EDUPEDEDUPED
Progressive of Cognitive and AbilityProgressive of Cognitive and AbilityPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Concept Attainment Model (CAM) menggunakan alat permainan edukatif fun book dalam meningkatkan pemahaman materi bangun ruang dan bangun datar pada peserta didik kelas 1 SDN Karangrejo 06. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam bentuk siklus–siklus. Subyek penelitianny adalah peserta didik kelas I UPTD Satdik SDN Karangrejo 06 tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 28 orang. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan lembar observasi. Adapun analisis data menggunakan kriteria ketuntasan belajar, yaitu Peserta didik dikatakan tuntas jika nilainya mencapai lebih dari 70 dan daya serap klasikal 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran CAM menggunakan media fun book dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar kelompok peserta didik pada muatan matematika untuk kompetensi dasar mengenal bangun ruang. Selain itu juga, penerapan pembelajaran CAM menggunakan media fun book dapat meningkatkan aktifitas belajar peserta didik pada muatan matematika untuk kompetensi dasar mengenal bangun ruang.
Dengan diterapkannya metode pembelajaran Concept Attainment menggunakan Media Fun Book pada penelitian tindakan kelas di UPTD Satdik SDN Karangrejo 06 dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Concept Attainment menggunakan Media Fun Book dapat meningkatkan aktifitas belajar peserta didik untuk muatan matematika untuk kompetensi dasar mengenal bangun ruang, serta meningkatkan ketuntasan hasil belajar kelompok peserta didik pada muatan matematika untuk kompetensi dasar mengenal bangun ruang.
Berdasarkan hasil penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan dengan membandingkan efektivitas penerapan Concept Attainment Model (CAM) dengan metode pembelajaran lain pada materi matematika yang berbeda, untuk mengetahui metode mana yang paling optimal dalam meningkatkan pemahaman siswa. Kedua, penelitian dapat diperluas dengan melibatkan jumlah peserta didik yang lebih besar dan dari berbagai latar belakang sosial ekonomi, guna menguji generalisasi temuan penelitian ini. Ketiga, studi lanjutan dapat menggali lebih dalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penerapan CAM, seperti gaya belajar siswa, kemampuan guru dalam mengimplementasikan model, dan dukungan lingkungan sekolah, sehingga dapat dirumuskan strategi implementasi yang lebih efektif dan komprehensif. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan model pembelajaran matematika yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan peserta didik di era modern.
| File size | 517.31 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNNESUNNES Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan minat belajar, kreativitas, dan pemahaman siswa melalui integrasi permainan tradisional Tapak Gunung denganTujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan minat belajar, kreativitas, dan pemahaman siswa melalui integrasi permainan tradisional Tapak Gunung dengan
EDUPEDEDUPED Guru Pendidikan Agama Islam berperan penting dalam membentuk karakter siswa di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui upaya guru PAI dalam membentukGuru Pendidikan Agama Islam berperan penting dalam membentuk karakter siswa di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui upaya guru PAI dalam membentuk
EDUPEDEDUPED Analisis data pada penelitian kualitatif yaitu menafsirkan hasil observasi yang peneliti lakukan, sedangkan analisis pada penelitian kuantitatif menggunakanAnalisis data pada penelitian kualitatif yaitu menafsirkan hasil observasi yang peneliti lakukan, sedangkan analisis pada penelitian kuantitatif menggunakan
EDUPEDEDUPED Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 4 Tulungagung dan sampel yang digunakan adalah kelas VIII‑G danPopulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 4 Tulungagung dan sampel yang digunakan adalah kelas VIII‑G dan
Useful /
UNNESUNNES Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi untuk implementasi layanan bimbingan dan konseling di sekolah, khususnya dalam mengatasi masalah psikologisPenelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi untuk implementasi layanan bimbingan dan konseling di sekolah, khususnya dalam mengatasi masalah psikologis
EDUPEDEDUPED (2) Praktis dilihat dari kemampuan guru mengelola pembelajaran dan respon siswa selama pembelajaran karena mampu menciptakan suasana pembelajaran yang(2) Praktis dilihat dari kemampuan guru mengelola pembelajaran dan respon siswa selama pembelajaran karena mampu menciptakan suasana pembelajaran yang
EDUPEDEDUPED artinya siswa putra kelas 5A dan 5B makin baik kecepatan larinya, b) siklus 1 skor rata-rata 2. 40 dilakukan tes tanpa latihan lari 100 meter terlebihartinya siswa putra kelas 5A dan 5B makin baik kecepatan larinya, b) siklus 1 skor rata-rata 2. 40 dilakukan tes tanpa latihan lari 100 meter terlebih
ISI YogyakartaISI Yogyakarta Kajian lebih lanjut diperlukan untuk merumuskan strategi pembelajaran musik yang utuh, menentukan kurikulum dasar yang relevan, dan mempersiapkan pesertaKajian lebih lanjut diperlukan untuk merumuskan strategi pembelajaran musik yang utuh, menentukan kurikulum dasar yang relevan, dan mempersiapkan peserta