ETDCIETDCI
Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan MatematikaKognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan MatematikaTujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana miskonsepsi mahasiswa dalam memahami konsep pecahan. Penelitian ini melibatkan dua puluh satu (21) orang mahasiswa STKIP Pembangunan Indonesia. Instrumen yang kami gunakan berupa soal isian (8 nomor). Dalam menjawab soal, para mahasiswa juga diminta untuk memberikan alasan dari jawabannya serta memberikan penilaian CRI (0-5) sesuai dengan derajat kepercayaannya saat menyelesaikan soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CRI mampu mengungkap miskonsepsi yang dilakukan mahasiswa saat menyelesaikan masalah pecahan dengan kategori rendah dengan persentase 44,6%. Profil miskonsepsi mahasiswa pendidikan matematika angkatan pertama, yakni angkatan 2019, sebesar 31,8%. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa angkatan pertama tersebut memiliki miskonsepsi tergolong tinggi berdasarkan hasil identifikasi menggunakan teknik CRI, sehingga pemahaman konsep pecahan yang dimiliki oleh mahasiswa tersebut masih perlu perbaikan. Mungkin hal ini disebabkan oleh pembelajaran pada tingkat sebelumnya (SMA atau sederajat) yang kurang mempertajam konsep tersebut.
Pemahaman mahasiswa terhadap konsep pecahan tergolong tinggi dengan persentase 44,6%.Rata-rata mahasiswa mengalami miskonsepsi sebesar 31,8%, dengan profil miskonsepsi tertinggi pada angkatan 2019.Hasil identifikasi menggunakan CRI menunjukkan bahwa miskonsepsi ini perlu ditangani karena dapat menghambat penguasaan konsep matematika selanjutnya, yang kemungkinan besar berasal dari pembelajaran sebelumnya di tingkat SMA yang kurang mendalam.
Penelitian lanjutan dapat menggali bagaimana strategi pembelajaran berbasis visualisasi konkret, seperti penggunaan alat peraga fraksi berbasis konteks budaya lokal, dapat mengubah miskonsepsi mahasiswa tentang pecahan, terutama pada konsep part-whole non-kongruen yang sering salah dipahami. Selain itu, perlu diteliti apakah pelatihan metode CRI bagi guru prajabatan mampu meningkatkan kemampuan mereka dalam mengidentifikasi dan mengoreksi miskonsepsi sejak dini, sehingga dapat mencegah penyebaran kesalahan konseptual dari tingkat sekolah menengah ke perguruan tinggi. Terakhir, studi longitudinal dapat dilakukan untuk melacak perkembangan pemahaman mahasiswa dari masa SMA hingga perguruan tinggi, guna memahami bagaimana dan kapan miskonsepsi pecahan terbentuk, serta bagaimana intervensi pembelajaran yang tepat di setiap tahap dapat memperbaiki dasar pemahaman mereka secara berkelanjutan.
- Profil Miskonsepsi Mahasiswa dalam Memahami Konsep Pecahan dengan menggunakan Certainty of Response Index... etdci.org/journal/kognitif/article/view/440Profil Miskonsepsi Mahasiswa dalam Memahami Konsep Pecahan dengan menggunakan Certainty of Response Index etdci journal kognitif article view 440
- Pelevelan Model Mental Siswa Dalam Memahami Konsep Persamaan Garis Lurus Di Era Pandemi COVID-19 | Kognitif:... doi.org/10.51574/kognitif.v1i2.86Pelevelan Model Mental Siswa Dalam Memahami Konsep Persamaan Garis Lurus Di Era Pandemi COVID 19 Kognitif doi 10 51574 kognitif v1i2 86
- Radware Bot Manager Captcha. radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human... doi.org/10.1088/1742-6596/1572/1/012038Radware Bot Manager Captcha radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human doi 10 1088 1742 6596 1572 1 012038
- Radware Bot Manager Captcha. radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human... iopscience.iop.org/article/10.1088/0031-9120/34/5/304Radware Bot Manager Captcha radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human iopscience iop article 10 1088 0031 9120 34 5 304
| File size | 307.7 KB |
| Pages | 10 |
| Short Link | https://juris.id/p-kl |
| DMCA | Report |
Related /
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Hasil menunjukkan bahwa YouTube memfasilitasi penjelasan multimodal dan sintesis konten melalui video yang dibuat mahasiswa, sedangkan WhatsApp memungkinkanHasil menunjukkan bahwa YouTube memfasilitasi penjelasan multimodal dan sintesis konten melalui video yang dibuat mahasiswa, sedangkan WhatsApp memungkinkan
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Menggunakan rancangan eksperimen faktorial 2x2, 70 siswa dibagi menjadi dua kelompok dengan tingkat inteligensi intrapersonal tinggi (B1) dan rendah (B2).Menggunakan rancangan eksperimen faktorial 2x2, 70 siswa dibagi menjadi dua kelompok dengan tingkat inteligensi intrapersonal tinggi (B1) dan rendah (B2).
