LATANSAMASHIROLATANSAMASHIRO

PEMTEKDIKMAS (PENGABDIAN EKONOMI MULTIDISIPLIN TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNTUK MASYARAKAT)PEMTEKDIKMAS (PENGABDIAN EKONOMI MULTIDISIPLIN TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNTUK MASYARAKAT)

Pendidikan agama Islam merupakan salah satu aspek penting dalam pembentukan karakter dan akhlak siswa. Ada berbagai lembaga Pendidikan Islam yang salah satunya adalah madrasah. Kiprah madrasah dalam membangun karakter bangsa dengan penanaman nilai‑nilai agama sebagai bagian dalam penyelenggaraan pendidikan disamping pemberian ilmu pengetahuan perlu menjadi perhatian. Karena penyelenggaraan pendidikan madrasah telah mendorong pendidikan di Indonesia semakin besar, membantu pencapaian wajib belajar serta meningkatkan angka partisipasi sekolah. Sebagai bagian integral dalam Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), Madrasah Takmiliyah Awaliah Al Istiwa merupakan lembaga pendidikan agama Islam yang berlokasi di Kampung Babakan, RT/RW 02/01, Desa Pabuaran, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, yang telah berdiri sejak 2004 dan memiliki reputasi baik dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam. Pada proses pembelajaran di MTA Khat Al Istiwa, pemanfaatan sumber belajar cetak dan berbasis lingkungan diterapkan untuk mengembangkan pembelajaran aktif bagi siswa.

Penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan guru dalam memanfaatkan sumber belajar cetak dan berbasis lingkungan dapat meningkatkan keaktifan belajar serta pembentukan karakter siswa di Madrasah Takmiliyah Awaliah Al Istiwa.Namun, keterbatasan fasilitas, kurangnya kualifikasi guru, dan rendahnya partisipasi masyarakat masih menjadi hambatan utama dalam pelaksanaan pembelajaran aktif tersebut.Oleh karena itu, diperlukan upaya lebih lanjut berupa pelatihan guru, penyediaan sarana belajar yang memadai, serta peningkatan kolaborasi dengan komunitas lokal untuk mengoptimalkan efektivitas pembelajaran aktif.

Penelitian lanjutan dapat meneliti bagaimana program pelatihan intensif bagi guru madrasah dapat meningkatkan kompetensi dalam merancang dan mengimplementasikan pembelajaran berbasis proyek, sehingga mengatasi keterbatasan metodologis yang ada. Selanjutnya, studi dapat mengeksplorasi potensi pemanfaatan teknologi digital sebagai media pendukung sumber belajar cetak dan lingkungan, untuk memperluas akses materi pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar siswa di daerah dengan fasilitas terbatas. Terakhir, penelitian dapat menginvestigasi peran serta masyarakat sekitar dalam mendukung kegiatan pembelajaran aktif, dengan mengkaji model kemitraan antara madrasah, lembaga sosial, dan keluarga dalam menciptakan lingkungan belajar yang holistik dan berkelanjutan.

Read online
File size1022.48 KB
Pages10
Short Linkhttps://juris.id/p-1kn
DMCAReport

Related /

ads-block-test