UNDIKSHAUNDIKSHA
Jurnal Pendidikan IndonesiaJurnal Pendidikan IndonesiaPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan teknik pembelajaran servis atas bola voli bagi siswa kelas IX SMP agar hasil belajar servis siswa menjadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Data dikumpulkan melalui dokumentasi, observasi, kuesioner, dan tes penilaian servis atas. Analisis data dilakukan secara deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif. Tahap implementasi produk dilakukan di kelas IX.2 dan IX.4 SMP Negeri 1 Palembang dengan 64 siswa, menggunakan 8 teknik pembelajaran drill servis atas yang telah dinyatakan valid. Hasil belajar siswa pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan mencapai rata-rata 88,58% siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa 8 teknik pembelajaran drill servis atas efektif dalam meningkatkan hasil belajar servis bola voli pada siswa SMP.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan teknik pembelajaran servis atas bola voli bagi siswa kelas IX SMP agar hasil belajar servis siswa menjadi lebih baik.Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation).Data dikumpulkan melalui dokumentasi, observasi, kuesioner, dan tes penilaian servis atas.Analisis data dilakukan secara deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif.Tahap implementasi produk dilakukan di kelas IX.4 SMP Negeri 1 Palembang dengan 64 siswa, menggunakan 8 teknik pembelajaran drill servis atas yang telah dinyatakan valid.Hasil belajar siswa pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan mencapai rata-rata 88,58% siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal.Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa 8 teknik pembelajaran drill servis atas efektif dalam meningkatkan hasil belajar servis bola voli pada siswa SMP.Delapan teknik pembelajaran drill servis atas yang dikembangkan efektif meningkatkan hasil belajar servis bola voli pada siswa SMP, terbukti dengan 88,58% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.Penelitian lanjutan dapat menguji apakah efektivitas delapan teknik drill servis atas ini tetap konsisten ketika diterapkan pada siswa dari sekolah berbeda, dengan latar sosial-ekonomi dan fasilitas yang beragam, untuk mengevaluasi transferabilitasnya.Selain itu, perlu diteliti pengaruh jangka panjang dari teknik-teknik ini terhadap perkembangan keterampilan servis atas siswa selama beberapa tahun, apakah keunggulan belajar yang diperoleh tetap bertahan setelah mereka naik ke jenjang SMA.Terakhir, studi baru bisa membandingkan efektivitas teknik drill ini dengan pendekatan bermain atau pembelajaran berbasis permainan, untuk melihat apakah kombinasi keduanya—drill untuk penguasaan teknis dan permainan untuk aplikasi strategis—dapat menghasilkan peningkatan hasil belajar yang lebih optimal dan berkelanjutan dibandingkan hanya menggunakan satu pendekatan saja.Temuan penelitian ini mendukung penggunaan pendekatan drill dalam pembelajaran bola voli, dan direkomendasikan untuk diadopsi oleh guru pendidikan jasmani dalam penyampaian materi servis atas.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan teknik pembelajaran servis atas bola voli bagi siswa kelas IX SMP agar hasil belajar servis siswa menjadi lebih baik.Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation).Data dikumpulkan melalui dokumentasi, observasi, kuesioner, dan tes penilaian servis atas.Analisis data dilakukan secara deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif.Tahap implementasi produk dilakukan di kelas IX.4 SMP Negeri 1 Palembang dengan 64 siswa, menggunakan 8 teknik pembelajaran drill servis atas yang telah dinyatakan valid.Hasil belajar siswa pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan mencapai rata-rata 88,58% siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal.Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa 8 teknik pembelajaran drill servis atas efektif dalam meningkatkan hasil belajar servis bola voli pada siswa SMP.
Penelitian lanjutan dapat menguji apakah efektivitas delapan teknik drill servis atas ini tetap konsisten ketika diterapkan pada siswa dari sekolah berbeda, dengan latar sosial-ekonomi dan fasilitas yang beragam, untuk mengevaluasi transferabilitasnya. Selain itu, perlu diteliti pengaruh jangka panjang dari teknik-teknik ini terhadap perkembangan keterampilan servis atas siswa selama beberapa tahun, apakah keunggulan belajar yang diperoleh tetap bertahan setelah mereka naik ke jenjang SMA. Terakhir, studi baru bisa membandingkan efektivitas teknik drill ini dengan pendekatan bermain atau pembelajaran berbasis permainan, untuk melihat apakah kombinasi keduanya—drill untuk penguasaan teknis dan permainan untuk aplikasi strategis—dapat menghasilkan peningkatan hasil belajar yang lebih optimal dan berkelanjutan dibandingkan hanya menggunakan satu pendekatan saja.
