SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT
Jurnal Ilmiah PeuradeunJurnal Ilmiah PeuradeunBanyak sarjana yang memiliki otoritas dalam suatu bidang ilmu merupakan bukti kuat bahwa para ulama kita tidak mengenal konsep dikotomi ilmu. Dalam pandangan Islam, menguasai semua ilmu sampai batas tertentu adalah wajib. Sebagai contoh, mempelajari teologi (ushuluddin) merupakan fardhu ain, yang wajib dipelajari setiap muslim laki-laki, sedangkan mempelajari ilmu umum merupakan fardhu kifayah. Pembagian ilmu menjadi fardhu ain dan fardhu kifayah atau ilmu naqli dan ilmu aqli tidak perlu dipahami secara dikotomis atau berhadap-hadapan, karena hanya merupakan pembagian hierarki ilmu berdasarkan tingkat taklif, kebutuhan, prioritas, dan kebenaran. Hal ini membahas pandangan tokoh pendidikan Islam dalam pemetaan ilmu/materi pelajaran, yang dalam istilah pendidikan sekarang dikenal sebagai kurikulum.
Kurikulum pendidikan Islam ideal menurut ketiga tokoh (al-Ghazali, Ibn Khaldun, dan al-Attas) menekankan integrasi ilmu tanpa dikotomi, dengan ruh agama Islam sebagai fondasi utamanya.Al-Ghazali mengklasifikasikan ilmu berdasarkan urgensi fardhu ain dan fardhu kifayah, sementara Ibn Khaldun membedakan ilmu naqliyah dan aqliyah namun tetap mengutamakan Al-Quran.Al-Attas menekankan islamisasi ilmu pengetahuan untuk menghindari penetrasi pemikiran liberal Barat.
Penelitian lanjutan dapat mengembangkan model kurikulum terpadu yang mengintegrasikan konsep fardhu ain dan fardhu kifayah dalam konteks pendidikan modern, dengan mengeksplorasi bagaimana prinsip hierarki ilmu al-Ghazali dapat diterapkan dalam pengembangan materi ajar kontemporer. Studi komparatif antara implementasi kurikulum berbasis islamisasi ilmu al-Attas di berbagai lembaga pendidikan juga perlu dilakukan untuk mengidentifikasi kendala dan keberhasilannya. Penelitian lain dapat menyelidiki dampak kurikulum integratif terhadap pembentukan karakter peserta didik dengan menganalisis keterkaitan antara penguasaan ilmu naqliyah dan aqliyah dalam membentuk kepribadian muslim yang utuh.
| File size | 597.75 KB |
| Pages | 14 |
| Short Link | https://juris.id/p-4I |
| DMCA | Report |
Related /
UNUSAUNUSA Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,71 berkategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,43 berkategoriPeningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,71 berkategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,43 berkategori
UNUSAUNUSA Indeks eritrosit yang meliputi nilai mean corpuscular volume (MCV), mean corpuscular hemoglobin (MCH), dan mean corpuscular hemoglobin concentration (MCHC)Indeks eritrosit yang meliputi nilai mean corpuscular volume (MCV), mean corpuscular hemoglobin (MCH), dan mean corpuscular hemoglobin concentration (MCHC)
UNUSAUNUSA I R. Said Sukanto (April–Juli 2021) dikumpulkan secara retrospektif dan dianalisis menggunakan Microsoft Excel. Hasil menunjukkan bahwa tingkat D‑Dimer,I R. Said Sukanto (April–Juli 2021) dikumpulkan secara retrospektif dan dianalisis menggunakan Microsoft Excel. Hasil menunjukkan bahwa tingkat D‑Dimer,
UNUSAUNUSA Metode yang digunakan adalah proses alkalis menggunakan larutan NaOH 5% pada suhu 80 °C selama 90 menit, diikuti proses pemutihan dengan H2O2 3%. HasilMetode yang digunakan adalah proses alkalis menggunakan larutan NaOH 5% pada suhu 80 °C selama 90 menit, diikuti proses pemutihan dengan H2O2 3%. Hasil
UINUIN Konsep asuransi dalam undang-undang dinyatakan sebagai lembaga transfer risiko. Meskipun Undang-Undang No. 40 tahun 2014 tentang Asuransi telah diberlakukan,Konsep asuransi dalam undang-undang dinyatakan sebagai lembaga transfer risiko. Meskipun Undang-Undang No. 40 tahun 2014 tentang Asuransi telah diberlakukan,
UMAUMA 4 Tahun 2008 dapat dilaksanakan sesuai dengan peraturan dan perundang‑undangan dan dapat diterima oleh masyarakat. 4 Tahun 2008 dan peraturan kota terkait4 Tahun 2008 dapat dilaksanakan sesuai dengan peraturan dan perundang‑undangan dan dapat diterima oleh masyarakat. 4 Tahun 2008 dan peraturan kota terkait
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Kedudukan Dinas Sosial dan Kecamatan secara struktural merupakan perangkat daerah, namun terdapat perbedaan pangkat jabatan antara Kepala Dinas SosialKedudukan Dinas Sosial dan Kecamatan secara struktural merupakan perangkat daerah, namun terdapat perbedaan pangkat jabatan antara Kepala Dinas Sosial
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Oleh karena itu, model ini direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Model pembelajaran berbasis masalah efektifOleh karena itu, model ini direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Model pembelajaran berbasis masalah efektif
Useful /
UNSUNS Metode yang digunakan meliputi analisis data iklim, wawancara dengan petani, dan observasi langsung kondisi lahan. Dengan penerapan praktik pertanian adaptifMetode yang digunakan meliputi analisis data iklim, wawancara dengan petani, dan observasi langsung kondisi lahan. Dengan penerapan praktik pertanian adaptif
UNDIKSHAUNDIKSHA Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalahMetode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah
UNDIKSHAUNDIKSHA Metode kuasi eksperimen digunakan dengan desain pretest-posttest control group melibatkan 60 siswa kelas V di dua SDN Kota Bandung. Data dikumpulkan melaluiMetode kuasi eksperimen digunakan dengan desain pretest-posttest control group melibatkan 60 siswa kelas V di dua SDN Kota Bandung. Data dikumpulkan melalui
UGMUGM Faktor-faktor ini mencerminkan perspektif holistik milenial yang tidak hanya mengejar manfaat material, tetapi juga makna, keseimbangan hidup, dan kontribusiFaktor-faktor ini mencerminkan perspektif holistik milenial yang tidak hanya mengejar manfaat material, tetapi juga makna, keseimbangan hidup, dan kontribusi