STTAASTTAA

Jurnal Amanat AgungJurnal Amanat Agung

Esai ini bertujuan untuk menyelidiki secara eksegetik dan tematik Roma 3:21‑26, khususnya konsep dikaisounh dalam kaitannya dengan tujuan epistel Roma.

Hubungan antara dikaisounh dan tujuan epistel Roma terletak pada makna dikaisounh dan hubungannya dengan Injil.21‑26 menunjukkan bahwa dikaisounh tidak dapat dipisahkan dari pemahaman Injil, yaitu kebenaran Allah yang ditunjukkan dalam pengorbanan Yesus Kristus untuk menyelamatkan manusia berdosa melalui iman.Dengan demikian, pemahaman tentang dikaisounh menjadi inti bagi tujuan epistel Roma.

Penelitian mendatang sebaiknya meneliti secara komparatif bagaimana konsep dikaisounh diartikulasikan oleh para bapak gereja awal, karena artikel ini hanya menyoroti beberapa sumber utama tapi belum membandingkan kedalaman interpretasi di tiap periode. Analisis tersebut dapat memetakan evolusi teologis dikaisounh dan memperkaya pemahaman historis tentang hubungan rasul dengan Injil. Selanjutnya, perlu dilakukan survei empiris terhadap kalangan sarjana Indonesia mengenai pemahaman mereka terhadap Roma 3:21‑26. Survei ini bertujuan mengidentifikasi variasi persepsi dan potensi kesenjangan dalam pengajaran teologi di perguruan tinggi. Dengan data tersebut, pengajar dapat menyesuaikan materi sehingga lebih responsif terhadap kebutuhan pembelajaran. Selain itu, eksplorasi penerapan ide dikaisounh dalam kerangka teologi inklusif di masyarakat multi‑agama juga layak dikaji lebih lanjut. Penelitian ini akan menjawab pertanyaan bagaimana konsep rasionalitas Allah dapat dijembatani dalam dialog antar keyakinan. Keterlibatan konteks lokal dapat memperkaya diskusi mengenai keadilan dan kasih dalam praktik keagamaan sehari‑harian. Pengembangan model teologis yang bersifat inklusif dapat mendukung upaya persatuan sosial yang lebih luas. Dengan demikian, ketiga saran tersebut memberikan arahan yang konkret dan relevan bagi pengembangan ilmu teologi di Indonesia.

Read online
File size422.98 KB
Pages24
DMCAReport

Related /

ads-block-test