UNDIKSHAUNDIKSHA
Jurnal Pendidikan IndonesiaJurnal Pendidikan IndonesiaPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan teknik pembelajaran servis atas bola voli bagi siswa kelas IX SMP agar hasil belajar servis siswa menjadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Data dikumpulkan melalui dokumentasi, observasi, kuesioner, dan tes penilaian servis atas. Analisis data dilakukan secara deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif. Tahap implementasi produk dilakukan di kelas IX.2 dan IX.4 SMP Negeri 1 Palembang dengan 64 siswa, menggunakan 8 teknik pembelajaran drill servis atas yang telah dinyatakan valid. Hasil belajar siswa pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan mencapai rata-rata 88,58% siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa 8 teknik pembelajaran drill servis atas efektif dalam meningkatkan hasil belajar servis bola voli pada siswa SMP.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan teknik pembelajaran servis atas bola voli bagi siswa kelas IX SMP agar hasil belajar servis siswa menjadi lebih baik.Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation).Data dikumpulkan melalui dokumentasi, observasi, kuesioner, dan tes penilaian servis atas.Analisis data dilakukan secara deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif.Tahap implementasi produk dilakukan di kelas IX.4 SMP Negeri 1 Palembang dengan 64 siswa, menggunakan 8 teknik pembelajaran drill servis atas yang telah dinyatakan valid.Hasil belajar siswa pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan mencapai rata-rata 88,58% siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal.Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa 8 teknik pembelajaran drill servis atas efektif dalam meningkatkan hasil belajar servis bola voli pada siswa SMP.Delapan teknik pembelajaran drill servis atas yang dikembangkan efektif meningkatkan hasil belajar servis bola voli pada siswa SMP, terbukti dengan 88,58% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.Penelitian lanjutan dapat menguji apakah efektivitas delapan teknik drill servis atas ini tetap konsisten ketika diterapkan pada siswa dari sekolah berbeda, dengan latar sosial-ekonomi dan fasilitas yang beragam, untuk mengevaluasi transferabilitasnya.Selain itu, perlu diteliti pengaruh jangka panjang dari teknik-teknik ini terhadap perkembangan keterampilan servis atas siswa selama beberapa tahun, apakah keunggulan belajar yang diperoleh tetap bertahan setelah mereka naik ke jenjang SMA.Terakhir, studi baru bisa membandingkan efektivitas teknik drill ini dengan pendekatan bermain atau pembelajaran berbasis permainan, untuk melihat apakah kombinasi keduanya—drill untuk penguasaan teknis dan permainan untuk aplikasi strategis—dapat menghasilkan peningkatan hasil belajar yang lebih optimal dan berkelanjutan dibandingkan hanya menggunakan satu pendekatan saja.Temuan penelitian ini mendukung penggunaan pendekatan drill dalam pembelajaran bola voli, dan direkomendasikan untuk diadopsi oleh guru pendidikan jasmani dalam penyampaian materi servis atas.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan teknik pembelajaran servis atas bola voli bagi siswa kelas IX SMP agar hasil belajar servis siswa menjadi lebih baik.Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation).Data dikumpulkan melalui dokumentasi, observasi, kuesioner, dan tes penilaian servis atas.Analisis data dilakukan secara deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif.Tahap implementasi produk dilakukan di kelas IX.4 SMP Negeri 1 Palembang dengan 64 siswa, menggunakan 8 teknik pembelajaran drill servis atas yang telah dinyatakan valid.Hasil belajar siswa pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan mencapai rata-rata 88,58% siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal.Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa 8 teknik pembelajaran drill servis atas efektif dalam meningkatkan hasil belajar servis bola voli pada siswa SMP.
Penelitian lanjutan dapat menguji apakah efektivitas delapan teknik drill servis atas ini tetap konsisten ketika diterapkan pada siswa dari sekolah berbeda, dengan latar sosial-ekonomi dan fasilitas yang beragam, untuk mengevaluasi transferabilitasnya. Selain itu, perlu diteliti pengaruh jangka panjang dari teknik-teknik ini terhadap perkembangan keterampilan servis atas siswa selama beberapa tahun, apakah keunggulan belajar yang diperoleh tetap bertahan setelah mereka naik ke jenjang SMA. Terakhir, studi baru bisa membandingkan efektivitas teknik drill ini dengan pendekatan bermain atau pembelajaran berbasis permainan, untuk melihat apakah kombinasi keduanya—drill untuk penguasaan teknis dan permainan untuk aplikasi strategis—dapat menghasilkan peningkatan hasil belajar yang lebih optimal dan berkelanjutan dibandingkan hanya menggunakan satu pendekatan saja.
