UNDIKSHAUNDIKSHA

Jurnal Pendidikan IndonesiaJurnal Pendidikan Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan pengelolaan sampah di Kota Malang dengan menggunakan pendekatan top-down dan bottom-up. Metode kualitatif digunakan melalui studi kasus di tiga kelurahan, wawancara mendalam dengan 20 informan, serta analisis dokumen kebijakan. Hasil menunjukkan bahwa implementasi kebijakan beloptimal karena kurangnya koordinasi antar-instansi, rendahnya partisipasi masyarakat, dan keterbatasan anggaran. Faktor kepemimpinan lokal dan jejaring masyarakat sipil berperan penting dalam menutup celah implementasi. Penelitian merekomendasikan penguatan forum multi-pihak, penyusunan indikator kinerja yang terukur, dan pemanfaatan teknologi digital untuk pemantauan pengelolaan sampah.

Implementasi kebijakan pengelolaan sampah di Kota Malang masih menghadapi kendala utama berupa koordinasi antar-instansi yang lemah dan partisipasi masyarakat yang minim.Penguatan forum multi-pihak serta indikator kinerja yang jelas diperlukan untuk meningkatkan efektivitas kebijakan.Pemanfaatan aplikasi berbasis smartphone untuk pelaporan dan pemantauan diharapkan dapat menutup celah implementasi.

Bagaimana jika penelitian berikutnya merancang aplikasi crowdsourcing sederhana yang memungkinkan warga melaporku tumpukan sampah secara daring sehingga dinas terkait bisa merespons lebih cepat? Apakah model reward poin untuk warga yang rajin memilah sampah bisa diterapkan agar partisipasi meningkat tanpa tambahan anggaran besar? Dan, bagaimana jika desa/kelurahan menjadi laboratorium mini untuk membandingkan dua cara edukasi—klub lingkungan remaja versus kelompok ibu PKK—untuk melihat cara mana yang paling efektif menumbuhkan kebiasaan memilah sampah sejak dini?.

  1. Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta... doi.org/10.22146/jpkm.25370Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta doi 10 22146 jpkm 25370
  2. Jurnal Pendidikan Indonesia. glitter guided literation movement model development junior high school... doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i4.24213Jurnal Pendidikan Indonesia glitter guided literation movement model development junior high school doi 10 23887 jpi undiksha v9i4 24213
  3. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup | ESTETIK : Jurnal... doi.org/10.29240/estetik.v2i2.1271Gerakan Literasi Sekolah GLS di Sekolah Dasar Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup ESTETIK Jurnal doi 10 29240 estetik v2i2 1271
  4. Penguatan Habitus Literasi: Sebuah Cara Pendampingan Tim Literasi Sekolah (TLS) | Setyawan | E-Dimas:... doi.org/10.26877/e-dimas.v11i3.4263Penguatan Habitus Literasi Sebuah Cara Pendampingan Tim Literasi Sekolah TLS Setyawan E Dimas doi 10 26877 e dimas v11i3 4263
  5. MENUMBUH KEMBANGKAN BUDI PEKERTI MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR | Jurnal Basicedu.... doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.273MENUMBUH KEMBANGKAN BUDI PEKERTI MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR Jurnal Basicedu doi 10 31004 basicedu v3i2 273
File size141.18 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test