SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT
Jurnal Ilmiah PeuradeunJurnal Ilmiah PeuradeunBanyak sarjana yang memiliki otoritas dalam suatu bidang ilmu merupakan bukti kuat bahwa para ulama kita tidak mengenal konsep dikotomi ilmu. Dalam pandangan Islam, menguasai semua ilmu sampai batas tertentu adalah wajib. Sebagai contoh, mempelajari teologi (ushuluddin) merupakan fardhu ain, yang wajib dipelajari setiap muslim laki-laki, sedangkan mempelajari ilmu umum merupakan fardhu kifayah. Pembagian ilmu menjadi fardhu ain dan fardhu kifayah atau ilmu naqli dan ilmu aqli tidak perlu dipahami secara dikotomis atau berhadap-hadapan, karena hanya merupakan pembagian hierarki ilmu berdasarkan tingkat taklif, kebutuhan, prioritas, dan kebenaran. Hal ini membahas pandangan tokoh pendidikan Islam dalam pemetaan ilmu/materi pelajaran, yang dalam istilah pendidikan sekarang dikenal sebagai kurikulum.
Kurikulum pendidikan Islam ideal menurut ketiga tokoh (al-Ghazali, Ibn Khaldun, dan al-Attas) menekankan integrasi ilmu tanpa dikotomi, dengan ruh agama Islam sebagai fondasi utamanya.Al-Ghazali mengklasifikasikan ilmu berdasarkan urgensi fardhu ain dan fardhu kifayah, sementara Ibn Khaldun membedakan ilmu naqliyah dan aqliyah namun tetap mengutamakan Al-Quran.Al-Attas menekankan islamisasi ilmu pengetahuan untuk menghindari penetrasi pemikiran liberal Barat.
Penelitian lanjutan dapat mengembangkan model kurikulum terpadu yang mengintegrasikan konsep fardhu ain dan fardhu kifayah dalam konteks pendidikan modern, dengan mengeksplorasi bagaimana prinsip hierarki ilmu al-Ghazali dapat diterapkan dalam pengembangan materi ajar kontemporer. Studi komparatif antara implementasi kurikulum berbasis islamisasi ilmu al-Attas di berbagai lembaga pendidikan juga perlu dilakukan untuk mengidentifikasi kendala dan keberhasilannya. Penelitian lain dapat menyelidiki dampak kurikulum integratif terhadap pembentukan karakter peserta didik dengan menganalisis keterkaitan antara penguasaan ilmu naqliyah dan aqliyah dalam membentuk kepribadian muslim yang utuh.
| File size | 597.75 KB |
| Pages | 14 |
| Short Link | https://juris.id/p-4I |
| DMCA | Report |
Related /
IAINPTKIAINPTK Pemahaman ini kemudian menjadi doktrin bahwa perceraian dalam hukum Islam sah tanpa harus menunggu putusan cerai dari pengadilan agama. Para penulis berargumentasiPemahaman ini kemudian menjadi doktrin bahwa perceraian dalam hukum Islam sah tanpa harus menunggu putusan cerai dari pengadilan agama. Para penulis berargumentasi
UNPAMUNPAM Obyek Penelitian dilakukan pada pegawai wanita yang bekerja pada sektor formal di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan accidentalObyek Penelitian dilakukan pada pegawai wanita yang bekerja pada sektor formal di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan accidental
UNUSAUNUSA Tabung pertama dan kedua dikocok delapan kali; tabung pertama diinkubasi selama 10 menit, sedangkan tabung kedua diinkubasi selama 25 menit. Tabung ketigaTabung pertama dan kedua dikocok delapan kali; tabung pertama diinkubasi selama 10 menit, sedangkan tabung kedua diinkubasi selama 25 menit. Tabung ketiga
UNUSAUNUSA Kesimpulannya, temuan ini mengonfirmasi bahwa malnutrisi dan infeksi cacing berkorelasi dengan prevalensi anemia pada siswa Sekolah Dasar Inpres Liliba,Kesimpulannya, temuan ini mengonfirmasi bahwa malnutrisi dan infeksi cacing berkorelasi dengan prevalensi anemia pada siswa Sekolah Dasar Inpres Liliba,
UMAUMA Data dan informasi yang terkumpul dikategorikan dan dianalisis, kemudian diinterpretasikan berdasarkan kategorinya. Dari hasil penelitian yang dilakukanData dan informasi yang terkumpul dikategorikan dan dianalisis, kemudian diinterpretasikan berdasarkan kategorinya. Dari hasil penelitian yang dilakukan
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana serta hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Metode yang digunakan adalah hukum normatif dan sosiologisPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana serta hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Metode yang digunakan adalah hukum normatif dan sosiologis
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Model pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. Siswa yang belajar dengan model iniModel pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. Siswa yang belajar dengan model ini
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT 1. 7 MoU Helsinki dan UU No. 11/2006, institusi ini harus ditelusuri akar‑nya dalam konteks Imamah, sosial‑politik, hukum, dan moral. Individu yang1. 7 MoU Helsinki dan UU No. 11/2006, institusi ini harus ditelusuri akar‑nya dalam konteks Imamah, sosial‑politik, hukum, dan moral. Individu yang
Useful /
IAINPTKIAINPTK PBL mendorong siswa aktif menyelesaikan masalah autentik sehingga memperdalam pemahaman konsep. Disarankan guru mempertimbangkan PBL sebagai alternatifPBL mendorong siswa aktif menyelesaikan masalah autentik sehingga memperdalam pemahaman konsep. Disarankan guru mempertimbangkan PBL sebagai alternatif
NINETYJOURNALNINETYJOURNAL Penilaian dilakukan secara berkala untuk mengukur kemajuan dan efektivitas OKR dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan. Dalam penelitian ini, dataPenilaian dilakukan secara berkala untuk mengukur kemajuan dan efektivitas OKR dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan. Dalam penelitian ini, data
E SIBERE SIBER Kompetensi guru berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Kurikulum independen berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Sistem informasiKompetensi guru berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Kurikulum independen berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Sistem informasi
APTKLHIAPTKLHI Suatu bunga dikatakan memiliki rasio emas jika rasio hasil perbandingan morfologi bunga menghasilkan angka 1,618 atau mendekati angka tersebut. DitemukannyaSuatu bunga dikatakan memiliki rasio emas jika rasio hasil perbandingan morfologi bunga menghasilkan angka 1,618 atau mendekati angka tersebut. Ditemukannya