UNDIKSHAUNDIKSHA
Jurnal Pendidikan IndonesiaJurnal Pendidikan IndonesiaKompetensi menulis siswa, strategi guru, dan keterlibatan dalam proses menulis sangat penting. Strategi pengajaran menulis tidak hanya harus berfokus pada aspek bahasa tetapi juga harus membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Penelitian ini menyelidiki pengaruh pembelajaran mindful terhadap kompetensi menulis siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain kelompok kontrol hanya posttest. Sebanyak 71 siswa EFL terlibat dalam penelitian ini. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan tes kompetensi menulis dan rubrik penilaian. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata‑rata kompetensi menulis kelompok eksperimen (82,25) lebih tinggi daripada kelompok kontrol (78,67). Hasil uji ukuran efek menunjukkan efek sedang (0,68). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mindful secara signifikan memengaruhi kompetensi menulis siswa.
Terdapat perbedaan signifikan dalam kompetensi menulis antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan Mindful Learning dan siswa yang diajarkan dengan strategi menulis konvensional.Temuan secara deskriptif menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan Mindful Learning mencapai pemahaman menulis yang lebih baik.
Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi pengaruh pembelajaran mindful tidak hanya pada kemampuan menulis tetapi juga pada keterampilan bahasa lain seperti berbicara dan membaca, sehingga dapat dibandingkan besarnya efek pada tiap keterampilan. Selain itu, penting untuk meneliti retensi jangka panjang kompetensi menulis setelah penerapan pembelajaran mindful dengan menggunakan post‑test tertunda, untuk mengetahui keberlanjutan manfaatnya. Selanjutnya, studi dapat menyelidiki bagaimana perbedaan individu, misalnya tingkat mindfulness pribadi atau tingkat kecemasan belajar, memoderasi dampak pembelajaran mindful terhadap kemampuan menulis, sehingga dapat mengidentifikasi faktor‑faktor yang memperkuat atau melemahkan efektivitasnya.
- The Role of Grammar in Second Language Reading Comprehension: Iranian ESP Context - ScienceDirect. role... doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.397The Role of Grammar in Second Language Reading Comprehension Iranian ESP Context ScienceDirect role doi 10 1016 j sbspro 2014 03 397
- The Teaching of EFL Writing in Indonesia | Dinamika Ilmu. teaching writing dinamika ilmu skip main content... doi.org/10.21093/di.v16i2.274The Teaching of EFL Writing in Indonesia Dinamika Ilmu teaching writing dinamika ilmu skip main content doi 10 21093 di v16i2 274
- Jurnal Pendidikan Indonesia. effect mindful learning students writing competency jurnal pendidikan authors... doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i4.25484Jurnal Pendidikan Indonesia effect mindful learning students writing competency jurnal pendidikan authors doi 10 23887 jpi undiksha v9i4 25484
| File size | 231.92 KB |
| Pages | 12 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi potensi teknologi artificial intelligence (AI) dalam meningkatkan efisiensi sistem manajemen energi pada bangunanPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi potensi teknologi artificial intelligence (AI) dalam meningkatkan efisiensi sistem manajemen energi pada bangunan
UNDIKSHAUNDIKSHA Studi ini memberi bukti bahwa limbah kulit pisang dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan dalam industri kertas. Kulit pisang efektif dijadikan bahan bakuStudi ini memberi bukti bahwa limbah kulit pisang dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan dalam industri kertas. Kulit pisang efektif dijadikan bahan baku
UNDIKSHAUNDIKSHA Lima aspek yang diteliti meliputi akses terhadap Google Classroom, manfaat yang dirasakan, komunikasi dan interaksi, penyampaian instruksional, serta kepuasanLima aspek yang diteliti meliputi akses terhadap Google Classroom, manfaat yang dirasakan, komunikasi dan interaksi, penyampaian instruksional, serta kepuasan
UNDIKSHAUNDIKSHA K-Medoids juga lebih tahan terhadap outlier dibandingkan K-Means. Kesimpulannya, K-Medoids lebih cocok digunakan untuk data yang mengandung noise atauK-Medoids juga lebih tahan terhadap outlier dibandingkan K-Means. Kesimpulannya, K-Medoids lebih cocok digunakan untuk data yang mengandung noise atau
Useful /
MARANATHAMARANATHA Keberadaan diagnostik VHB dengan sensitivitas dan spesifisitas tinggi sangat penting untuk mengendalikan infeksi VHB. Sistem CRISPR-Cas menunjukkan kemampuanKeberadaan diagnostik VHB dengan sensitivitas dan spesifisitas tinggi sangat penting untuk mengendalikan infeksi VHB. Sistem CRISPR-Cas menunjukkan kemampuan
UNDIKSHAUNDIKSHA Terakhir, studi baru bisa membandingkan efektivitas teknik drill ini dengan pendekatan bermain atau pembelajaran berbasis permainan, untuk melihat apakahTerakhir, studi baru bisa membandingkan efektivitas teknik drill ini dengan pendekatan bermain atau pembelajaran berbasis permainan, untuk melihat apakah
UNDIKSHAUNDIKSHA Temuan ini menekankan pentingnya penyediaan layanan yang relevan dan personal bagi pembentukan arah karir siswa di tingkat SMA. Siswa SMP masih kurangTemuan ini menekankan pentingnya penyediaan layanan yang relevan dan personal bagi pembentukan arah karir siswa di tingkat SMA. Siswa SMP masih kurang
UNDIKSHAUNDIKSHA Selain itu, perlu diteliti bagaimana efektivitas modul ini berubah ketika diterapkan dalam konteks berbeda, misalnya di sekolah pedesaan yang akses teknologinyaSelain itu, perlu diteliti bagaimana efektivitas modul ini berubah ketika diterapkan dalam konteks berbeda, misalnya di sekolah pedesaan yang akses teknologinya