SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT
Jurnal Ilmiah PeuradeunJurnal Ilmiah PeuradeunBanyak sarjana yang memiliki otoritas dalam suatu bidang ilmu merupakan bukti kuat bahwa para ulama kita tidak mengenal konsep dikotomi ilmu. Dalam pandangan Islam, menguasai semua ilmu sampai batas tertentu adalah wajib. Sebagai contoh, mempelajari teologi (ushuluddin) merupakan fardhu ain, yang wajib dipelajari setiap muslim laki-laki, sedangkan mempelajari ilmu umum merupakan fardhu kifayah. Pembagian ilmu menjadi fardhu ain dan fardhu kifayah atau ilmu naqli dan ilmu aqli tidak perlu dipahami secara dikotomis atau berhadap-hadapan, karena hanya merupakan pembagian hierarki ilmu berdasarkan tingkat taklif, kebutuhan, prioritas, dan kebenaran. Hal ini membahas pandangan tokoh pendidikan Islam dalam pemetaan ilmu/materi pelajaran, yang dalam istilah pendidikan sekarang dikenal sebagai kurikulum.
Kurikulum pendidikan Islam ideal menurut ketiga tokoh (al-Ghazali, Ibn Khaldun, dan al-Attas) menekankan integrasi ilmu tanpa dikotomi, dengan ruh agama Islam sebagai fondasi utamanya.Al-Ghazali mengklasifikasikan ilmu berdasarkan urgensi fardhu ain dan fardhu kifayah, sementara Ibn Khaldun membedakan ilmu naqliyah dan aqliyah namun tetap mengutamakan Al-Quran.Al-Attas menekankan islamisasi ilmu pengetahuan untuk menghindari penetrasi pemikiran liberal Barat.
Penelitian lanjutan dapat mengembangkan model kurikulum terpadu yang mengintegrasikan konsep fardhu ain dan fardhu kifayah dalam konteks pendidikan modern, dengan mengeksplorasi bagaimana prinsip hierarki ilmu al-Ghazali dapat diterapkan dalam pengembangan materi ajar kontemporer. Studi komparatif antara implementasi kurikulum berbasis islamisasi ilmu al-Attas di berbagai lembaga pendidikan juga perlu dilakukan untuk mengidentifikasi kendala dan keberhasilannya. Penelitian lain dapat menyelidiki dampak kurikulum integratif terhadap pembentukan karakter peserta didik dengan menganalisis keterkaitan antara penguasaan ilmu naqliyah dan aqliyah dalam membentuk kepribadian muslim yang utuh.
| File size | 597.75 KB |
| Pages | 14 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
IAINPTKIAINPTK Akan tetapi dalam kenyataannya, di sebagian masyarakat—dalam konteks ini Komunitas Muslim Sintang—kerap melakukan pernikahan kembali di hadapan pegawaiAkan tetapi dalam kenyataannya, di sebagian masyarakat—dalam konteks ini Komunitas Muslim Sintang—kerap melakukan pernikahan kembali di hadapan pegawai
UNDIKSHAUNDIKSHA Data kualitatif diperoleh dari data analisis kebutuhan, masukan dan saran validasi produk dari validator media, ahli materi, ahli bahasa serta masukanData kualitatif diperoleh dari data analisis kebutuhan, masukan dan saran validasi produk dari validator media, ahli materi, ahli bahasa serta masukan
UNUSAUNUSA Metode yang digunakan adalah proses alkalis menggunakan larutan NaOH 5% pada suhu 80 °C selama 90 menit, diikuti proses pemutihan dengan H2O2 3%. HasilMetode yang digunakan adalah proses alkalis menggunakan larutan NaOH 5% pada suhu 80 °C selama 90 menit, diikuti proses pemutihan dengan H2O2 3%. Hasil
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Hambatan yang dihadapi meliputi belum terbentuknya tim koordinasi penanggulangan kemiskinan tingkat kecamatan, pelimpahan wewenang kepada Camat belum disertaiHambatan yang dihadapi meliputi belum terbentuknya tim koordinasi penanggulangan kemiskinan tingkat kecamatan, pelimpahan wewenang kepada Camat belum disertai
Useful /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan strategi pengelolaan SDM yang lebih terarah, meliputi analisis kebutuhan SDM, pelatihan berbasis kompetensiUntuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan strategi pengelolaan SDM yang lebih terarah, meliputi analisis kebutuhan SDM, pelatihan berbasis kompetensi
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Evaluasi menunjukkan 90% peserta memahami materi, dan terbentuknya kelompok UKM untuk produksi sabun pandan. Inisiatif ini berpotensi memperbaiki perekonomianEvaluasi menunjukkan 90% peserta memahami materi, dan terbentuknya kelompok UKM untuk produksi sabun pandan. Inisiatif ini berpotensi memperbaiki perekonomian
IAINPTKIAINPTK Riggs. Para penulis menemukan bahwa argumentasi negara menyentralisasi pengelolaan zakat di Indonesia ialah untuk mengoptimalkan pengelolaan dan pemanfaatanRiggs. Para penulis menemukan bahwa argumentasi negara menyentralisasi pengelolaan zakat di Indonesia ialah untuk mengoptimalkan pengelolaan dan pemanfaatan
UNPAMUNPAM Model Problem Based Learning berbasis etnosains efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan kolaboratif siswa. Peningkatan kemampuanModel Problem Based Learning berbasis etnosains efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan kolaboratif siswa. Peningkatan kemampuan