inggris meliputi kurangnya pemahaman tentang komponen berbicara,
ELTAORGANIZATIONELTAORGANIZATION Pembelajaran kosakata sering dianggap membosankan oleh para pelajar, terutama bagi mereka yang dibesarkan di era digital. Penggunaan permainan daring dalamPembelajaran kosakata sering dianggap membosankan oleh para pelajar, terutama bagi mereka yang dibesarkan di era digital. Penggunaan permainan daring dalam
Useful /
UNDIKSHAUNDIKSHA Survei dilakukan pada 11 SMK yang terdiri dari 81 guru kewirausahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan lingkungan institusi berupa aspek kognitif,Survei dilakukan pada 11 SMK yang terdiri dari 81 guru kewirausahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan lingkungan institusi berupa aspek kognitif,
UACUAC Setelah pengumpulan data, kami melanjutkan analisis dan interpretasi mendalam dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Analisis dan interpretasi meliputiSetelah pengumpulan data, kami melanjutkan analisis dan interpretasi mendalam dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Analisis dan interpretasi meliputi
UMAUMA Pemerintah Kota Bandung merupakan Pemerintah Daerah Kota Pertama di Indonesia yang menerapkan program OD sebagai salah satu bentuk layanan publik di eraPemerintah Kota Bandung merupakan Pemerintah Daerah Kota Pertama di Indonesia yang menerapkan program OD sebagai salah satu bentuk layanan publik di era
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Penelitian ini bertujuan untuk menguji. Metode kuasi-eksperimen digunakan dengan desain pretest–posttest control group melibatkan 60 siswa kelas V diPenelitian ini bertujuan untuk menguji. Metode kuasi-eksperimen digunakan dengan desain pretest–posttest control group melibatkan 60 siswa kelas V di