UNDIKSHAUNDIKSHA

Jurnal Pendidikan IndonesiaJurnal Pendidikan Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk menyatakan efektivitas pengembangan modul pelatihan optimasi PowerPoint sebagai media pembelajaran. Modul yang dikembangkan memiliki beberapa keunggulan, seperti penyajian materi yang berfokus pada cara membuat media pembelajaran yang baik, mulai dari bagian pembuka, materi, evaluasi, hingga referensi, dilengkapi dengan asesmen mandiri dan materi berbasis Self-Directed Learning (SDL) yang memudahkan guru belajar secara mandiri. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan model 4D. Berdasarkan hasil observasi, sebagian besar guru belum menguasai PowerPoint. Hasil uji N-Gain dari skor pre-test dan post-test menunjukkan bahwa rata-rata skor N-Gain > 0,70 (kategori tinggi). Hasil asesmen mandiri pada setiap pertemuan menunjukkan bahwa 75% guru mencapai skor 70. Berdasarkan data ini, dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan termasuk kategori efektif dalam meningkatkan kompetensi guru, khususnya dalam membuat media pembelajaran berbasis teknologi.

Penelitian ini bertujuan untuk menyatakan efektivitas pengembangan modul pelatihan optimasi PowerPoint sebagai media pembelajaran.Modul yang dikembangkan memiliki beberapa keunggulan, seperti penyajian materi yang berfokus pada cara membuat media pembelajaran yang baik, mulai dari bagian pembuka, materi, evaluasi, hingga referensi, dilengkapi dengan asesmen mandiri dan materi berbasis Self-Directed Learning (SDL) yang memudahkan guru belajar secara mandiri.Jenis penelitian ini adalah R&D dengan model 4D.Berdasarkan hasil observasi, sebagian besar guru belum menguasai PowerPoint.Hasil uji N-Gain dari skor pre-test dan post-test menunjukkan bahwa rata-rata skor N-Gain > 0,70 (kategori tinggi).Hasil asesmen mandiri pada setiap pertemuan menunjukkan bahwa 75% guru mencapai skor 70.Berdasarkan data ini, dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan termasuk kategori efektif dalam meningkatkan kompetensi guru, khususnya dalam membuat media pembelajaran berbasis teknologi.Modul pelatihan optimasi PowerPoint berbasis SDL terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi guru SD IT di Kabupaten Kerinci dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi.Penelitian lanjutan dapat mengembangkan modul pelatihan yang tidak hanya fokus pada teknis pembuatan PowerPoint, tetapi juga mengajarkan bagaimana memilih dan menggabungkan elemen multimedia (gambar, suara, animasi) secara tepat agar sesuai dengan gaya belajar siswa, seperti visual, auditori, atau kinestetik.Selain itu, perlu diteliti bagaimana efektivitas modul ini berubah ketika diterapkan dalam konteks berbeda, misalnya di sekolah pedesaan yang akses teknologinya terbatas, apakah guru masih mampu membuat media yang sama jika tidak ada komputer canggih atau internet.Terakhir, penelitian bisa menguji apakah keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran berbasis PowerPoint benar-benar meningkatkan hasil belajar siswa, bukan hanya kepuasan atau kepercayaan diri guru, dengan membandingkan nilai siswa sebelum dan sesudah penggunaan media yang dibuat oleh guru yang telah dilatih, sehingga kita tahu apakah pelatihan ini benar-benar berdampak pada pembelajaran di kelas.Peningkatan kompetensi guru terlihat signifikan pada semua indikator, terutama dalam penguasaan fitur lanjutan PowerPoint yang sebelumnya tidak dikuasai, meskipun masih diperlukan perhatian pada prinsip desain multimedia seperti pemilihan warna dan proporsi media.The Module of Power Point Optimization Training SDL Based to Improve the Teachers Competence in Developing Learning Media.Penelitian ini bertujuan untuk menyatakan efektivitas pengembangan modul pelatihan optimasi PowerPoint sebagai media pembelajaran.Modul yang dikembangkan memiliki beberapa keunggulan, seperti penyajian materi yang berfokus pada cara membuat media pembelajaran yang baik, mulai dari bagian pembuka, materi, evaluasi, hingga referensi, dilengkapi dengan asesmen mandiri dan materi berbasis Self-Directed Learning (SDL) yang memudahkan guru belajar secara mandiri.Jenis penelitian ini adalah R&D dengan model 4D.Berdasarkan hasil observasi, sebagian besar guru belum menguasai PowerPoint.Hasil uji N-Gain dari skor pre-test dan post-test menunjukkan bahwa rata-rata skor N-Gain > 0,70 (kategori tinggi).Hasil asesmen mandiri pada setiap pertemuan menunjukkan bahwa 75% guru mencapai skor 70.Berdasarkan data ini, dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan termasuk kategori efektif dalam meningkatkan kompetensi guru, khususnya dalam membuat media pembelajaran berbasis teknologi.

Penelitian lanjutan dapat mengembangkan modul pelatihan yang tidak hanya fokus pada teknis pembuatan PowerPoint, tetapi juga mengajarkan bagaimana memilih dan menggabungkan elemen multimedia (gambar, suara, animasi) secara tepat agar sesuai dengan gaya belajar siswa, seperti visual, auditori, atau kinestetik. Selain itu, perlu diteliti bagaimana efektivitas modul ini berubah ketika diterapkan dalam konteks berbeda, misalnya di sekolah pedesaan yang akses teknologinya terbatas, apakah guru masih mampu membuat media yang sama jika tidak ada komputer canggih atau internet. Terakhir, penelitian bisa menguji apakah keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran berbasis PowerPoint benar-benar meningkatkan hasil belajar siswa, bukan hanya kepuasan atau kepercayaan diri guru, dengan membandingkan nilai siswa sebelum dan sesudah penggunaan media yang dibuat oleh guru yang telah dilatih, sehingga kita tahu apakah pelatihan ini benar-benar berdampak pada pembelajaran di kelas.

  1. Jurnal Pendidikan Indonesia. module power point optimization training based improve teacher competence... doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i4.20921Jurnal Pendidikan Indonesia module power point optimization training based improve teacher competence doi 10 23887 jpi undiksha v9i4 20921
  2. Pelatihan Perangkat Lunak Powerpoint untuk Meningkatkan Kinerja Guru di SD dan SMP 19 Muhammadiyah Sawangan... doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i02.2552Pelatihan Perangkat Lunak Powerpoint untuk Meningkatkan Kinerja Guru di SD dan SMP 19 Muhammadiyah Sawangan doi 10 30998 jurnalpkm v1i02 2552
  1. #optimasi desain srm#optimasi desain srm
  2. #hasil asesmen#hasil asesmen
Read online
File size255.31 KB
Pages10
Short Linkhttps://juris.id/p-1u
DMCAReport

Related /

ads-block-test