ITKAITKA

PRIMER : Jurnal Ilmiah MultidisiplinPRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin

Pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan dalam upaya-upaya peningkatan sumber daya manusia diantaranya memperluas wawasan pengetahuan sebagaimana yang telah dilakukan oleh aktifitas Akademia dalam bentuk perwujudan Tri dharma untuk menciptakan masyarakat yang berpendidikan khususnya tentang pendidikan agama yang terdapat dilembaga Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah. Kurangnya lulusan diniyah disebabkan oleh kurangnya tenaga pendidik, kurangnya pemahaman kurikulum dan kurangnya dukungan orang tua. Maka untuk mengatasi permasalahan tersebut diadakan Seminar Pengembangan Kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah dengan judul . Tujuan seminar ini agar seluruh guru madrasah diniyah dapat memahami dan memberi pemahaman kepada orang tua bahwa begitu pentingnya sebuah pendidikan karakter bagi anak-anak. Metode yang digunakan dalam pengembangan kurikulum adalah metode bercerita, hafalan dan tanya jawab. Hasil dari program yang dilaksanakan oleh KKN PAR STITNU Al Farabi Pangandaran di desa Bangunkarya tahun 2023 dengan pembuatan Pengembangan Kurikulum MDTA berbasis karakter dapat bermanfaaat hingga berkepanjangan.

Berdasarkan hasil penelitian, seminar pengembangan kurikulum MDTA membantu pemahaman tenaga pendidik melalui integrasi pendidikan karakter.Pengembangan ini menjadi metode bersama untuk menyikapi kurikulum pemerintah, yang memerlukan pemahaman menyeluruh sebelum diterapkan.Akhirnya, pengembangan kurikulum ini diharapkan meningkatkan lulusan MDTA menjadi insan Indonesia yang cerdas, beriman, dan berakhlak mulia.

Untuk mengeksplorasi lebih lanjut, penelitian lanjutan bisa dilakukan dengan mempertanyakan bagaimana pengembangan kurikulum berbasis karakter ini dapat diukur efektivitasnya terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam aspek kognitif dan emosional selama beberapa tahun ke depan, misalnya melalui studi longitudinal yang melacak perkembangan siswa dari MDTA hingga tingkat pendidikan lanjutan. Selain itu, bisa diteliti pula bagaimana variasi dukungan orang tua dari berbagai latar belakang sosial ekonomis memengaruhi integrasi nilai karakter dalam lingkungan keluarga dan komunitas, sehingga memberikan wawasan baru tentang faktor eksternal yang mendukung keberhasilan pendidikan madrasah. Tidak kalah pentingnya, penelitian baru bisa membandingkan implementasi kurikulum karakter terintegrasi ini di MDTA dengan sekolah formal lainnya di wilayah berbeda, seperti desa pedesaan versus perkotaan, untuk memahami tantangan dan inovasi dalam sistem pendidikan Islam yang lebih luas, membantu mengembangkan model yang lebih inklusif dan berkelanjutan bagi generasi muda. Melalui pendekatan ini, kita dapat memperdalam pemahaman tentang dampak jangka panjang pendidikan karakter terhadap pembentukan kepribadian siswa dan kontribusi mereka terhadap masyarakat. Dengan mengevaluasi metode bercerita, hafalan, dan tanya jawab dalam konteks yang lebih luas, penelitian bisa menemukan cara baru untuk meningkatkan interaksi antar peserta didik dan guru, meminimalkan kesenjangan pemahaman kurikulum, dan mendorong partisipasi lebih aktif dari tenaga pendidik dalam proses pengembangan. Akhirnya, penelitian lanjutan ini harus mempertimbangkan tantangan seperti keterbatasan sumber daya di daerah pedesaan, sehingga saran praktis bisa diintegrasikan ke dalam studi baru yang menawarkan solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan madrasah secara keseluruhan.

  1. PENINGKATAN GURU MADRASAH DALAM UPAYA INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DI DTA AL HIDAYAH DESA BANGUNKARYA... ejournal.itka.ac.id/index.php/primer/article/view/56PENINGKATAN GURU MADRASAH DALAM UPAYA INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DI DTA AL HIDAYAH DESA BANGUNKARYA ejournal itka ac index php primer article view 56
  1. #mutu guru madrasah#mutu guru madrasah
Read online
File size319 KB
Pages8
DMCAReport

Related /

ads-block-test