UBTUBT

Jurnal Bimbingan dan Konseling BorneoJurnal Bimbingan dan Konseling Borneo

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kreativitas guru sekolah menengah kejuruan (SMK) dan menganalisis bagaimana proyeksi kreativitas mereka ditinjau dari indikator product, attitudes dan behaviour. Populasi penelitian ini guru yang mengajar di Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Negeri 58 di provinsi DKI Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kuantitatif dengan model analisis deskriptif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non-probability sampling dengan jenis teknik purposive sampling. Hasil perhitungan penelitian di SMKN 58 pada tanggal 6 September 2019 menggambarkan bahwa tingkat kreativitas guru SMK berada dalam kategori tinggi.

Diketahui bahwa skor rata-rata tingkat kreativitas guru di SMKN 58 Jakarta adalah 50,8, sehingga termasuk daya kreativitas tinggi.

Penelitian lanjutan dapat dilakukan untuk memvalidasi hasil dengan mengembangkan jumlah sampel yang lebih besar dari berbagai SMKN di DKI Jakarta agar hasil lebih representatif. Perlu pula diukur kreativitas guru melalui metode observasi langsung atau studi kasus di kelas untuk menghindari bias self-report yang hanya mengandalkan persepsi individu. Selain itu, penting menguji hubungan antara tingkat kreativitas guru dengan prestasi belajar siswa secara kuantitatif dengan variabel yang lebih spesifik, seperti peningkatan indeks kompetensi lulusan SMK di era industri 4.0.

  1. #sekolah menengah kejuruan#sekolah menengah kejuruan
  2. #guru smk#guru smk
Read online
File size138.46 KB
Pages5
DMCAReport

Related /

ads-block-test