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Data dikumpulkan dari 34 siswa kelas X semester dua di SMA 1 Ciparay. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample test untuk melihat perbedaan kemampuanData dikumpulkan dari 34 siswa kelas X semester dua di SMA 1 Ciparay. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample test untuk melihat perbedaan kemampuan
IRPIIRPI Angka-angka ini diperoleh melalui pengujian internal menggunakan dataset 200 kueri pengguna yang dianotasi. Platform ini terutama menargetkan acara korporat,Angka-angka ini diperoleh melalui pengujian internal menggunakan dataset 200 kueri pengguna yang dianotasi. Platform ini terutama menargetkan acara korporat,
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Namun, kekhawatiran tentang keandalan chatbot, seperti kesalahan dalam menjawab pertanyaan kompleks, dapat mengurangi penggunaan yang konsisten. PengaruhNamun, kekhawatiran tentang keandalan chatbot, seperti kesalahan dalam menjawab pertanyaan kompleks, dapat mengurangi penggunaan yang konsisten. Pengaruh
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Ketergantungan yang berlebihan dapat menghambat pengembangan keterampilan komunikasi yang penting dalam industri pariwisata. Guru perlu memberikan pengawasanKetergantungan yang berlebihan dapat menghambat pengembangan keterampilan komunikasi yang penting dalam industri pariwisata. Guru perlu memberikan pengawasan
ETDCIETDCI Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji paired sampel t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran di SMP KridaPengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji paired sampel t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran di SMP Krida
ETDCIETDCI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar matematika siswa pada pembelajaran daring akibat wabah Covid-19. Penelitian ini menggunakanPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar matematika siswa pada pembelajaran daring akibat wabah Covid-19. Penelitian ini menggunakan
Useful /
UIMANDIRIUIMANDIRI Pemimpin adaptif harus memiliki visi strategis, komunikasi kuat, fleksibilitas, serta keberanian dalam mengambil keputusan. Strategi implementasi efektifPemimpin adaptif harus memiliki visi strategis, komunikasi kuat, fleksibilitas, serta keberanian dalam mengambil keputusan. Strategi implementasi efektif
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI This study explores the mechanisms through which engagement is shaped by key factors among EFL learners, within the framework of Self-Determination TheoryThis study explores the mechanisms through which engagement is shaped by key factors among EFL learners, within the framework of Self-Determination Theory
JOURNAL IASSSFJOURNAL IASSSF Kesadaran wajib pajak dan sanksi pajak secara individual tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan, karena faktor psikologis, norma subjektif, kontrolKesadaran wajib pajak dan sanksi pajak secara individual tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan, karena faktor psikologis, norma subjektif, kontrol
JOURNAL IASSSFJOURNAL IASSSF Dari segi ekonomi, sistem ini terjangkau dan efisien, dengan biaya pengembangan sekitar IDR 735.000, serta menawarkan penghematan jangka panjang melaluiDari segi ekonomi, sistem ini terjangkau dan efisien, dengan biaya pengembangan sekitar IDR 735.000, serta menawarkan penghematan jangka panjang melalui