ETDCIETDCI
Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan MatematikaKognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan MatematikaBerpikir kreatif dan kemandirian belajar merupakan dua hal yang penting ditingkatkan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan menelusuri dampak kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa melalui pendekatan ex post facto dengan instrumen angket dan tes berpikir kreatif yang dikembangkan sendiri. Sebanyak 285 siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Malili dilibatkan dalam penelitian ini. Analisis regresi linear sederhana digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil menunjukkan bahwa kemandirian belajar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Kemandirian belajar siswa berada pada kategori sedang, sedangkan kemampuan berpikir kreatif matematikanya termasuk cukup kreatif. Temuan ini memberikan kontribusi terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran matematika yang lebih efektif.
Kemandirian belajar siswa di Kecamatan Malili berada pada kategori sedang, dan kemampuan berpikir kreatif matematika mereka termasuk cukup kreatif.Terdapat pengaruh signifikan dari kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa.Penelitian ini memiliki keterbatasan karena tidak mempertimbangkan variabel lain seperti motivasi dan gaya belajar yang juga dapat memengaruhi kemampuan berpikir kreatif siswa.
Penelitian selanjutnya bisa mengeksplorasi hubungan antara motivasi intrinsik dengan kemandirian belajar untuk melihat apakah motivasi memperkuat pengaruh kemandirian belajar terhadap berpikir kreatif matematika. Selain itu, perlu ada studi yang membandingkan kemampuan berpikir kreatif siswa antara model pembelajaran daring dan luring dengan mempertimbangkan tingkat kemandirian belajar mereka. Terakhir, penelitian yang mengkaji dampak gaya belajar (visual, auditorial, kinestetik) terhadap efektivitas kemandirian belajar dalam meningkatkan berpikir kreatif matematika akan memberikan wawasan lebih dalam bagi pendidik dalam merancang pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa.
- KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID -19: SELF-REGULATED... doi.org/10.21009/pip.342.9KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID 19 SELF REGULATED doi 10 21009 pip 342 9
- Pengaruh Kemadirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa | Kognitif: Jurnal Riset... etdci.org/journal/kognitif/article/view/386Pengaruh Kemadirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kognitif Jurnal Riset etdci journal kognitif article view 386
- The Relationship between Higher Order Thinking Skills and Academic Performance of Student in Mathematics... ccsenet.org/journal/index.php/ies/article/view/68836The Relationship between Higher Order Thinking Skills and Academic Performance of Student in Mathematics ccsenet journal index php ies article view 68836
- Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan Pecahan | Kognitif: Jurnal Riset... etdci.org/journal/kognitif/article/view/5Permainan AuUlar Tangga MatematikaAy Pada Materi Bilangan Pecahan Kognitif Jurnal Riset etdci journal kognitif article view 5
| File size | 354.3 KB |
| Pages | 9 |
| Short Link | https://juris.id/p-km |
| DMCA | Report |
Related /
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Tujuan penelitian untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalarn pembelajaran Seni Budaya di kelas VII-5 SMP Negeri 1 Patumbak T. P. 2015/2016. ManfaatTujuan penelitian untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalarn pembelajaran Seni Budaya di kelas VII-5 SMP Negeri 1 Patumbak T. P. 2015/2016. Manfaat
PTTIPTTI Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan taman bacaan secara rutin, yaitu setiap hari Minggu pukul 09.00 di Orchid Park Kemlakagede Village,Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan taman bacaan secara rutin, yaitu setiap hari Minggu pukul 09.00 di Orchid Park Kemlakagede Village,
UNDIKSHAUNDIKSHA Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang telah divalidasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh pembelajaranData dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang telah divalidasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh pembelajaran
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian melibatkan 25 siswa tunarungu dariPenelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian melibatkan 25 siswa tunarungu dari
MAHESA CENTERMAHESA CENTER Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang tari anak dalam perkembangan intelektual, sosial emosional, dan multikultural. Teknik pengambilan dataKajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang tari anak dalam perkembangan intelektual, sosial emosional, dan multikultural. Teknik pengambilan data
POLNESPOLNES Hasil uji koefisien determinasi mengungkapkan kontribusi pelayanan terhadap kepuasan wisatawan sebesar 61%, sedangkan 39% dipengaruhi oleh faktor lain.Hasil uji koefisien determinasi mengungkapkan kontribusi pelayanan terhadap kepuasan wisatawan sebesar 61%, sedangkan 39% dipengaruhi oleh faktor lain.
UMJAMBIUMJAMBI Berdasarkan analisis regresi linear berganda PDRB (X2) mempunyai hubungan positif terhadap jumlah penduduk miskin dimana jika PDRB naik 1 persen maka jumlahBerdasarkan analisis regresi linear berganda PDRB (X2) mempunyai hubungan positif terhadap jumlah penduduk miskin dimana jika PDRB naik 1 persen maka jumlah
UACUAC Konsep RSD telah berkontribusi pada model pembelajaran berbasis penelitian di kalangan siswa di Australia dan negara barat lainnya, baik di kalangan siswaKonsep RSD telah berkontribusi pada model pembelajaran berbasis penelitian di kalangan siswa di Australia dan negara barat lainnya, baik di kalangan siswa
Useful /
POLMAN BABELPOLMAN BABEL Alat pemotong pantiaw berhasil menciptakan pemotongan yang seragam dengan lebar 7 mm dan kapasitas 0,5 kg dalam satu proses, namun mengalami kegagalanAlat pemotong pantiaw berhasil menciptakan pemotongan yang seragam dengan lebar 7 mm dan kapasitas 0,5 kg dalam satu proses, namun mengalami kegagalan
POLMAN BABELPOLMAN BABEL Gaya tekan dan momen torsi yang minimum dapat diperoleh dengan menggunakan sudut ujung pahat, kecepatan spindel, dan kecepatan makan masing-masing adalahGaya tekan dan momen torsi yang minimum dapat diperoleh dengan menggunakan sudut ujung pahat, kecepatan spindel, dan kecepatan makan masing-masing adalah
UNDIKSHAUNDIKSHA Sehingga, dapat disimpulkan bahwa meningkatkan praktik kepemimpinan di sekolah dapat secara signifikan berkontribusi terhadap peningkatan motivasi guru,Sehingga, dapat disimpulkan bahwa meningkatkan praktik kepemimpinan di sekolah dapat secara signifikan berkontribusi terhadap peningkatan motivasi guru,
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Oleh karena itu, model ini direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Model pembelajaran berbasis masalah efektifOleh karena itu, model ini direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Model pembelajaran berbasis masalah efektif