EDUPEDEDUPED
Progressive of Cognitive and AbilityProgressive of Cognitive and AbilityPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi picture word inductive model untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyusun teks deskriptif berbahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas XI MIPA-1 MAN 2 Cirebon. Untuk tahun pelajaran 2021/2022, jumlah keseluruhan siswa kelas adalah 34 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 27 siswa perempuan dan semuanya dijadikan objek penelitian. Setiap siklus ditempuh dengan empat langkah atau tahap yaitu perencanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Instrumen pengumpulan data yaitu berupa instrumen tes dan lembar observasi. Adapun analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik sederhana, yaitu dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan Strategi Picture Word Inductive Model dapat meningkatkan hasil belajar dalam menyusun teks Deskriptif berbahasa Inggris bagi siswa. Hal ini dibuktikan ada peningkatan hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 9,99 point sedangkan dari siklus 2 ke siklus 3 meningkat 7,53 point.
Setelah peneliti cermati selama dalam kegiatan Penelitian Tindakan Kelas dari proses sampai hasil, maka Peneliti menyimpulkan bahwa dengan menerapkan Strategi Picture Word Inductive Model dapat meningkatkan hasil belajar dalam menyusun teks Deskriptif berbahasa Inggris bagi siswa.Hal ini dibuktikan adanya peningkatan prestasi belajar dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 9,99 point sedangkan dari siklus 2 ke siklus 3 meningkat 7,53 point.Selanjutnya dari segi kategori juga meningkat dari C pada siklus 1, B pada siklus 2 dan A pada siklus 3.
Saran penelitian lanjutan dapat diarahkan untuk menggali lebih dalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas strategi Picture Word Inductive Model dalam berbagai konteks pembelajaran. Pertanyaan penelitian yang dapat diajukan adalah, Bagaimana pengaruh latar belakang siswa terhadap keberhasilan penerapan strategi ini dalam penyusunan teks deskriptif? Selain itu, penting juga untuk melakukan studi longitudinal yang meneliti dampak jangka panjang dari penerapan strategi ini pada keterampilan menulis siswa. Dengan mempertimbangkan berbagai metode pengajaran lain, peneliti dapat mengeksplorasi, Bagaimana perbandingan efektivitas Picture Word Inductive Model dengan strategi pengajaran lain dalam meningkatkan kemampuan menulis deskriptif?.
| File size | 620.17 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNDIKSHAUNDIKSHA Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran digital berbasis HTML dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum pembelajaran bahasaImplikasi dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran digital berbasis HTML dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum pembelajaran bahasa
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian melibatkan 25 siswa tunarungu dariPenelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian melibatkan 25 siswa tunarungu dari
EDUPEDEDUPED Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model rancangan Kemmis & Taggart. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 3 sebanyakPenelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model rancangan Kemmis & Taggart. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 3 sebanyak
UNMUNM Siswa yang diajarkan untuk menulis paragraf dengan menggunakan puisi yang mereka buat sendiri menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan denganSiswa yang diajarkan untuk menulis paragraf dengan menggunakan puisi yang mereka buat sendiri menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan
Useful /
UNDIKSHAUNDIKSHA Instrumen penelitian ini telah melalui uji reliabilitas dengan Cronbachs alpha untuk memastikan konsistensi dengan menggunakan instrumen berupa lembarInstrumen penelitian ini telah melalui uji reliabilitas dengan Cronbachs alpha untuk memastikan konsistensi dengan menggunakan instrumen berupa lembar
UNPARUNPAR Pandemi COVID-19 memberikan dampak signifikan terhadap UMKM di Indonesia, menyebabkan penurunan kinerja dari sisi permintaan dan suplai, serta ancamanPandemi COVID-19 memberikan dampak signifikan terhadap UMKM di Indonesia, menyebabkan penurunan kinerja dari sisi permintaan dan suplai, serta ancaman
UNPARUNPAR Salah satu argument utama dari tulisan ini adalah ketakutan atas munculnya konflik berakar dari ketidaktahuan atas unsur-unsur yang menjadi pra-kondisiSalah satu argument utama dari tulisan ini adalah ketakutan atas munculnya konflik berakar dari ketidaktahuan atas unsur-unsur yang menjadi pra-kondisi
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dibandingkan pembelajaranHasil menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dibandingkan pembelajaran