EDUPEDEDUPED
Progressive of Cognitive and AbilityProgressive of Cognitive and AbilityTujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa : (1) pengaruh penerapan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII di SMPN 4 Tulungagung pada materi bangun ruang sisi datar, (2) perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari self-efficacy siswa, (3) interaksi antara model pembelajaran reciprocal teaching dengan kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari self-efficacy siswa, (4) interaksi antara model pembelajaran reciprocal teaching dengan kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-efficacy. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 4 Tulungagung dan sampel yang digunakan adalah kelas VIII‑G dan VIII‑H dengan jumlah 61 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan kuisioner. Analisis data yang digunakan meliputi uji kesetimbangan, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji komparasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dimana Fhitung lebih besar daripada Ftabel (7,73>4,06); (2) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa ditinjau dari self‑efficacy siswa dimana Fhitung lebih besar daripada Ftabel (20,35>3,21); (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran reciprocal teaching dengan kemampuan pemahaman konsep matematis dan self‑efficacy siswa dimana Fhitung lebih kecil daripada Ftabel (0,605<3,21).
Model reciprocal teaching secara signifikan meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar di SMPN 4 Tulungagung.Terdapat perbedaan yang signifikan dalam pemahaman konsep berdasarkan tingkat self‑efficacy siswa, dimana kelompok dengan self‑efficacy rendah dan sedang menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan kelompok dengan self‑efficacy sedang‑tinggi serta tinggi‑rendah.Tidak ditemukan efek interaksi antara model reciprocal teaching, pemahaman konsep matematis, dan self‑efficacy siswa.
Penelitian selanjutnya dapat melakukan studi longitudinal untuk mengevaluasi dampak model reciprocal teaching terhadap pemahaman konsep matematis siswa selama beberapa semester, sehingga dapat mengamati keberlanjutan dan perubahan efek seiring waktu. Selain itu, diperlukan penyelidikan mengenai efektivitas penggunaan media digital berbasis reciprocal teaching, misalnya aplikasi interaktif atau platform e‑learning, dalam meningkatkan motivasi dan self‑efficacy siswa pada materi matematika. Selanjutnya, penelitian dapat mengeksplorasi peran pelatihan guru secara intensif dalam penerapan reciprocal teaching, dengan membandingkan kelompok guru yang memperoleh pelatihan mendalam versus yang hanya mendapatkan orientasi singkat, untuk menilai bagaimana kompetensi guru mempengaruhi hasil belajar siswa yang memiliki variasi tingkat self‑efficacy.
- Karakteristik Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Ranah Kognitif yang Dikembangkan Mengacu pada... ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/3897Karakteristik Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Ranah Kognitif yang Dikembangkan Mengacu pada ejournal uin suska ac index php SJME article view 3897
- HUBUNGAN ANTARA SELF-CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MTSN 4 BANDUNG BARAT... doi.org/10.29407/nor.v5i1.12087HUBUNGAN ANTARA SELF CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MTSN 4 BANDUNG BARAT doi 10 29407 nor v5i1 12087
- Pengaruh Model Reciprocal Teaching terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Efficacy... journals.eduped.org/index.php/jpr/article/view/32Pengaruh Model Reciprocal Teaching terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Ditinjau dari Self Efficacy journals eduped index php jpr article view 32
- Pengaruh Guided Discovery Learning Terhadap Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa | Dewi... jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jpmipa/article/view/18542Pengaruh Guided Discovery Learning Terhadap Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Siswa Dewi jurnal fkip unila ac index php jpmipa article view 18542
| File size | 547.85 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
EDUPEDEDUPED Pengembangan media pembelajaran berupa video pembelajaran kelas III SD tema 6 “Energi dan Perubahannya dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaranPengembangan media pembelajaran berupa video pembelajaran kelas III SD tema 6 “Energi dan Perubahannya dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran
EDUPEDEDUPED Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada siswa kelas VI SDN Baratan 01 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahunPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada siswa kelas VI SDN Baratan 01 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Uji hipotesis menggunakan ANAVA dan MANOVA. Hasil penelitian terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran ARIASUji hipotesis menggunakan ANAVA dan MANOVA. Hasil penelitian terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran ARIAS
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Kelas eksperimen memperoleh rata‑rata nilai akhir 74,2, lebih tinggi dibanding kelas kontrol 66,17, dan uji‑t menunjukkan t‑hitung 3,418 > t‑tabelKelas eksperimen memperoleh rata‑rata nilai akhir 74,2, lebih tinggi dibanding kelas kontrol 66,17, dan uji‑t menunjukkan t‑hitung 3,418 > t‑tabel
Useful /
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Penelitian ini difokuskan dalam penggunaan Model Kooperatif Think Pair Share (TPS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada volume kubus dan balokPenelitian ini difokuskan dalam penggunaan Model Kooperatif Think Pair Share (TPS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada volume kubus dan balok
IBNTEGALIBNTEGAL Kesesuaian antara temuan ilmiah modern dan penjelasan dalam al-Quran memperkuat keyakinan akan kebenaran Al-Quran sebagai petunjuk bagi umat manusia. DenganKesesuaian antara temuan ilmiah modern dan penjelasan dalam al-Quran memperkuat keyakinan akan kebenaran Al-Quran sebagai petunjuk bagi umat manusia. Dengan
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar keterampilan proses siswa melalui penerapan media pembelajaran teori kinetik gas berbasisPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar keterampilan proses siswa melalui penerapan media pembelajaran teori kinetik gas berbasis
ISI YogyakartaISI Yogyakarta Tulisan ini, dengan mengadaptasi pemikiran di dalam ilmu teknik berhasil memformulasikan sebuah metodologi untuk memahami disrupsi di dalam musik. MetodologiTulisan ini, dengan mengadaptasi pemikiran di dalam ilmu teknik berhasil memformulasikan sebuah metodologi untuk memahami disrupsi di dalam musik. Metodologi