PNBPNB

International Journal of Green Tourism Research and ApplicationsInternational Journal of Green Tourism Research and Applications

Penelitian ini membahas kontribusi pemesanan platform online terhadap tingkat hunian kamar di The Haven Hotel Bali Seminyak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan kontribusi pemesanan platform online terhadap tingkat hunian kamar dan untuk mengetahui platform online mana yang paling berkontribusi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa kontribusi rata-rata persentase platform online selama empat tahun selalu berfluktuasi setiap tahunnya. Expedia selama empat tahun terakhir berkontribusi sebesar 21,63% tingkat hunian kamar, Booking.com selama empat tahun terakhir berkontribusi sebesar 21,50% tingkat hunian kamar, Agoda selama empat tahun terakhir berkontribusi sebesar 10,66% tingkat hunian kamar, Traveloka selama empat tahun terakhir berkontribusi sebesar 1,51% tingkat hunian kamar, dan Hotelbed selama empat tahun terakhir berkontribusi sebesar 2,14% tingkat hunian kamar. Expedia berkontribusi paling banyak, yaitu 21,63% dari kontribusi tingkat hunian kamar selama empat tahun terakhir.

Kontribusi rata-rata persentase platform online selama empat tahun selalu berfluktuasi setiap tahun.Expedia selama empat tahun terakhir berkontribusi sebesar 21,63% tingkat hunian kamar, Booking.com selama empat tahun terakhir berkontribusi sebesar 21,50% tingkat hunian kamar, Agoda selama empat tahun terakhir berkontribusi sebesar 10,66% tingkat hunian kamar, Traveloka selama empat tahun terakhir berkontribusi sebesar 1,51% tingkat hunian kamar, dan Hotelbed selama empat tahun terakhir berkontribusi sebesar 2,14% tingkat hunian kamar.Expedia berkontribusi paling banyak, yaitu 21,63% dari kontribusi tingkat hunian kamar selama empat tahun terakhir.Dalam upaya meningkatkan tingkat hunian kamar, The Haven Hotel Bali Seminyak harus bekerja lebih erat dengan platform online lainnya dan lebih giat dalam melakukan promosi.

Berdasarkan penelitian ini, terdapat beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan. Pertama, penelitian selanjutnya dapat menginvestigasi lebih dalam mengenai faktor-faktor yang memengaruhi preferensi konsumen dalam memilih platform pemesanan online, seperti kemudahan penggunaan, reputasi platform, atau penawaran harga yang kompetitif. Hal ini penting untuk memahami perilaku konsumen dan menyesuaikan strategi pemasaran yang lebih efektif. Kedua, penelitian dapat dilakukan untuk mengeksplorasi dampak dari strategi pemasaran yang berbeda pada masing-masing platform online terhadap tingkat hunian kamar, dengan mempertimbangkan karakteristik unik dari setiap platform. Dengan demikian, hotel dapat mengoptimalkan alokasi sumber daya pemasaran dan meningkatkan efektivitas kampanye promosi. Ketiga, penelitian dapat mengkaji bagaimana integrasi teknologi baru, seperti kecerdasan buatan (AI) dan analisis data besar (big data), dapat digunakan untuk memprediksi permintaan kamar dan menyesuaikan harga secara dinamis, sehingga memaksimalkan pendapatan dan tingkat hunian kamar. Integrasi teknologi ini dapat membantu hotel dalam membuat keputusan yang lebih cerdas dan responsif terhadap perubahan pasar. Ketiga saran ini, jika diimplementasikan, diharapkan dapat memberikan wawasan berharga bagi The Haven Hotel Bali Seminyak dalam meningkatkan kinerja bisnis dan daya saing di pasar pariwisata yang semakin kompetitif.

  1. The impact of hotel staff appraisal to career development | International Journal of Green Tourism Research... doi.org/10.31940/ijogtra.v1i1.1632The impact of hotel staff appraisal to career development International Journal of Green Tourism Research doi 10 31940 ijogtra v1i1 1632
  2. Implementing tri hita karana values in Grand Inna Kuta’s corporate social responsibility program... ojs.pnb.ac.id/index.php/IJOGTRA/article/view/1872Implementing tri hita karana values in Grand Inna KutaAos corporate social responsibility program ojs pnb ac index php IJOGTRA article view 1872
  3. Three-cluster policy in the implementation of corporate social responsibility at Intercontinental Bali... doi.org/10.31940/ijogtra.v2i1.1874Three cluster policy in the implementation of corporate social responsibility at Intercontinental Bali doi 10 31940 ijogtra v2i1 1874
  4. Contribution of online platform reservations to increase room occupancy at The Haven Hotel Bali Seminyak... ojs.pnb.ac.id/index.php/IJOGTRA/article/view/2071Contribution of online platform reservations to increase room occupancy at The Haven Hotel Bali Seminyak ojs pnb ac index php IJOGTRA article view 2071
File size288.72 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test