UNDIKSHAUNDIKSHA

Jurnal Pendidikan IndonesiaJurnal Pendidikan Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. Metode kuasi eksperimen digunakan dengan desain pretest-posttest control group melibatkan 60 siswa kelas V di dua SDN Kota Bandung. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang telah divalidasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh pembelajaran PBL mengalami peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis secara signifikan dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, PBL efektif diterapkan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar.

PBL secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.Peningkatan tersebut terjadi karena siswa terbiasa menyelesaikan masalah kontekstual secara berkelompok.Disarankan agar guru SD mempertimbangkan penggunaan PBL dalam pembelajaran matematika.

Bolehkah kita menguji apakah PBL juga meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD dalam menyelesaikan soal cerita matematika? Bagaimana jika kita bandingkan keefektifan PBL berbasis daring dengan PBL tatap muka terhadap minat dan hasil belajar matematika di era digital? Apakah guru sekolah dasar memerlukan modul pelatihan khusus agar dapat menerapkan PBL secara konsisten dan optimal di kelas mereka?.

  1. . endobj extgstate xobject procset text imageb imagec imagei annots mediabox contents group tabs ev7u... doi.org/10.16920/jeet/2020/v33i0/150074endobj extgstate xobject procset text imageb imagec imagei annots mediabox contents group tabs ev7u doi 10 16920 jeet 2020 v33i0 150074
  2. Correlates of mental health on online distance learning during COVID-19 among Malaysia vocational students... doi.org/10.11591/ijphs.v11i1.21105Correlates of mental health on online distance learning during COVID 19 among Malaysia vocational students doi 10 11591 ijphs v11i1 21105
  3. Enhancing Student Interactions in Online Learning: A Case of Using YouTube in a Distance Learning Module... doi.org/10.11648/j.her.20200504.11Enhancing Student Interactions in Online Learning A Case of Using YouTube in a Distance Learning Module doi 10 11648 j her 20200504 11
File size390.13 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test