EDUPEDEDUPED
Progressive of Cognitive and AbilityProgressive of Cognitive and AbilityPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan metode Pembelajaran Berbasis Masalah dalam mewujudkan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan serta meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran IPA pada Pokok Bahasan Gerak Benda dan Makhluk Hidup di lingkungan sekitar Siswa Kelas VIII A Semester Ganjil MTsN 1 Purwakarta Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan pada bulan Juli s.d Nopember 2021 dengan 2 siklus terdapat temuan-temuan berikut: 1) kinerja guru meningkat sebesar 25 % dari siklus 1 (62,50%) ke siklus 2 (87,50%); 2) aktifitas kegiatan siswa meningkat 30,88% dari siklus 1 (54,41%) ke siklus 2 (85,29%); 3) rata-rata prestasi belajar dari Pra PTK ke Siklus 1 meningkat sebesar 8,31 sehingga rata-rata prestasi belajar pada Pra PTK 68,53 menjadi 76,84 pada siklus 1; dan 4) rata-rata prestasi belajar dari Sikulus 1 ke Siklus 2 meningkat sebesar 2,44 sehingga rata-rata prestasi belajar pada siklus 1 sebesar 76,84 menjadi 79,28 pada siklus 2.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran berbasis masalah dapat mewujudkan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan pada mata pelajaran IPA.Selain itu, metode ini juga terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.Peningkatan ini ditunjukkan oleh peningkatan kinerja guru, peningkatan aktivitas siswa, serta peningkatan rata-rata nilai dan jumlah siswa yang tuntas belajar dari siklus ke siklus.
Berdasarkan hasil penelitian ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk menginvestigasi pengaruh metode pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran IPA. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan instrumen penilaian yang lebih komprehensif untuk mengukur efektivitas metode pembelajaran berbasis masalah secara lebih akurat. Ketiga, penelitian dapat dilakukan dengan melibatkan lebih banyak sekolah dan siswa untuk memperluas generalisasi temuan penelitian ini. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan metode pembelajaran IPA yang lebih efektif dan inovatif, serta meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Dengan demikian, siswa dapat lebih termotivasi untuk belajar IPA dan mencapai prestasi yang lebih baik.
| File size | 905.03 KB |
| Pages | 12 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
EDUPEDEDUPED Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas rendah Sekolah Dasar. Penelitian ini termasukPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas rendah Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Data motivasi belajar dikumpulkan dengan angket dan data prestasi belajar dikumpulkan dengan tes objektif. Uji validitas angket dan uji dianalisis denganData motivasi belajar dikumpulkan dengan angket dan data prestasi belajar dikumpulkan dengan tes objektif. Uji validitas angket dan uji dianalisis dengan
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Dalam hal ini, proses pembelajaran berbasis pendekatan inkuiri cocok untuk melatih siswa menciptakan sikap aktif, berpikir kritis, mampu memecahkan masalah,Dalam hal ini, proses pembelajaran berbasis pendekatan inkuiri cocok untuk melatih siswa menciptakan sikap aktif, berpikir kritis, mampu memecahkan masalah,
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pola Lesson Study terhadap kemampuan memecahkanPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pola Lesson Study terhadap kemampuan memecahkan
Useful /
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Subyek penelitian ini adalah 12 siswa kelas V semester 2 tahun ajaran 2021/2022. Data penelitian adalah: (1). Hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tesSubyek penelitian ini adalah 12 siswa kelas V semester 2 tahun ajaran 2021/2022. Data penelitian adalah: (1). Hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes
EDUPEDEDUPED Masing-masing siklus terdiri dari beberapa langkah, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) rata-rataMasing-masing siklus terdiri dari beberapa langkah, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) rata-rata
EDUPEDEDUPED Masing-masing siklus terdiri dari beberapa langkah, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapanMasing-masing siklus terdiri dari beberapa langkah, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
EDUPEDEDUPED Subyek penelitian adalah siswa kelas XII dan guru SMAN 1 Cariu. Adapun instrumen pengumpulan data yaitu berupa lembar observasi dan instrumen tes. AnalisisSubyek penelitian adalah siswa kelas XII dan guru SMAN 1 Cariu. Adapun instrumen pengumpulan data yaitu berupa lembar observasi dan instrumen tes. Analisis