IAIN MADURAIAIN MADURA
AL-IHKAM: Jurnal Hukum & Pranata SosialAL-IHKAM: Jurnal Hukum & Pranata SosialStudi ini menganalisis bagaimana resistensi terhadap kebijakan label halal di kalangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) telah memengaruhi pengalaman dan tantangan dalam mendidik serta menerapkan kebijakan makanan halal di Indonesia dan secara global, terutama di sektor makanan dan minuman yang melayani kebutuhan publik sehari-hari. Data dikumpulkan melalui kuesioner untuk menjelaskan alasan penolakan dan tingkatnya, serta wawancara semi-terstruktur untuk menjelajahi topik utama dalam narasi tematis. Penelitian menemukan bahwa resistensi UMKM terhadap label halal terjadi secara tersembunyi, berasal dari kesalahpahaman kebijakan label halal, perbedaan pemahaman standar halal antara UMKM, perspektif religius, dan peraturan pemerintah, serta ketidaksetujuan terhadap prosedur dan biaya yang kompleks. UMKM belum mengenali manfaat label halal bagi pertumbuhan bisnis dan inovasi, serta fokus pada kelangsungan hidup harian. UMKM perlu dukungan untuk maju dan inovasi, dan resistensi terhadap nilai halal dapat mengarah pada pelanggaran prinsip hukum Islam, terutama dalam produksi dan konsumsi.
Perlawanan pengusaha UMKM terhadap label halal mencerminkan kurangnya pemahaman tentang pentingnya sertifikasi halal, rendahnya permintaan konsumen, dan kurangnya dukungan pemerintah.Resisten tersembunyi didorong oleh biaya tinggi, beban administratif kompleks, dan tidak adanya keuntungan ekonomi yang jelas.Pendekatan edukasi yang menggabungkan fiqh klasik dan kerangka kebijakan modern diperlukan untuk memahami bahwa label halal adalah tanggung jawab moral, bukan hanya kewajiban administratif.
Penelitian lanjutan dapat memfokuskan pada pengembangan program edukasi yang berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan literasi halal di kalangan UMKM. Selain itu, perlu dilakukan studi tentang dampak ekonomi sertifikasi halal, khususnya untuk UMKM skala kecil, dan bagaimana kebijakan pemerintah dapat menyesuaikan regulasi dengan kenyataan sosial-ekonomi UMKM. Penelitian juga disarankan untuk membandingkan prinsip halal yang diterapkan secara lokal dengan standar internasional, terutama untuk memahami kontestasi nilai antara kebijakan pemerintah, doktrin agama, dan praktik bisnis UMKM.
- Views of commissioners, managers and healthcare professionals on the NHS Health Check programme: a systematic... bmjopen.bmj.com/content/7/11/e018606Views of commissioners managers and healthcare professionals on the NHS Health Check programme a systematic bmjopen bmj content 7 11 e018606
- Indonesian Journal of Religion, Spirituality, and Humanity. character education muslim world exploring... doi.org/10.18326/ijoresh.v3i1.76-100Indonesian Journal of Religion Spirituality and Humanity character education muslim world exploring doi 10 18326 ijoresh v3i1 76 100
- SERTIFIKASI HALAL SEBAGAI PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAMI DALAM UPAYA PERLINDUNGAN BAGI KONSUMEN MUSLIM... doi.org/10.15408/ajis.v17i1.1251SERTIFIKASI HALAL SEBAGAI PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAMI DALAM UPAYA PERLINDUNGAN BAGI KONSUMEN MUSLIM doi 10 15408 ajis v17i1 1251
- Evaluation of halal assurance system (HAS) implementation on bakery products processing in small and... iopscience.iop.org/article/10.1088/1755-1315/131/1/012023Evaluation of halal assurance system HAS implementation on bakery products processing in small and iopscience iop article 10 1088 1755 1315 131 1 012023
| File size | 1.63 MB |
| Pages | 31 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
SALNESIASALNESIA Metode pelaksanaan program ini meliputi observasi, perencanaan ide, proses kegiatan, pelatihan, dan pendampingan yang dimulai dengan pembuatan NIB, melengkapiMetode pelaksanaan program ini meliputi observasi, perencanaan ide, proses kegiatan, pelatihan, dan pendampingan yang dimulai dengan pembuatan NIB, melengkapi
UNP KEDIRIUNP KEDIRI Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengukur bagaimana label halal, kualitas produk dan electronic word of mouth (e-wom) memengaruhi keputusan pembelianTujuan dari penelitian ini ialah untuk mengukur bagaimana label halal, kualitas produk dan electronic word of mouth (e-wom) memengaruhi keputusan pembelian
UIGMUIGM Menjadi guru memiliki kewajiban dan tanggung jawab yang besar dalam proses pendidikan pada anak. Guru seringkali menghadapi beban kerja yang tinggi yangMenjadi guru memiliki kewajiban dan tanggung jawab yang besar dalam proses pendidikan pada anak. Guru seringkali menghadapi beban kerja yang tinggi yang
UINUIN Label halal sendiri memberikan keuntungan bagi pelaku usaha seperti meningkatkan kepercayaan konsumen, meraih pasar pangan halal global, meningkatkan marketabilityLabel halal sendiri memberikan keuntungan bagi pelaku usaha seperti meningkatkan kepercayaan konsumen, meraih pasar pangan halal global, meningkatkan marketability
Useful /
UTMUTM Keberagaman suku, adat, ras, dan agama di Indonesia merupakan bukti dari kekayaan nilai-nilai multikultural di Indonesia dalam semboyan Bhineka TunggalKeberagaman suku, adat, ras, dan agama di Indonesia merupakan bukti dari kekayaan nilai-nilai multikultural di Indonesia dalam semboyan Bhineka Tunggal
UIGMUIGM Selain itu, penelitian ini akan mengevaluasi dampak program terhadap ketahanan petani terhadap perubahan iklim dan bencana alam. Implementasi CollaborativeSelain itu, penelitian ini akan mengevaluasi dampak program terhadap ketahanan petani terhadap perubahan iklim dan bencana alam. Implementasi Collaborative
UINUIN Islam memberikan kesamaan hak antara laki-laki dan perempuan termasuk dalam bidang ekonomi. Namun penafsiran yang bias patriarki terhadap teks-teks AlquranIslam memberikan kesamaan hak antara laki-laki dan perempuan termasuk dalam bidang ekonomi. Namun penafsiran yang bias patriarki terhadap teks-teks Alquran
UNPARUNPAR PBB memiliki kewenangan untuk membantu negara-negara yang terlibat konflik apabila dianggap sudah sampai tahap darurat, dimana negara yang terlibat tidakPBB memiliki kewenangan untuk membantu negara-negara yang terlibat konflik apabila dianggap sudah sampai tahap darurat, dimana negara yang terlibat tidak