IDEBAHASAIDEBAHASA

IdeBahasaIdeBahasa

Pengetahuan Pedagogis Konten Teknologi (TPACK) telah diimplementasikan sebagai kerangka konseptual untuk domain pengetahuan yang perlu dikuasai guru agar berhasil mengajar menggunakan teknologi, dan kerangka ini telah menarik banyak perhatian di bidang pendidikan. Meskipun demikian, kerangka ini telah dikritik karena kurang berguna secara praktis. Studi TPACK sebagian besar dilakukan di bidang Matematika dan Sains. Sementara itu, penelitian tentang integrasi Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL) ke dalam TPACK telah tertinggal. Untuk lebih memahami kritik tersebut, diperlukan penyelidikan tentang karakteristik umum studi TPACK dalam konteks EFL. Tulisan ini merupakan kajian pustaka sistematis terhadap 20 artikel jurnal peer-reviewed yang berkaitan dengan penggunaan TPACK dalam konteks EFL yang diterbitkan dari tahun 2015 hingga 2019.

Kajian ini menunjukkan bahwa para peneliti sebagian besar fokus pada pemeriksaan TPACK guru melalui pelaporan mandiri menggunakan pengetahuan umum.Tren penelitian menunjukkan bahwa metode campuran paling banyak digunakan dalam penelitian TPACK untuk triangulasi temuan dalam konteks EFL.Selain itu, tren tersebut juga menunjukkan bahwa guru dalam layanan menarik lebih banyak perhatian untuk mengeksplorasi TPACK guru dalam konteks EFL.

Penelitian lanjutan bisa mengeksplorasi bagaimana guru EFL di daerah pedesaan berhasil mengintegrasikan teknologi ke dalam pengajaran mereka, dengan melihat tantangan keterbatasan akses internet dan sumber daya. Misalnya, apakah model TPACK dapat disesuaikan untuk konteks yang lebih sederhana, seperti menggunakan telepon pintar untuk praktik berbicara? Selain itu, studi longitudinal dapat dilakukan untuk melihat perkembangan TPACK guru EFL dari masa awal karier hingga setelah bertahun-tahun, misalnya, dengan mempertanyakan apakah pengalaman nyata lebih efektif daripada pelatihan formal dalam meningkatkan kompetensi digital. Di sisi lain, penelitian bisa juga fokus pada dampak TPACK pada hasil belajar siswa EFL, seperti menyelidiki apakah guru dengan TPACK yang lebih tinggi benar-benar menghasilkan siswa yang lebih mahir dalam keterampilan bahasa, terutama di negara berkembang di mana teknologi pendidikan masih berkembang. Dengan menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif pada skala yang lebih besar, penelitian ini bisa mengisi kekosongan pengetahuan tentang efektivitas TPACK secara keseluruhan, sehingga memberikan rekomendasi praktis bagi sekolah dan pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan bahasa Inggris. Akhirnya, pengembangan instrumen baru untuk mengukur TPACK secara obyektif, bukan hanya melalui pengakuan diri, merupakan langkah penting, seperti menciptakan tes performa di mana guru harus mendemonstrasikan integrasi teknologi dalam skenario pengajaran hipotetis.

  1. DSpace. dspace doi.org/10.31274/etd-180810-3577DSpace dspace doi 10 31274 etd 180810 3577
  1. #guru bahasa inggris#guru bahasa inggris
  2. #tpack guru efl#tpack guru efl
Read online
File size713.16 KB
Pages10
DMCAReport

Related /

ads-block-test