MAHADEWAMAHADEWA

Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Indonesian Journal of Educational Development (IJED)

Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen penilaian tematik berbasis HOTS yang berkualitas secara teoretis dan empiris untuk peserta didik kelas IV SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan, dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) potensi masalah, (2) perencanaan, (3) desain produk, (4) validasi produk oleh ahli, (5) revisi produk, (6) uji coba produk, (7) produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian tematik yang dikembangkan memiliki kualitas secara teoretis dan empiris. Kualitas secara teoretis berdasarkan penilaian dari 3 ahli yang menyimpulkan semua soal layak digunakan, karena terpenuhinya kriteria penulisan butir soal dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Dari kriteria HOTS, 40 soal memenuhi kriteria soal yaitu terpenuhinya aspek materi. Kualitas secara empiris berdasarkan analisis hasil uji coba lapangan. Semua butir soal memenuhi syarat validitas dan reliabilitas, dengan tingkat kesukarannya 32,5% soal mudah, sedang 57,5%, dan sukar 10%. Dari segi keefektifan distraktor ada 97,5% pengecoh berfungsi dan 2,5% pengecoh tidak berfungsi.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian tematik berbasis HOTS yang dikembangkan layak untuk dipakai pada penilaian harian.Instrumen penilaian tematik berbasis HOTS secara teoretis dan empiris telah memenuhi kriteria yang ditetapkan.Pengembangan instrumen ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas penilaian pembelajaran tematik di sekolah dasar, dan mendorong guru untuk menerapkan instrumen penilaian berbasis HOTS dalam proses pembelajaran.

Berdasarkan hasil penelitian, saran penelitian lanjutan meliputi: (1) Pengembangan instrumen penilaian tematik berbasis HOTS untuk tema dan kelas lainnya, dengan mempertimbangkan variasi materi dan tingkat kesulitan soal yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. (2) Melakukan penelitian lebih lanjut untuk menginvestigasi efektivitas penggunaan instrumen penilaian tematik berbasis HOTS dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik, dengan melibatkan kelompok kontrol dan eksperimen. (3) Mengembangkan pelatihan bagi guru dalam penyusunan soal HOTS, serta memberikan pendampingan dalam implementasi penilaian berbasis HOTS di kelas, sehingga guru memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang prinsip-prinsip HOTS dan mampu mengaplikasikannya dalam praktik pembelajaran.

  1. #instrumen penilaian tematik#instrumen penilaian tematik
File size224.43 KB
Pages15
DMCAReportReport

ads-block-test