- PENGEMBANGAN VARIASI LATIHAN SMASH BOLA VOLI | JURNAL PRESTASI. pengembangan variasi latihan smash bola... doi.org/10.24114/jp.v1i1.6495PENGEMBANGAN VARIASI LATIHAN SMASH BOLA VOLI JURNAL PRESTASI pengembangan variasi latihan smash bola doi 10 24114 jp v1i1 6495
- Hubungan Explosive Power Otot Lengan dan Koordinasi Mata-Tangan Terhadap Kemampuan Servis Atas Atlet... doi.org/10.25299/sportarea.2016.vol1(2).385Hubungan Explosive Power Otot Lengan dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Kemampuan Servis Atas Atlet doi 10 25299 sportarea 2016 vol1 2 385
- READINESS AND COMPETENCE OF SENIOR HIGH SCHOOL ENGLISH TEACHERS TO IMPLEMENT CURRICULUM 2013 | Sundayana... doi.org/10.17509/ijal.v5i1.828READINESS AND COMPETENCE OF SENIOR HIGH SCHOOL ENGLISH TEACHERS TO IMPLEMENT CURRICULUM 2013 Sundayana doi 10 17509 ijal v5i1 828
- Jurnal Pendidikan Indonesia. service techniques improve volyball games jurnal pendidikan authors destriana... doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i4.21906Jurnal Pendidikan Indonesia service techniques improve volyball games jurnal pendidikan authors destriana doi 10 23887 jpi undiksha v9i4 21906
- MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM: STRATEGI PENGUATANIMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 | Jurnal Cakrawala Pendidikan.... doi.org/10.21831/cp.v1i1.1858MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM STRATEGI PENGUATANIMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 Jurnal Cakrawala Pendidikan doi 10 21831 cp v1i1 1858
| File size | 188.4 KB |
| Pages | 11 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
ECOJOINECOJOIN Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018 sampai 2022, menggunakan jenis data kausalitas. SampelPenelitian ini dilakukan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018 sampai 2022, menggunakan jenis data kausalitas. Sampel
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio CR, DER, TATO, ROA, dan ROE sebelum dan sesudah akuisisi. Hal iniHasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio CR, DER, TATO, ROA, dan ROE sebelum dan sesudah akuisisi. Hal ini
UNDIKSHAUNDIKSHA Emotional intelligence yang tinggi memungkinkan siswa mengatasi tekanan belajar serta mengurangi kebosanan, yang pada gilirannya meningkatkan prestasiEmotional intelligence yang tinggi memungkinkan siswa mengatasi tekanan belajar serta mengurangi kebosanan, yang pada gilirannya meningkatkan prestasi
CAHAYA ICCAHAYA IC Untuk meningkatkan kreativitas siswa disekolah diharapkan guru dapat berperan penting dalam meningkatkannya. Saran yang ditunjukkan dalam penelitian lainUntuk meningkatkan kreativitas siswa disekolah diharapkan guru dapat berperan penting dalam meningkatkannya. Saran yang ditunjukkan dalam penelitian lain
Useful /
PROSPECTPUBLISHINGPROSPECTPUBLISHING Produk ini tergabung dalam unit usaha keluarga dan dirintis pada masa awal Pandemi COVID-19. Selama ini Susu Kambing Lek Dodo sudah mencoba untuk mengemasProduk ini tergabung dalam unit usaha keluarga dan dirintis pada masa awal Pandemi COVID-19. Selama ini Susu Kambing Lek Dodo sudah mencoba untuk mengemas
UNDIKSHAUNDIKSHA Berdasarkan hasil observasi, sebagian besar guru belum menguasai PowerPoint. Hasil uji N-Gain dari skor pre-test dan post-test menunjukkan bahwa rata-rataBerdasarkan hasil observasi, sebagian besar guru belum menguasai PowerPoint. Hasil uji N-Gain dari skor pre-test dan post-test menunjukkan bahwa rata-rata
UNDIKSHAUNDIKSHA K-Medoids juga lebih tahan terhadap outlier dibandingkan K-Means. Kesimpulannya, K-Medoids lebih cocok digunakan untuk data yang mengandung noise atauK-Medoids juga lebih tahan terhadap outlier dibandingkan K-Means. Kesimpulannya, K-Medoids lebih cocok digunakan untuk data yang mengandung noise atau
UNDIKSHAUNDIKSHA Materi ini mengintegrasikan berbagai mata pelajaran ke dalam satu cerita dengan karakter beragam, menyajikan unsur verbal dan visual yang menarik, sehinggaMateri ini mengintegrasikan berbagai mata pelajaran ke dalam satu cerita dengan karakter beragam, menyajikan unsur verbal dan visual yang menarik, sehingga