MAHADEWAMAHADEWA
Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen penilaian tematik berbasis HOTS yang berkualitas secara teoretis dan empiris untuk peserta didik kelas IV SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan, dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) potensi masalah, (2) perencanaan, (3) desain produk, (4) validasi produk oleh ahli, (5) revisi produk, (6) uji coba produk, (7) produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian tematik yang dikembangkan memiliki kualitas secara teoretis dan empiris. Kualitas secara teoretis berdasarkan penilaian dari 3 ahli yang menyimpulkan semua soal layak digunakan, karena terpenuhinya kriteria penulisan butir soal dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Dari kriteria HOTS, 40 soal memenuhi kriteria soal yaitu terpenuhinya aspek materi. Kualitas secara empiris berdasarkan analisis hasil uji coba lapangan. Semua butir soal memenuhi syarat validitas dan reliabilitas, dengan tingkat kesukarannya 32,5% soal mudah, sedang 57,5%, dan sukar 10%. Dari segi keefektifan distraktor ada 97,5% pengecoh berfungsi dan 2,5% pengecoh tidak berfungsi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian tematik berbasis HOTS yang dikembangkan layak untuk dipakai pada penilaian harian.Instrumen penilaian tematik berbasis HOTS secara teoretis dan empiris telah memenuhi kriteria yang ditetapkan.Pengembangan instrumen ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas penilaian pembelajaran tematik di sekolah dasar, dan mendorong guru untuk menerapkan instrumen penilaian berbasis HOTS dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian, saran penelitian lanjutan meliputi: (1) Pengembangan instrumen penilaian tematik berbasis HOTS untuk tema dan kelas lainnya, dengan mempertimbangkan variasi materi dan tingkat kesulitan soal yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. (2) Melakukan penelitian lebih lanjut untuk menginvestigasi efektivitas penggunaan instrumen penilaian tematik berbasis HOTS dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik, dengan melibatkan kelompok kontrol dan eksperimen. (3) Mengembangkan pelatihan bagi guru dalam penyusunan soal HOTS, serta memberikan pendampingan dalam implementasi penilaian berbasis HOTS di kelas, sehingga guru memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang prinsip-prinsip HOTS dan mampu mengaplikasikannya dalam praktik pembelajaran.
| File size | 224.43 KB |
| Pages | 15 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UIDUID Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya hukum mencegah kerugian konsumen akibat barang rusak dan tanggung jawab pelaku usaha memberikan ganti rugi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya hukum mencegah kerugian konsumen akibat barang rusak dan tanggung jawab pelaku usaha memberikan ganti rugi.
MAHADEWAMAHADEWA Penelitian dikatakan berhasil bila memenuhi kriteria: (1) nilai rata-rata tes akhir pembelajaran Matematika materi materi peluang kejadian saling lepasPenelitian dikatakan berhasil bila memenuhi kriteria: (1) nilai rata-rata tes akhir pembelajaran Matematika materi materi peluang kejadian saling lepas
MAHADEWAMAHADEWA Setiap siklusnya dilakukan kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan tindakan tersebut diperoleh hasil penelitian menunjukanSetiap siklusnya dilakukan kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan tindakan tersebut diperoleh hasil penelitian menunjukan
MAHADEWAMAHADEWA Analisis data menggunakan model analisis deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah nilai KKM sebesar 72Analisis data menggunakan model analisis deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah nilai KKM sebesar 72
Useful /
UIDUID Pembentukan daerah harus memenuhi persyaratan teknis yang meliputi faktor yang menjadi dasar pembentukan daerah serta mencakup faktor kemampuan ekonomi,Pembentukan daerah harus memenuhi persyaratan teknis yang meliputi faktor yang menjadi dasar pembentukan daerah serta mencakup faktor kemampuan ekonomi,
UMMUMM Fenomena ini menantang keabsahan Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, yang mengabaikan keunikan nilai-nilai lokal dalam kerangka hubunganFenomena ini menantang keabsahan Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, yang mengabaikan keunikan nilai-nilai lokal dalam kerangka hubungan
MAHADEWAMAHADEWA Model pembelajaran inkuiri juga efektif meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI P MIPA2 di SMA Negeri 1 Ubud Tahun Pelajaran 2021/2022. PenerapanModel pembelajaran inkuiri juga efektif meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI P MIPA2 di SMA Negeri 1 Ubud Tahun Pelajaran 2021/2022. Penerapan
MAHADEWAMAHADEWA Populasi guru SD Negeri berjumlah 131 orang, sampel berjumlah 50 orang diambil dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket.Populasi guru SD Negeri berjumlah 131 orang, sampel berjumlah 50 orang diambil dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket.