MACHUNGMACHUNG

Citradirga : Jurnal Desain Komunikasi Visual dan IntermediaCitradirga : Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Intermedia

Majalah Bobo merupakan majalah khusus anak-anak legendaris di Indonesia. Cover Majalah Bobo memiliki daya tarik dan karakter yang kuat sehingga mudah dikenali oleh pembaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih detail tentang standar desain visual meliputi ilustrasi, warna, tipografi, dan layout cover Majalah Bobo Edisi Khusus Tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada cover majalah Bobo edisi khusus tahun 2015 menggunakan ilustrasi digital dengan tokoh kelinci yang dipersonifikasikan sebagai bentuk manusia. Tipografi yang digunakan berupa jenis font Fantasy dan San Serif. Warna yang disajikan tergolong full color, mencolok, cerah dan terkesan tidak suram. Layout diposisikan asimetris namun tetap menerapkan prinsip kesatuan(unity), keseimbangan (balance), irama (ritme), dan penekanan (emphasis). Bobo memiliki ciri khas berupa ilustrasi kelinci yang dipersonifikasikan sebagai manusia bernama Bobo yang menjadi tokoh utama pada setiap edisinya. Selain itu, ciri khas lainnya berupa bentuk logo/nameplate, font yang sama pada setiap edisi kecuali headline. Slogan “Teman Bermain dan Belajar juga merupakan ciri khas yang terdapat pada Majalah Bobo. Warna yang digunakan juga sesuai dengan usia anak-anak yang menyukai warna-warna yang colorfull, mencolok dan cerah.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa cover Majalah Bobo edisi khusus tahun 2015 menggunakan ilustrasi digital dengan tokoh kelinci yang dipersonifikasikan sebagai manusia.Penggunaan tipografi yang konsisten, kecuali pada headline, dan warna-warna cerah menjadi ciri khas desain cover majalah ini.Tata letak cover bervariasi antara simetris dan asimetris, namun tetap memperhatikan prinsip-prinsip desain visual seperti kesatuan, keseimbangan, irama, dan penekanan.

Berdasarkan analisis terhadap desain visual cover Majalah Bobo, penelitian lanjutan dapat difokuskan pada bagaimana perkembangan ilustrasi tokoh Bobo mencerminkan perubahan nilai-nilai budaya dan sosial anak-anak Indonesia dari waktu ke waktu. Selain itu, penelitian dapat dilakukan untuk mengkaji efektivitas penggunaan warna dan tipografi pada cover dalam menarik perhatian anak-anak dan memengaruhi keputusan pembelian majalah. Terakhir, studi komparatif dapat dilakukan dengan membandingkan desain cover Majalah Bobo dengan majalah anak-anak lainnya di negara-negara Asia Tenggara untuk mengidentifikasi tren desain regional dan perbedaan budaya yang memengaruhi preferensi visual anak-anak. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang peran desain visual dalam industri penerbitan anak-anak dan membantu para desainer menciptakan produk yang lebih menarik dan relevan bagi target audiens.

Read online
File size511.15 KB
Pages13
DMCAReport

Related /

ads-block-test