EDUPEDEDUPED

Progressive of Cognitive and AbilityProgressive of Cognitive and Ability

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi picture word inductive model untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyusun teks deskriptif berbahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas XI MIPA-1 MAN 2 Cirebon. Untuk tahun pelajaran 2021/2022, jumlah keseluruhan siswa kelas adalah 34 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 27 siswa perempuan dan semuanya dijadikan objek penelitian. Setiap siklus ditempuh dengan empat langkah atau tahap yaitu perencanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Instrumen pengumpulan data yaitu berupa instrumen tes dan lembar observasi. Adapun analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik sederhana, yaitu dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan Strategi Picture Word Inductive Model dapat meningkatkan hasil belajar dalam menyusun teks Deskriptif berbahasa Inggris bagi siswa. Hal ini dibuktikan ada peningkatan hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 9,99 point sedangkan dari siklus 2 ke siklus 3 meningkat 7,53 point.

Setelah peneliti cermati selama dalam kegiatan Penelitian Tindakan Kelas dari proses sampai hasil, maka Peneliti menyimpulkan bahwa dengan menerapkan Strategi Picture Word Inductive Model dapat meningkatkan hasil belajar dalam menyusun teks Deskriptif berbahasa Inggris bagi siswa.Hal ini dibuktikan adanya peningkatan prestasi belajar dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 9,99 point sedangkan dari siklus 2 ke siklus 3 meningkat 7,53 point.Selanjutnya dari segi kategori juga meningkat dari C pada siklus 1, B pada siklus 2 dan A pada siklus 3.

Saran penelitian lanjutan dapat diarahkan untuk menggali lebih dalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas strategi Picture Word Inductive Model dalam berbagai konteks pembelajaran. Pertanyaan penelitian yang dapat diajukan adalah, Bagaimana pengaruh latar belakang siswa terhadap keberhasilan penerapan strategi ini dalam penyusunan teks deskriptif? Selain itu, penting juga untuk melakukan studi longitudinal yang meneliti dampak jangka panjang dari penerapan strategi ini pada keterampilan menulis siswa. Dengan mempertimbangkan berbagai metode pengajaran lain, peneliti dapat mengeksplorasi, Bagaimana perbandingan efektivitas Picture Word Inductive Model dengan strategi pengajaran lain dalam meningkatkan kemampuan menulis deskriptif?.

  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #siswa kela ii#siswa kela ii
File size620.17 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test