ETDCIETDCI
Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan MatematikaKognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan MatematikaPenelitian ini dilatarbelakangi kurangnya motivasi belajar matematika siswa pada pembelajaran daring. Keterbatasan akses dan fasilitas yang kurang dimiliki sekolah mengakibatkan partisipasi siswa menjadi kurang dalam pembelajaran daring. Kesulitan yang sering dialami seperti kesulitan mengakses jaringan internet di daerah pelosok dan fasilitas gadget yang dimiliki siswa tidak sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar matematika siswa pada pembelajaran daring akibat wabah Covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data ialah siswa kelas VIII MTs Al-Ihsan Labuhan Maringgai yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Data diperoleh melalui pengisian angket untuk mengetahui kategori motivasi belajar matematika siswa dengan jumlah 15 item. Hasil penelitian menunjukan motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring yang dihasilkan mendapatkan data rata-rata keseluruhan 42,92 memenuhi kriteria sedang. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika MTs Al-Ihsan Labuhan Maringgai memiliki motivasi sedang dalam pembelajaran matematika pada pembelajaran daring.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki keinginan dan hasrat dengan kategori tinggi.Selain itu, untuk kategori hasrat dan keinginan berhasil dan cita-cita masa depan berada pada kategori sedang.Ini menunjukkan bahwa berbagai faktor yang mengakibatkan pemberian motivasi oleh guru sampai dengan kurangnya fasilitas yang dimiliki oleh sekolah dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran.
Penelitian lanjutan dapat menginvestigasi metode pembelajaran daring yang lebih efektif untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa, terutama di daerah dengan keterbatasan fasilitas dan akses internet. Selain itu, perlu dilakukan penelitian tentang peran guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Terakhir, studi tentang dampak pembelajaran daring terhadap prestasi akademik siswa dalam bidang matematika juga dapat menjadi topik penelitian yang menarik.
- Pengembangan E-LKPD Berbasis Guided Dicovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa... etdci.org/journal/kognitif/article/view/385Pengembangan E LKPD Berbasis Guided Dicovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa etdci journal kognitif article view 385
- Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan Pecahan | Kognitif: Jurnal Riset... etdci.org/journal/kognitif/article/view/5Permainan AuUlar Tangga MatematikaAy Pada Materi Bilangan Pecahan Kognitif Jurnal Riset etdci journal kognitif article view 5
| File size | 361.69 KB |
| Pages | 7 |
| DMCA | Report |
Related /
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING 2). Apakah media pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. 3). Apakah media pembelajaran dapat membuat siswa lebih mudah memahami bahan pelajaran.2). Apakah media pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. 3). Apakah media pembelajaran dapat membuat siswa lebih mudah memahami bahan pelajaran.
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Untuk memaksimalkan hasil pembelajaran, pelatihan dilakukan dalam kelompok-kelompok kecil, menggunakan metode pengajaran interaktif dan evaluasi berkelanjutan.Untuk memaksimalkan hasil pembelajaran, pelatihan dilakukan dalam kelompok-kelompok kecil, menggunakan metode pengajaran interaktif dan evaluasi berkelanjutan.
ARIPIARIPI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dasar tingkat perkembangan Gross Motor Skill Activities siswa kelas I di SDN 6 Demuk, Kecamatan Pucanglaban,Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dasar tingkat perkembangan Gross Motor Skill Activities siswa kelas I di SDN 6 Demuk, Kecamatan Pucanglaban,
UBUB Remaja dapat menggunakan informasi valid sebagai rujukan dalam berinteraksi dan mengambil sikap. Pendampingan ahli disarankan dalam pelaksanaan survei,Remaja dapat menggunakan informasi valid sebagai rujukan dalam berinteraksi dan mengambil sikap. Pendampingan ahli disarankan dalam pelaksanaan survei,
UNDIKSHAUNDIKSHA Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang telah divalidasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh pembelajaranData dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang telah divalidasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh pembelajaran
MAHESA CENTERMAHESA CENTER Hasil analisis menunjukkan bahwa tari anak dapat dijadikan sebagai salah satu media untuk mengembangkan kemampuan intelektual, sosial emosional, dan multikultural.Hasil analisis menunjukkan bahwa tari anak dapat dijadikan sebagai salah satu media untuk mengembangkan kemampuan intelektual, sosial emosional, dan multikultural.
AISYAHUNIVERSITYAISYAHUNIVERSITY Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan korelasional, melibatkan 30 siswa sebagai sampel. Hasil kuesioner danMetode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan korelasional, melibatkan 30 siswa sebagai sampel. Hasil kuesioner dan
UACUAC Karena kerangka kerja penelitian ini berhasil di banyak negara, kami berencana untuk meninjau dan melihat kegunaan kerangka RSD bagi kalangan akademikKarena kerangka kerja penelitian ini berhasil di banyak negara, kami berencana untuk meninjau dan melihat kegunaan kerangka RSD bagi kalangan akademik
Useful /
UMKUMK Secara khusus, penelitian ini menyelidiki bagaimana variabel-variabel ini memengaruhi krisis keuangan di sektor perbankan Indonesia. Dengan menerapkanSecara khusus, penelitian ini menyelidiki bagaimana variabel-variabel ini memengaruhi krisis keuangan di sektor perbankan Indonesia. Dengan menerapkan
UMKUMK Kontribusi manajerial dapat ditempatkan dengan memahami motivasi pengunjung untuk menyeimbangkan kesehatan fisik dan mental mereka yang dapat dihargaiKontribusi manajerial dapat ditempatkan dengan memahami motivasi pengunjung untuk menyeimbangkan kesehatan fisik dan mental mereka yang dapat dihargai
UMKUMK Studi ini menyelidiki bagaimana keunggulan nilai keunikan produk memediasi hubungan antara inovasi produk dan kinerja pemasaran. Data dikumpulkan dariStudi ini menyelidiki bagaimana keunggulan nilai keunikan produk memediasi hubungan antara inovasi produk dan kinerja pemasaran. Data dikumpulkan dari
UNDIKSHAUNDIKSHA Hubungan positif dan signifikan antara motivasi dan kepuasan guru diperkuat oleh model regresi yang menunjukkan bahwa peningkatan kepuasan mengarah padaHubungan positif dan signifikan antara motivasi dan kepuasan guru diperkuat oleh model regresi yang menunjukkan bahwa peningkatan kepuasan mengarah pada