UPIUPI

Indonesian Journal of Science and TechnologyIndonesian Journal of Science and Technology

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan representasi terkini istilah teknologi dalam hubungannya dengan istilah terkait lainnya dalam pendidikan bahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kombinasi dari analisis konten representasi baik alat analitis completor lextutor maupun pendekatan bibliometrik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa empat area dasar yang berkaitan dengan pelatihan bahasa: multikulturalisme dan teknologi menjadi tema sentral; teknologi dalam keterampilan bahasa, pengetahuan, dan penilaian; teknologi dan pemikiran; serta teknologi dalam bahasa dan linguistik. Penelitian ini menyiratkan bahwa para pendidik seharusnya mampu memanfaatkan alat teknologi praktis yang tersedia untuk pengajaran, pembelajaran bahasa, analisis, dan pemodelan pendidikan. Selanjutnya, penelitian ini telah terbatas pada area manuskrip terbitan pendidikan bahasa yang mungkin mencakup data primer non-empiris secara spesifik. Oleh karena itu, penelitian empiris lebih lanjut mungkin dapat memperkuat temuan penelitian bibliometrik saat ini tentang bahasa dan teknologi dalam pendidikan bahasa.

Ada empat topik utama yang berkaitan dengan bahasa dan teknologi dalam instruksi bahasa, menurut temuan kunci di atas.Pertama, tema multikulturalisme telah menjadi pusat perhatian di Jurnal Pendidikan Bahasa Internasional.Kedua, teknologi dalam kemampuan bahasa, pengetahuan, dan penilaian termasuk berbicara, membaca, menulis, dan kosakata muncul sebagai tema berulang kelompok kedua.Ketiga, kategori ketiga adalah pemikiran kritis dan kognitif.

Berdasarkan latar belakang penelitian ini yang memperlihatkan pentingnya teknologi dalam pendidikan bahasa, metode yang menggabungkan analisis konten dan bibliometrik dapat dikembangkan lebih lanjut dengan saran penelitian baru sebagai berikut: pertama, penelitian lanjutan dapat dilakukan untuk mengeksplorasi bagaimana aplikasi Compleat Lextutor dapat digunakan dalam konteks pendidikan inklusif, di mana para siswa dengan kebutuhan khusus bahasa dapat belajar kosakata secara interaktif melalui permainan digital yang disesuaikan untuk meningkatkan inklusivitas dan minat belajar mereka; kedua, studi empiris dapat difokuskan pada dampak penggunaan teknologi bibliometrik seperti VOSviewer untuk memetakan tren penggunaan kosakata dalam artikel ilmiah bahasa di berbagai negara Asia Tenggara, sehingga memberikan wawasan yang lebih luas tentang variasi bahasa dan teknologi untuk mendukung pengembangan materi pembelajaran yang lebih kontekstual dan multikultural; ketiga, penelitian interdisipliner mungkin meneliti perpaduan teknologi leksikal dengan pembelajaran kecerdasan buatan, seperti chatbot berbasis kecerdasan buatan yang disesuaikan dengan vokabuler spesifik siswa, untuk meningkatkan akurasi pemahaman dan produksi bahasa serta mengukur efektivitasnya melalui eksperimentasi di sekolah-sekolah dengan keragaman siswa, sehingga membuka peluang untuk inovasi pendidikan yang lebih mudah diakses oleh masyarakat umum foreshore tanpa latar belakang teknologi yang mendalam, sambil mempertimbangkan batasan studi sebelumnya yang kurang empiris dan terbatas pada satu jurnal, sehingga hasilnya dapat diperluas ke konteks global dengan melibatkan data primer dari kelas nyata dan pengukuran dampak jangka panjang pada kemampuan berbahasa peserta didik yang banyak.

  1. The Compleat Lextutor Application Tool for Academic and Technological Lexical Learning: Review and Bibliometric... ejournal.upi.edu/index.php/ijost/article/view/63539The Compleat Lextutor Application Tool for Academic and Technological Lexical Learning Review and Bibliometric ejournal upi edu index php ijost article view 63539
File size951.72 KB
Pages22
DMCAReportReport

ads-block-test