MAHADEWAMAHADEWA
Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar geografi dalam materi Pola Keruangan Desa Kota pada siswa kelas XIl IPS 3 SMA Negeri 2 Denpasar semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021.
Penerapan pembelajaran daring berbasis google classroom dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa pada materi Pola Keruangan Desa Kota untuk siswa kelas XIl IPS 3 Semester Ganjil SMA Negeri 2 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021.Hal ini dapat dilihat dari Pada siklus I ke siklus II Hasil belajar rata-rata kelas mengalami peningkatan yaitu 72,56 menjadi 84,02.daya serap (DS) 72,56% meningkat menjadi 84,02% sedangkan ketuntasan belajar klasikal 53,65% menjadi 92,68%.Untuk motivasi belajar nilainya 5,57 menjadi 6,92 sedangkan rata-rata motivasi belajar sebesar 67,90 (kategori sedang) menjadi 84,39 (kategori tinggi),.
Dalam pelaksanaan pembelajaran daring berbasis google classroom, guru harus mempersiapkan dan memanfaatkan model pembelajaran termasuk juga pemanfaatan teknologi tepat guna sehingga dapat mendukung pelaksanaan proses pembelajaran walaupun tidak bertenya di kelas konvensional. Guru juga perlu menyusun dan menginformasikan pemanfaatan google classroom agar memudahkan siswa memanfaatkan aplikasi namun ketika proses tersebut sudah dilakukan belulang maka siswa akan terbiasa memanfaatkan fitur yang ada dalam google classroom mulai dari ruang diskusi, pengumpulan tugas, absensi termasuk juga pemanfaatan google form sebagai penunjang dalam pengumpulan tugas ataupun absensi dan kuis yang dilakukan. Selain itu, guru harus mengetahui jenis motivasi apa yang harus diberikan kepada siswa yang memiliki karakter yang berbeda-beda serta disesuaikan dengan lingkungan belajar siswa.
| File size | 117.11 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Data motivasi belajar dikumpulkan dengan angket dan data prestasi belajar dikumpulkan dengan tes objektif. Uji validitas angket dan uji dianalisis denganData motivasi belajar dikumpulkan dengan angket dan data prestasi belajar dikumpulkan dengan tes objektif. Uji validitas angket dan uji dianalisis dengan
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar keterampilan proses siswa melalui penerapan media pembelajaran teori kinetik gas berbasisPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar keterampilan proses siswa melalui penerapan media pembelajaran teori kinetik gas berbasis
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Kelas eksperimen memperoleh rata‑rata nilai akhir 74,2, lebih tinggi dibanding kelas kontrol 66,17, dan uji‑t menunjukkan t‑hitung 3,418 > t‑tabelKelas eksperimen memperoleh rata‑rata nilai akhir 74,2, lebih tinggi dibanding kelas kontrol 66,17, dan uji‑t menunjukkan t‑hitung 3,418 > t‑tabel
MAHADEWAMAHADEWA Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Data aktivitas belajar siswaPenelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Data aktivitas belajar siswa
Useful /
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar. (2). Aktivitas siswa dikumpulkan melalui pedoman observasi. Data dianalisis secara deskriptifHasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar. (2). Aktivitas siswa dikumpulkan melalui pedoman observasi. Data dianalisis secara deskriptif
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Selama tiga bulan, kegiatan menunjukkan peningkatan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa kelas II SMA Al Maaruf Nu Sinah di bidang front office, bellboy,Selama tiga bulan, kegiatan menunjukkan peningkatan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa kelas II SMA Al Maaruf Nu Sinah di bidang front office, bellboy,
MAHADEWAMAHADEWA Selain itu juga dengan adanya implementasi ini selain hasil belajar siswa yang meningkat ternyata keaktifan serta motivasi siswa untuk belajar juga meningkat.Selain itu juga dengan adanya implementasi ini selain hasil belajar siswa yang meningkat ternyata keaktifan serta motivasi siswa untuk belajar juga meningkat.
IJAINIJAIN This research uses both simulation and real datasets. The simulation generates 7 stationary data models and another 7 of non-stationary data models. OnThis research uses both simulation and real datasets. The simulation generates 7 stationary data models and another 7 of non-stationary data models. On