- PENGEMBANGAN VARIASI LATIHAN SMASH BOLA VOLI | JURNAL PRESTASI. pengembangan variasi latihan smash bola... doi.org/10.24114/jp.v1i1.6495PENGEMBANGAN VARIASI LATIHAN SMASH BOLA VOLI JURNAL PRESTASI pengembangan variasi latihan smash bola doi 10 24114 jp v1i1 6495
- Hubungan Explosive Power Otot Lengan dan Koordinasi Mata-Tangan Terhadap Kemampuan Servis Atas Atlet... doi.org/10.25299/sportarea.2016.vol1(2).385Hubungan Explosive Power Otot Lengan dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Kemampuan Servis Atas Atlet doi 10 25299 sportarea 2016 vol1 2 385
- READINESS AND COMPETENCE OF SENIOR HIGH SCHOOL ENGLISH TEACHERS TO IMPLEMENT CURRICULUM 2013 | Sundayana... doi.org/10.17509/ijal.v5i1.828READINESS AND COMPETENCE OF SENIOR HIGH SCHOOL ENGLISH TEACHERS TO IMPLEMENT CURRICULUM 2013 Sundayana doi 10 17509 ijal v5i1 828
- Jurnal Pendidikan Indonesia. service techniques improve volyball games jurnal pendidikan authors destriana... doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i4.21906Jurnal Pendidikan Indonesia service techniques improve volyball games jurnal pendidikan authors destriana doi 10 23887 jpi undiksha v9i4 21906
- MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM: STRATEGI PENGUATANIMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 | Jurnal Cakrawala Pendidikan.... doi.org/10.21831/cp.v1i1.1858MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM STRATEGI PENGUATANIMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 Jurnal Cakrawala Pendidikan doi 10 21831 cp v1i1 1858
| File size | 188.4 KB |
| Pages | 11 |
| Short Link | https://juris.id/p-1q |
| DMCA | Report |
Related /
UNDIKSHAUNDIKSHA Materi belajar yang digunakan saat ini, khususnya di sekolah dasar (SD), masih berupa teks penuh, sehingga menurunkan motivasi siswa untuk membacanya karenaMateri belajar yang digunakan saat ini, khususnya di sekolah dasar (SD), masih berupa teks penuh, sehingga menurunkan motivasi siswa untuk membacanya karena
UNDIKSHAUNDIKSHA Jenis penelitian ini adalah R&D dengan model 4D. Berdasarkan hasil observasi, sebagian besar guru belum menguasai PowerPoint. Hasil uji N-Gain dari skorJenis penelitian ini adalah R&D dengan model 4D. Berdasarkan hasil observasi, sebagian besar guru belum menguasai PowerPoint. Hasil uji N-Gain dari skor
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil menunjukkan bahwa kertas dari kulit pisang memiliki kekuatan tarik 25% lebih rendah dibandingkan kertas kayu, namun cukup untuk aplikasi pencetakanHasil menunjukkan bahwa kertas dari kulit pisang memiliki kekuatan tarik 25% lebih rendah dibandingkan kertas kayu, namun cukup untuk aplikasi pencetakan
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran terintegrasi aritmatika sosial dan akuntansi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran terintegrasi aritmatika sosial dan akuntansi.
UNDIKSHAUNDIKSHA Mahasiswa tidak mengalami kesulitan dalam mengakses fasilitas Google Classroom, sehingga mereka memperoleh manfaat dalam mengirim tugas tepat waktu, menerimaMahasiswa tidak mengalami kesulitan dalam mengakses fasilitas Google Classroom, sehingga mereka memperoleh manfaat dalam mengirim tugas tepat waktu, menerima
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek daring memiliki pengaruh positif terhadap ketahanan mahasiswa selama masa pandemiHasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek daring memiliki pengaruh positif terhadap ketahanan mahasiswa selama masa pandemi
UNDIKSHAUNDIKSHA Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. E-modul yang dihasilkan sangatModel pengembangan yang digunakan adalah ADDIE dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. E-modul yang dihasilkan sangat
UPIUPI Proses penyempurnaan adaptif menunjukkan estimasi galat global yang lebih efektif dibandingkan refinemen seragam dari sisi biaya komputasi.metode ini berpotensiProses penyempurnaan adaptif menunjukkan estimasi galat global yang lebih efektif dibandingkan refinemen seragam dari sisi biaya komputasi.metode ini berpotensi
Useful /
UNDIKSHAUNDIKSHA Studi ini memberikan kontribusi dalam memilih algoritma yang tepat untuk analisis spasial penyebaran penyakit menular. K-Medoids unggul dalam membentukStudi ini memberikan kontribusi dalam memilih algoritma yang tepat untuk analisis spasial penyebaran penyakit menular. K-Medoids unggul dalam membentuk
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi potensi teknologi artificial intelligence (AI) dalam meningkatkan efisiensi sistem manajemen energi pada bangunanPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi potensi teknologi artificial intelligence (AI) dalam meningkatkan efisiensi sistem manajemen energi pada bangunan
UPIUPI Penelitian ini menunjukkan bahwa karbon aktif yang diproduksi dari kulit kelapa merupakan adsorben yang menjanjikan untuk menghilangkan metilen biru dariPenelitian ini menunjukkan bahwa karbon aktif yang diproduksi dari kulit kelapa merupakan adsorben yang menjanjikan untuk menghilangkan metilen biru dari
UPIUPI Peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kelas yang menerapkan model ini jauh lebih tinggi dibandingkan kelas konvensional. Oleh karena itu, model pembelajaranPeningkatan kemampuan berpikir kritis pada kelas yang menerapkan model ini jauh lebih tinggi dibandingkan kelas konvensional. Oleh karena itu, model pembelajaran