UNDIKSHAUNDIKSHA
Jurnal Pendidikan IndonesiaJurnal Pendidikan IndonesiaKompetensi menulis siswa, strategi guru, dan keterlibatan dalam proses menulis sangat penting. Strategi pengajaran menulis tidak hanya harus berfokus pada aspek bahasa tetapi juga harus membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Penelitian ini menyelidiki pengaruh pembelajaran mindful terhadap kompetensi menulis siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain kelompok kontrol hanya posttest. Sebanyak 71 siswa EFL terlibat dalam penelitian ini. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan tes kompetensi menulis dan rubrik penilaian. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata‑rata kompetensi menulis kelompok eksperimen (82,25) lebih tinggi daripada kelompok kontrol (78,67). Hasil uji ukuran efek menunjukkan efek sedang (0,68). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mindful secara signifikan memengaruhi kompetensi menulis siswa.
Terdapat perbedaan signifikan dalam kompetensi menulis antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan Mindful Learning dan siswa yang diajarkan dengan strategi menulis konvensional.Temuan secara deskriptif menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan Mindful Learning mencapai pemahaman menulis yang lebih baik.
Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi pengaruh pembelajaran mindful tidak hanya pada kemampuan menulis tetapi juga pada keterampilan bahasa lain seperti berbicara dan membaca, sehingga dapat dibandingkan besarnya efek pada tiap keterampilan. Selain itu, penting untuk meneliti retensi jangka panjang kompetensi menulis setelah penerapan pembelajaran mindful dengan menggunakan post‑test tertunda, untuk mengetahui keberlanjutan manfaatnya. Selanjutnya, studi dapat menyelidiki bagaimana perbedaan individu, misalnya tingkat mindfulness pribadi atau tingkat kecemasan belajar, memoderasi dampak pembelajaran mindful terhadap kemampuan menulis, sehingga dapat mengidentifikasi faktor‑faktor yang memperkuat atau melemahkan efektivitasnya.
- The Role of Grammar in Second Language Reading Comprehension: Iranian ESP Context - ScienceDirect. role... doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.397The Role of Grammar in Second Language Reading Comprehension Iranian ESP Context ScienceDirect role doi 10 1016 j sbspro 2014 03 397
- The Teaching of EFL Writing in Indonesia | Dinamika Ilmu. teaching writing dinamika ilmu skip main content... doi.org/10.21093/di.v16i2.274The Teaching of EFL Writing in Indonesia Dinamika Ilmu teaching writing dinamika ilmu skip main content doi 10 21093 di v16i2 274
- Jurnal Pendidikan Indonesia. effect mindful learning students writing competency jurnal pendidikan authors... doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i4.25484Jurnal Pendidikan Indonesia effect mindful learning students writing competency jurnal pendidikan authors doi 10 23887 jpi undiksha v9i4 25484
| File size | 231.92 KB |
| Pages | 12 |
| Short Link | https://juris.id/p-1m |
| DMCA | Report |
Related /
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan lingkungan institusi berupa aspek kognitif, normatif, dan regulatif sangat berpengaruh pada kompetensi yangHasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan lingkungan institusi berupa aspek kognitif, normatif, dan regulatif sangat berpengaruh pada kompetensi yang
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei terhadap 200 perusahaan di sektor manufaktur dan jasa. Hasil menunjukkan bahwa penerapan sistemPenelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei terhadap 200 perusahaan di sektor manufaktur dan jasa. Hasil menunjukkan bahwa penerapan sistem
UNDIKSHAUNDIKSHA Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis statistik terhadap data energi selama 12 bulan yang dikumpulkan dari 50 gedung diMetode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis statistik terhadap data energi selama 12 bulan yang dikumpulkan dari 50 gedung di
UNDIKSHAUNDIKSHA Perbandingan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan menunjukkan peningkatan signifikan. Materi ini mengintegrasikan berbagai mata pelajaran ke dalamPerbandingan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan menunjukkan peningkatan signifikan. Materi ini mengintegrasikan berbagai mata pelajaran ke dalam
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini menyelidiki penggunaan Google Classroom oleh mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Data diperoleh dari kuesioner skala Likert yangPenelitian ini menyelidiki penggunaan Google Classroom oleh mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Data diperoleh dari kuesioner skala Likert yang
UNDIKSHAUNDIKSHA Pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Uji efektivitas bahan ajar hasil pengembangan dilakukan melalui penelitian eksperimen dengan desain kelompokPengembangan ini menggunakan model ADDIE. Uji efektivitas bahan ajar hasil pengembangan dilakukan melalui penelitian eksperimen dengan desain kelompok
UNDIKSHAUNDIKSHA 2 dan IX. 4 SMP Negeri 1 Palembang dengan 64 siswa, menggunakan 8 teknik pembelajaran drill servis atas yang telah dinyatakan valid. Hasil belajar siswa2 dan IX. 4 SMP Negeri 1 Palembang dengan 64 siswa, menggunakan 8 teknik pembelajaran drill servis atas yang telah dinyatakan valid. Hasil belajar siswa
UPIUPI Hasil numerik menunjukkan bahwa proses penyempurnaan adaptif berhasil menyempurnakan elemen di sekitar pusat suku sumber. Selain itu, estimasi galat globalHasil numerik menunjukkan bahwa proses penyempurnaan adaptif berhasil menyempurnakan elemen di sekitar pusat suku sumber. Selain itu, estimasi galat global
Useful /
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Kulit pisang mengandung selulosa tinggi sehingga berpotensi menjadi sumber serat alternatif. Proses organosolv menggunakan pelarut etanol 70% pada suhuKulit pisang mengandung selulosa tinggi sehingga berpotensi menjadi sumber serat alternatif. Proses organosolv menggunakan pelarut etanol 70% pada suhu
UNSUNS Abstrak bahasa Indonesia: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak perubahan iklim terhadap pertanian berkelanjutan di daerah pesisir. HasilAbstrak bahasa Indonesia: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak perubahan iklim terhadap pertanian berkelanjutan di daerah pesisir. Hasil
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil penelitian ini memberikan gambaran perbedaan antara kelas khusus dan kelas reguler yang memengaruhi tingkat kepercayaan diri siswa, dimana siswaHasil penelitian ini memberikan gambaran perbedaan antara kelas khusus dan kelas reguler yang memengaruhi tingkat kepercayaan diri siswa, dimana siswa
UGMUGM Studi ini menekankan pentingnya mempertimbangkan konteks negara dalam penelitian hubris CEO. Pendirian AEC meningkatkan ancaman pasar, sehingga CEO yangStudi ini menekankan pentingnya mempertimbangkan konteks negara dalam penelitian hubris CEO. Pendirian AEC meningkatkan ancaman pasar, sehingga CEO yang