MAHADEWAMAHADEWA

Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Indonesian Journal of Educational Development (IJED)

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIIC SMP Negeri 4 Kediri-Tabanan dengan menerapkan metode Index Card Match (ICM). Jenis penelitian adalah Penelitian Tindak Kelas yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 dari bulan Agustus sampai dengan November 2019. Subjek penelitian siswa kelas VIIC SMP Negeri 4 Kediri-Tabanan, sedangkan objek dalam penelitian adalah keaktifan dan hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dukumenasi dan tes. Analisis data menggunakan model analisis deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah nilai KKM sebesar 72 dan keaktifan siswa meningkat dengan capaian minimal baik. penelitian dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan evaluasi, serta refleksi disetiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan metode Index Card Match (ICM) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIIC SMP Negeri 4 Kediri-Tabanan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran berupa kegiatan bertanya dan menjawab serta dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 33% menjadi 93% pada siklus II.

Berdasarkan hasil pembahasan, penerapan metode Index Card Match (ICM) dalam pembelajaran IPS di kelas VIIC SMP Negeri 4 Kediri-Tabanan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.Peningkatan ini teramati dari meningkatnya aktivitas siswa dalam bertanya dan menjawab, serta peningkatan ketuntasan belajar dari 33,33% pada siklus I menjadi 93,33% pada siklus II.Metode ini juga membantu siswa mengambil inisiatif dan memupuk rasa tanggung jawab, serta mendorong persaingan positif untuk mencapai kesuksesan.

Penelitian ini berhasil menunjukkan efektivitas metode Index Card Match dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk mengeksplorasi penggunaan metode ini pada mata pelajaran lain atau jenjang pendidikan yang berbeda, sehingga dapat diketahui apakah efektivitasnya konsisten di berbagai konteks. Selain itu, penting juga untuk meneliti faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi keberhasilan implementasi metode ini, seperti gaya belajar siswa atau karakteristik materi pelajaran. Studi lebih lanjut juga dapat difokuskan pada pengembangan variasi metode Index Card Match yang lebih inovatif dan adaptif, misalnya dengan mengintegrasikan teknologi digital atau elemen-elemen permainan (gamifikasi) untuk meningkatkan daya tarik dan efektivitas pembelajaran. Dengan demikian, pemahaman mengenai potensi dan batasan metode Index Card Match akan semakin komprehensif, sehingga dapat diimplementasikan secara optimal dalam berbagai situasi pembelajaran.

  1. DOI Name 10.36312 Values. name values index type timestamp data serv crossref email support desc prefix... doi.org/10.36312DOI Name 10 36312 Values name values index type timestamp data serv crossref email support desc prefix doi 10 36312
  2. SENSITIVITAS MENDETEKSI BIAS BUTIR METODE UJI BEDA TARAF SUKAR, KHI-KUADRAT LORD DAN DISTRIBUSI SAMPLING... journal.unj.ac.id/unj/index.php/jep/article/view/6814SENSITIVITAS MENDETEKSI BIAS BUTIR METODE UJI BEDA TARAF SUKAR KHI KUADRAT LORD DAN DISTRIBUSI SAMPLING journal unj ac unj index php jep article view 6814
  1. #hasil analisis data#hasil analisis data
  2. #siswa kela ii#siswa kela ii
File size493.39 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test