UNDIKSHAUNDIKSHA

Jurnal Pendidikan IndonesiaJurnal Pendidikan Indonesia

Kompetensi menulis siswa, strategi guru, dan keterlibatan dalam proses menulis sangat penting. Strategi pengajaran menulis tidak hanya harus berfokus pada aspek bahasa tetapi juga harus membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Penelitian ini menyelidiki pengaruh pembelajaran mindful terhadap kompetensi menulis siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain kelompok kontrol hanya posttest. Sebanyak 71 siswa EFL terlibat dalam penelitian ini. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan tes kompetensi menulis dan rubrik penilaian. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata‑rata kompetensi menulis kelompok eksperimen (82,25) lebih tinggi daripada kelompok kontrol (78,67). Hasil uji ukuran efek menunjukkan efek sedang (0,68). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mindful secara signifikan memengaruhi kompetensi menulis siswa.

Terdapat perbedaan signifikan dalam kompetensi menulis antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan Mindful Learning dan siswa yang diajarkan dengan strategi menulis konvensional.Temuan secara deskriptif menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan Mindful Learning mencapai pemahaman menulis yang lebih baik.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi pengaruh pembelajaran mindful tidak hanya pada kemampuan menulis tetapi juga pada keterampilan bahasa lain seperti berbicara dan membaca, sehingga dapat dibandingkan besarnya efek pada tiap keterampilan. Selain itu, penting untuk meneliti retensi jangka panjang kompetensi menulis setelah penerapan pembelajaran mindful dengan menggunakan post‑test tertunda, untuk mengetahui keberlanjutan manfaatnya. Selanjutnya, studi dapat menyelidiki bagaimana perbedaan individu, misalnya tingkat mindfulness pribadi atau tingkat kecemasan belajar, memoderasi dampak pembelajaran mindful terhadap kemampuan menulis, sehingga dapat mengidentifikasi faktor‑faktor yang memperkuat atau melemahkan efektivitasnya.

  1. The Role of Grammar in Second Language Reading Comprehension: Iranian ESP Context - ScienceDirect. role... doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.397The Role of Grammar in Second Language Reading Comprehension Iranian ESP Context ScienceDirect role doi 10 1016 j sbspro 2014 03 397
  2. The Teaching of EFL Writing in Indonesia | Dinamika Ilmu. teaching writing dinamika ilmu skip main content... doi.org/10.21093/di.v16i2.274The Teaching of EFL Writing in Indonesia Dinamika Ilmu teaching writing dinamika ilmu skip main content doi 10 21093 di v16i2 274
  3. Jurnal Pendidikan Indonesia. effect mindful learning students writing competency jurnal pendidikan authors... doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i4.25484Jurnal Pendidikan Indonesia effect mindful learning students writing competency jurnal pendidikan authors doi 10 23887 jpi undiksha v9i4 25484
File size231.92 KB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test