EDUPEDEDUPED
Progressive of Cognitive and AbilityProgressive of Cognitive and AbilityPesantren sebagai lembaga pendidikan Islam terdampak pandemi covid-19. Untuk mempertahankan eksistensinya di era post pandemic, pesantren membutuhkan strategi yang tepat agar tidak mengganggu visi misi lembaga. Penelitian ini menggunakan metode literatur review untuk merumuskan strategi berbasis teori continuous improvement yang disesuaikan dengan ciri khas pesantren. Hasil menunjukkan bahwa penerapan strategi continuous improvement dapat meningkatkan mutu lembaga sekaligus mempertahankan keunikan pesantren sebagai pusat pendidikan agama.
Strategi continuous improvement dapat diterapkan pesantren di era post pandemic melalui tiga tahap.(1) mengidentifikasi permasalahan internal dan eksternal pasca pandemi, (2) menetapkan tujuan terukur berdasarkan input, dan (3) mengevaluasi hasil secara berkala untuk perbaikan berkelanjutan.Penerapan strategi ini perlu mempertimbangkan visi misi pesantren dan kebijakan pemerintah.
Penelitian lanjutan dapat mengkaji tiga aspek berikut: Pertama, bagaimana pengaruh perbedaan ciri khas pesantren (seperti program bahasa atau fiqih) terhadap efektivitas strategi continuous improvement. Kedua, peran teknologi dalam memfasilitasi proses perbaikan berkelanjutan di pesantren, terutama dalam pembelajaran jarak jauh. Ketiga, analisis terhadap dampak kebijakan pemerintah dan partisipasi masyarakat terhadap keberlanjutan strategi ini. Studi ini perlu dilakukan melalui pendekatan kualitatif di berbagai pesantren dengan latar belakang berbeda untuk menghasilkan model adaptif yang relevan dengan konteks lokal.
| File size | 620.31 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
EDUPEDEDUPED Masing-masing siklus terdiri dari beberapa langkah, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapanMasing-masing siklus terdiri dari beberapa langkah, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
EDUPEDEDUPED Peningkatan ini ditunjukkan oleh peningkatan kinerja guru, peningkatan aktivitas siswa, serta peningkatan rata-rata nilai dan jumlah siswa yang tuntasPeningkatan ini ditunjukkan oleh peningkatan kinerja guru, peningkatan aktivitas siswa, serta peningkatan rata-rata nilai dan jumlah siswa yang tuntas
EDUPEDEDUPED Peneliti terlebih dahulu melakukan studi terhadap beberapa buku, jurnal, prosiding, dan sebagainya. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi PekertiPeneliti terlebih dahulu melakukan studi terhadap beberapa buku, jurnal, prosiding, dan sebagainya. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
EDUPEDEDUPED Ahmad Dahlan Sipirok berasal dari latar belakang heterogen, sehingga asatidzah menerapkan metode pengajaran yang menanamkan semangat dan kepercayaan diri.Ahmad Dahlan Sipirok berasal dari latar belakang heterogen, sehingga asatidzah menerapkan metode pengajaran yang menanamkan semangat dan kepercayaan diri.
Useful /
UMMUMM 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, yang mengabaikan keunikan nilai-nilai lokal dalam kerangka hubungan ketenagakerjaan. Studi ini menggunakan metode13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, yang mengabaikan keunikan nilai-nilai lokal dalam kerangka hubungan ketenagakerjaan. Studi ini menggunakan metode
EDUPEDEDUPED Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan bulan Juni 2022. Subyek penelitian adalah siswa kelas III di MI Maarif Serut, Bantul. Teknik pengumpulanPenelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan bulan Juni 2022. Subyek penelitian adalah siswa kelas III di MI Maarif Serut, Bantul. Teknik pengumpulan
EDUPEDEDUPED Penelitian ini merupakan mixed method, yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII dan guru SMAN 1Penelitian ini merupakan mixed method, yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII dan guru SMAN 1
EDUPEDEDUPED (3) Eefektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi bilangan kelas VII. Hal ini didasarkan pada hasil ketuntasan belajar siswa,(3) Eefektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi bilangan kelas VII. Hal ini didasarkan pada hasil ketuntasan belajar siswa,