UMPWRUMPWR

Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan FisikaRadiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bukti empiris mengenai validitas dan reliabilitas kuisioner Students Perceptions of STEM and Problem-solving (SPSP) dalam pembelajaran fisika dengan menggunakan Rasch model. Kuisioner disebarkan kepada 59 (N=59) orang siswa kelas XI MIPA di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Kuningan. Pengembangan SPSP kuisioner menggunakan prosedur model pengembangan produk 4-D. Adapun tahapan yang akan dilakukan terdiri dari empat tahap, yaitu: a) define, b) design, c) development, dan disseminate. Data yang diperoleh dianalisis dengan Rasch Model. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa kuisioner SPSP memiliki reliabilitas yang tinggi yaitu 0.9 dan dapat diterima. Sedangkan analisis validitas item menunjukkan bahwa terdapat 8 item valid dan 1 item tidak sesuai dengan nilai standar MNSQ Outfit yaitu 0,5 < MNSQ < 1,5 dan juga tidak sesuai dengan nilai standar ZSTD Outfit yaitu -2,0 < ZSTD < 2,0. Sementara respon siswa menunjukkan bahwa pembelajaran di sekolah belum mendukung kegiatan STEM dan pemecahan masalah. Maka perlu dikembangkan pembelajaran di sekolah yang dapat mendukung kegiatan STEM dan kemampuan pemecahan amsalah siswa.

Temuan menunjukkan bahwa kuesioner SPSP memiliki reliabilitas yang tinggi sehingga dapat dipakai secara terpercaya.Validitas item juga terbukti, dengan 8 dari 9 pernyataan valid dan hanya satu pernyataan yang memerlukan revisi karena berada di luar rentang MNSQ dan ZSTD.Model Rasch yang diterapkan dalam penelitian ini menegaskan validitas item serta memberikan dasar yang kuat bagi peneliti selanjutnya untuk menjamin kualitas instrumen.

Penelitian selanjutnya dapat mengkaji bagaimana integrasi kegiatan STEM secara sistematis ke dalam kurikulum fisika memengaruhi kemampuan pemecahan masalah siswa, dengan membandingkan hasil pada sekolah negeri dan swasta serta memperhatikan perbedaan tingkat kelas. Selanjutnya, peneliti dapat mengevaluasi penerapan teknik Rasch yang lebih maju atau alternatif model teori respons item (IRT) untuk memperbaiki validitas dan reliabilitas kuesioner SPSP, khususnya pada item yang belum memenuhi standar MNSQ dan ZSTD, sehingga memperoleh instrumen yang lebih akurat. Selain itu, studi longitudinal dapat dilakukan untuk memantau perubahan persepsi siswa terhadap STEM dan kemampuan pemecahan masalah selama beberapa tahun ajaran, guna menilai sejauh mana revisi kuesioner dan intervensi pembelajaran memberikan dampak berkelanjutan. Ketiga arah penelitian ini diharapkan dapat memperdalam pemahaman tentang efektivitas instrumen SPSP serta memberikan panduan praktis bagi pengembangan kurikulum STEM yang lebih responsif terhadap kebutuhan siswa.

  1. Rasch Model Measurements as Tools in Assesment for Learning | Atlantis Press. rasch model measurements... atlantis-press.com/proceedings/icei-17/25892886Rasch Model Measurements as Tools in Assesment for Learning Atlantis Press rasch model measurements atlantis press proceedings icei 17 25892886
  2. Validate User. validate user sorry experiencing unusual traffic time please help confirm robot take content... pubs.aip.org/crawlprevention/governor?content=/aip/acp/article/760270Validate User validate user sorry experiencing unusual traffic time please help confirm robot take content pubs aip crawlprevention governor content aip acp article 760270
  1. #problem solving spsp#problem solving spsp
File size635.69 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test